Comscore Tracker

Penjelasan Polri Soal Pelat Nomor Polisi di 5 Mobil Arteria Dahlan 

Plat polisi hanya diperuntukan di mobil Pajero Arteria

Jakarta, IDN Times - Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan hanya mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar bernopol 4196-07 yang terdaftar milik Anggota DPR RI Komisi III Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan.

Ada empat mobil lainnya yang terpakir di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dengan pelat polisi yang mirip.

“Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No.Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik Arteria Dahlan,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Kamis (20/1/2022).

1. Arteria membenarkan kelima mobil itu miliknya

Penjelasan Polri Soal Pelat Nomor Polisi di 5 Mobil Arteria Dahlan (Anggota DPR Arteria Dahlan) www.instagram.com/@najwashihab

Arteria tak membantah kelima kendaraan yang sedang disorot itu miliknya. Tapi, ia mengklaim hanya memiliki satu pelat nomor instansi kepolisian. 

"Itu kan kalau pelat nomor (sama), sudah saya katakan itu (pelat nomor) tatakan. Tatakan itu nanti kita isi dengan (pelat) nomor asli, nomor mobil yang biasanya (memang terpasang). Bisa juga diisi dengan nomor pelat khusus anggota DPR," ujar Arteria di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022). 

Baca Juga: Minta Copot Kejati Berbahasa Sunda, Arteria Dahlan Minta Maaf

2. Arteria Dahlan berdalih hanya gunakan pelat nomor khusus DPR untuk berdinas

Penjelasan Polri Soal Pelat Nomor Polisi di 5 Mobil Arteria Dahlan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi III dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan (Youtube.com/DPR RI)

Arteria membantah menggunakan pelat nomor yang menunjukkan instansi kepolisian tersebut. Ia mengaku hanya menggunakan pelat nomor khusus anggota DPR.

"Gak (dipakai nomor pelat instansi kepolisian). Coba nanti bisa dilihat. Mudah-mudahan saya itu bisa tertib. Teman-teman kan bisa melihat bagaimana saya bekerja di DPR kan," ungkap Arteria kepada media. 

3. Viral video lima mobil berpelat polisi yang sama terparkir di Gedung DPR RI

Penjelasan Polri Soal Pelat Nomor Polisi di 5 Mobil Arteria Dahlan Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Dok. KPK)

Nomor pelat yang sama dan menunjukkan dari instansi kepolisian itu menjadi perbincangan publik di media sosial hingga viral. 

Ada lima kendaraan yang memiliki pelat nomor kendaraan yang sama yakni Pajero Sport Dakar warna hitam, Toyota Vellfire warna hitam, Nissan X Trail warna putih, Toyota Fortuner warna putih, dan Mitsubishi Grandis warna hitam.

Kelima kendaraan itu terlihat terpasang pelat Polri bernomor 4196-07. Namun, satu di antaranya juga dipasangi logo DPR di pelatnya. Lima kendaraan tersebut terparkir di parkiran Gedung Nusantara II.

Kemunculan isu ini bersamaan waktunya dengan kemarahan warga Jawa Barat, atas pernyataan Arteria yang meminta agar Kepala Kejaksaan Tinggi dipecat. Politikus PDIP itu kesal karena Kajati menggunakan bahasa Sunda ketika sedang rapat dengan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Baca Juga: Daftar Kontroversi Arteria Dahlan, Terbaru Singgung Bahasa Sunda

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya