Comscore Tracker

Mobil LCGC Perlu Oli Mesin Khusus, Ini Alasannya

Spesifikasinya harus sesuai dengan saran dari pabrikan, ya!

Jakarta, IDN Times - Bicara soal mobil ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC) memang enggak bisa dianggap sepele. Gimana enggak, penjualan mobil LCGC memberikan kontribusi yang siginifikan pada pasar otomotif Indonesia.

Di semester pertama 2022 ini misalnya, penjualan LCGC menyumbangkan 16,1 persen dari total penjualan mobil di Indonesia. Dari data Gaikindo pada Juni 2022, penjualan LCGC (wholesales) didominasi oleh Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Sebagai mobil murah, sudah pasti perawatan mobil-mobil LCGC ini terbilang cukup irit dibandingkan mobil non LCGC.

1. Oli mesin untuk mobil LCGC

Mobil LCGC Perlu Oli Mesin Khusus, Ini AlasannyaToyota Calya diberikan berbagai penyegaran oleh PT TAM (Dok. TAM)

Salah satu perawatan yang wajib diperhatikan oleh pemilik mobil LCGC, ialah pilihan pelumas mesinnya. Kalau memang ingin memakai oli mesin dari pihak ketiga, jangan menggunakan oli yang terlalu jauh dari spesifikasi pabrikan.

Untuk mobil LCGC seperti Calya, Sigra, dan juga Honda Brio disarankan menggunakan oli mesin yang encer. Misalnya seperti SAE 0W-20 atau 0W-30, umumnya ada identitas "Eco" pada oli mesin tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil LCGC, Bikin Kantong Gak Jebol!

2. Alasan mobil LCGC perlu oli dengan spek khusus

Mobil LCGC Perlu Oli Mesin Khusus, Ini AlasannyaIlustrasi ganti oli mobil LCGC (dok. PTPL)

"Memang untuk mobil-mobil LCGC itu harus menggunakan pelumas khusus, karena mesin yang kecil dan ringkas sehingga membuat celah antar komponen di dalam mesinnya cenderung sempit atau rapat," jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants dalam siaran resminya (10/8/2022).

Brahma mengatakan, viskositas oli yang rendah berarti oli semakin encer. Hal ini diperlukan untuk proses pelumasan agar bisa sampai ke bagian yang mengalami friksi di celah sempit. Oya, Brahma juga menjelaskan kalau identitas "Eco" di oli LCGC bukan sekadar trik marketing, tapi karena oli untuk mobil LCGC mengejar fungsi efisiensi bahan bakar.

3. Pertamina punya oli yang cocok buat mobil LCGC

Mobil LCGC Perlu Oli Mesin Khusus, Ini AlasannyaMobil LCGC memerlukan oli mesin dengan spek khusus (dok. PTPL)

"Oli untuk mobil LCGC itu memiliki kandungan zat aditif yang membuat molekul oli dapat mereduksi friksi dari komponen yang bergerak relative satu sama lain, agar tetap lancar meskipun dengan celah yang sempit," lanjut Brahma.

PT Pertamina Lubricants (PTPL) juga punya produk oli yang dikhususkan untuk mobil-mobil LCGC, yaitu Fastron Eco Green. Oli Fastron Eco Green ini punya komposisi base oil dan aditif yang lebih unggul dalam menjaga kestabilan kekentalan sehingga lebih baik dalam melindungi mesin.

4. Kelebihan Fastron Eco Green

Mobil LCGC Perlu Oli Mesin Khusus, Ini AlasannyaGanti oli mesin (dok. PTPL)

"Kami yakin dengan Fastron Eco Green, konsumen bisa merasakan berbagai keunggulan yang lebih. Lebih irit, lebih lancar, lebih awet, lebih bersih, bertenaga, responsive dan pastinya lebih melindungi," sambung Brahma lagi.

Karena mobil LCGC memakai spesifikasi mesin dengan kubikasi kecil, maka kemasan untuk oli mesin Fastron Eco Green ini juga berbeda yaitu berukuran 3,5 liter. Fastron Eco Green juga punya 2 varian untuk mobil LCGC yaitu 0W-20 API SN ILSAC GF 5 dan 5W-30 API SN ILSAC GF 5.

"Pelumas Fastron Eco Green ini cocok untuk mesin mobil LCGC seperti Toyota (Agya, Calya), Honda (Brio), Daihatsu (Ayla, Sigra), sampai ke Datsun (Go dan Go+), Suzuki (Karimun Wagon R)," tutup Brahma. Kalau ingin mendapatkan Fastron Eco Green, kamu bisa mendapatkannya paling mudah di SPBU Pertamina maupun di outlet-outlet oli lainnya.

Baca Juga: Pilihan Mobil LCGC Buat Keluarga, Murah Tapi Muat Banyak

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya