Comscore Tracker

Innova Zenix G Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, Siapa Lebih Unggul?

 Harga Beda Rp12 Juta

Jakarta, IDN Times - Kalau kamu berniat membeli mobil ramah lingkungan dengan budget di bawah Rp500 juta, ada dua pilihan mobil bisa kamu pertimbangkan, yaitu All New Kijang Innova Zenix Hybrid tipe G dan Wuling Almaz Hybrid.

Toyota membanderol Kijang Innova Zenix hybrid tipe G dengan harga Rp458 juta  Sedangkan Wuling Almaz Hybrid ditawarkan dengan harga Rp470 juta, keduanya harga on the road DKI Jakarta.

1. Perbandingan eksterior

Innova Zenix G Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, Siapa Lebih Unggul?Komunitas menjajal Wuling Almaz Hybrid (IDN Times/Fadhliansyah)

Wuling Almaz Hybrid memang berada di segmen SUV 7-seater, dengan tampilan sporty seperti Almaz sebelumnya namun ada tambahan aksen-aksen berwarna biru. Aksen berwarna biru ini menegaskan kesan elektrifikasi di Wuling Almaz Hybrid.

Sementara Innova Zenix, bisa dibilang tampilannya benar-benar baru dibanding generasi sebelumnya. Desainnya pun kini kelihatan lebih agresif, dengan perpaduan gaya MPV, SUV, dan Crossover.

Baca Juga: Perbedaan Toyota Innova Hycross dan Innova Zenix

2. Perbandingan interior

Innova Zenix G Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, Siapa Lebih Unggul?Interior Wuling Almaz Hybrid (IDN Times/Fadhliansyah)

Karena keduanya merupakan mobil elektrifikasi yang baru meluncur tahun ini, sudah pasti interiornya sama-sama modern dan berkesan premium. Wuling Almaz Hybrid memang masih menyematkan interior dari Almaz lain, tetapi ada beberapa perbedaan seperti panel instrumen full digital dengan layar TFT, warna interior, dan desain tuas transmisi yang juga memiliki aksen berwarna biru.

Fitur-fitur pada interior Almaz Hybrid juga komplet, mulai dari panel soft touch, wireless charger, jok kulit, panoramic sunroof, dan kursi depan dengan pengaturan elektrik.

Beralih ke Innova Zenix, desain interiornya memang modern dengan panel instrumen digital, konsol tengah yang tinggi, serta head unit floating. Sayangnya, untuk tipe G di mesin hybrid ini memang fitur interiornya enggak selengkap tipe tertingginya.

3. Fitur keselamatan

Innova Zenix G Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, Siapa Lebih Unggul?IDN Times/Fadhliansyah

Untuk fitur keselamatan, Wuling Almaz Hybrid bisa dibilang lebih unggul karena memiliki beberapa fitur yang enggak ada di Innova Zenix hybrid tipe G. Seperti contohnya airbag 6-titik, kamera 360, dan juga sistem keselamatan aktif alias ADAS (Advanced Driver Assistance System).

Fitur keselamatan yang sama-sama ada di kedua mobil ini ialah immobilizer, kamera belakang, VSC (Vehicle Stability Control), Hill Start Assist, sensor parkir, airbag 2-titik (Innova Zenix), ISOFIX, serta rem cakram di keempat rodanya.

4. Perbandingan mesin

Innova Zenix G Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, Siapa Lebih Unggul?Ruang mesin Wuling Almaz Hybrid (IDN Times/Fadhliansyah)

Selanjutnya dari sisi dapur pacunya, Wuling Almaz Hybrid menggendong mesin 2.0L yang benar-benar baru dan dikhususkan untuk bekerja bersama motor listrik. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga maksimum 123 dk dan torsi 168 Nm, sementara motor listriknya bisa mengeluarkan tenaga sampai 174 dk dan torsi 320 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalu tranmsisi khusus Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Lanjut ke Innova Zenix hybrid, menggunakan mesin berkubikasi 2.0L berkode M20A-FXS Dual VVT-i. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga maksimum 150 dk dengan torsi puncak 187 Nm, motor listriknya sendiri punya tenaga 111 dk dan torsi 206 Nm. Sama seperti Almaz Hybrid, Innova Zenix juga berpenggerak roda depan dan punya transmisi khusus e-CVT.

Baca Juga: Toyota Masih Jual Innova Model Lama Bermesin Diesel, Ini Alasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya