Comscore Tracker

Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!

Salah satunya Hyundai Staria

Jakarta, IDN Times - Mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV) biasanya menggunakan mesin bensin. Sebab mesin bensin dianggap lebih halus suaranya dibandingkan mesin diesel.

Selain itu asap yang keluar dari mesin bensin juga tidak sehitam atau sepekat asap mesin diesel. Getaran mesin bensin juga dianggap lebih halus dibanding mesin diesel.

Tapi gak semua mobil keluarga bermesin bensin. Ada beberapa mobil keluarga bermesin diesel. Uniknya, mobil-mobil diesel ini justru menjadi buruan, lho. Sebab mesin diesel dianggap lebih tangguh dan hemat bahan bakar.

1. Toyota Innova Diesel

Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!Mesin Toyota Innova (youtube.com/Oto Driver)

Toyota Innova memang sudah menjadi legenda di segmen mobil keluarga Indonesia. Sebab mobil satu ini cukup nyaman dan tangguh.

Tapi tahu gak sih kalau Innova bermesin diesel lebih diburu? Sebab Innova versi diesel jauh lebih bertenaga dan lebih badak dari varian bensinnya.

Mesin 2KD-FTV D4-D Common Rail yang diusung Innova diesel juga dikenal sangat irit. Pada saat yang sama tenaga yang dihasilkan juga berlimpah.

Gak mengherankan jika harga Innova diesel bekas masih sangat stabil.

Baca Juga: 5 Alasan Kijang Innova Diesel Harga Bekasnya Stabil Banget  

2. Suzuki Ertiga

Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!suzukisolo.net

Tak banyak yang tahu kalau Suzuki pernah merilis Ertiga versi diesel pada 2017. Ertiga diesel ini mengusung mesin 1.300 cc. Namun mobil ini tak lama kemudian hilang begitu saja.

Suzuki sepertinya tak serius menggarap Ertiga diesel. Padahal persaingan mobil diesel di tanah air tidak seketat mobil bensin. Sebab di segmen ini, Ertiga diesel hanya bersaing dengan Chevrolet Spin diesel.

3. Isuzu Panther

Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!commons.wikimedia.org

Membahas mobil diesel pasti tidak akan lengkap tanpa menyebut Isuzu Panther. Sebab mobil ini adalah Rajanya Diesel, setidaknya begitu klaim Isuzu.

Yup, Panther memang melegenda. Mesinnya tangguh meski hanya dikasih minum solar biasa berkualitas rendah. Selain itu harga sparpartnya juga murah meriah.

Kelebihan lain Panther adalah perawatannya yang mudah dan murah. Beberapa alasan ini menjadikan harga jual Panther sangat stabil.

4. Hyundai Staria

Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, Tangguh Tapi Hemat!Instagram

Hyundai Staria baru meluncur di Indonesia pada Jumat (20/8/2021). Mobil ini masuk kategori MPV premium karena dijual mulai Rp888 juta. Ia satu kelas dengan Toyota Alphard atau Nissan Serena.

Hyundai Staria dibekali mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8 kecepatan yang mampu meledakkan tenaga sebesar 177 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Dengan tenaga sebesar itu, Staria bisa jadi lawan berat buat Toyota Alphard!

Baca Juga: Hyundai Staria Jadi MPV Premium, Kok Pakai Mesin Diesel?

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya