Comscore Tracker

Makassar American Jeep, Komunitas Khusus Mobil-mobil Sisa Perang

Jadi komunitas otomotif tertua di Makassar

Jakarta, IDN Times - Ada banyak komunitas jip di tanah air, salah satunya adalah Makassar American Jeep (MAJ). Berbeda dengan komunitas jip lainnya, MAJ beranggotakan para pemilik jip sisa peninggalan perang. 

"Mungkin kita itu klub otomotif tertua di Makassar," kata anggota MAJ, Nuryadin, kepada IDN Times, Kamis (24/7/2020).

Nuryadin mengatakan MAJ sudah berdiri selama 76 tahun. Uniknya lagi, hari lahir MAJ bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia, yakni 17 Agustus. So, gak salah sih jika MAJ mengklaim sebagai komunitas otomotif tertua di Makassar.

Yuk, mengenal lebih jauh komunitas jip satu ini.

1. MAJ khusus mengumpulkan mobil-mobil sisa perang buatan Amerika

Makassar American Jeep, Komunitas Khusus Mobil-mobil Sisa PerangDok. Nuryadin/Makassar American Jeep

Satu hal yang paling unik dari MAJ ada pada mobil-mobil dalam komunitas ini, yakni mobil jip militer sisa perang produksi Amerika. Nuryadin menjelaskan basis dari mobil-mobil yang tergabung di MAJ adalah Willys.

“Jadi kalau yang baru-baru, Willys itu kan produknya sama dengan Rubicon, CJ7. Tapi kalau MAJ itu berpatokan hanya dengan satu unit, mobil militer sisa perang. Kan kalau seperti Rubicon itu cucunya Willys," jelas Nuryadin.

Namun MAJ tetap menerima mobil-mobil serupa selain Willys. Dengan syarat termasuk jip militer yang diproduksi oleh perusahaan Amerika.

“Adapun juga teman-teman yang punya seperti CJ6, boleh gabung karena itu kan buatan Amerika juga. Pada dasarnya, basic-nya tuh Willys. Mobil yang sisa perang,” lanjutnya.

2. Komunitas mobil tua, tapi anggotanya banyak yang muda

Makassar American Jeep, Komunitas Khusus Mobil-mobil Sisa PerangDok. Nuryadin/Makassar American Jeep

Walaupun mobil jip sisa perang ini sarat dengan kesan tua dan kuno, tetapi anggota dari komunitas MAJ ternyata gak melulu berusia lanjut. Nuryadin mengatakan ada juga anggota MAJ  berusia 20-an.

“Di MAJ itu ya anggotanya sekitar usia 20 tahun sampai 50-an lah sekarang yang bergabung di sini. Bervariasi itu ya usianya anggota. Jadi tidak tentu di MAJ itu orangnya bapak-bapak semua. Jadi ada yang anak muda," kata Nuryadin.

Karenanya, bisa dikatakan komunitas MAJ ini menjadi melting pot bagi seluruh kalangan mengekspresikan minat mereka akan jip klasik.

3. Meski jip tua, tapi rajin touring loh

Makassar American Jeep, Komunitas Khusus Mobil-mobil Sisa PerangDok. Nuryadin/Makassar American Jeep

Nuryadin mengatakan aktivitas berpetualang MAJ meliputi touring, offroad, roadshow, hingga Jambore bersama dengan komunitas otomotif lain. Sedikit informasi tambahan, MAJ berada di bawah naungan Willys Owner Indonesia (WOI) yang kerap menggerakkan aktivitas Jambore.

Sementara untuk roadshow diadakan setiap minggu pertama awal bulan. “Kita roadshow biasa kumpul di Pantai Losari. Kalau sudah lengkap, kita roadshow keliling, setelah itu kembali lagi ke Pantai Losari. Kalau sudah ngumpul-ngumpul gitu banyak ide-ide yang masuk. Misalnya kapan kita bisa touring ke luar kota,” ucap Nuryadin.

4. Aktif dalam aksi sosial

Makassar American Jeep, Komunitas Khusus Mobil-mobil Sisa PerangDok. Nuryadin/Makassar American Jeep

Aktivitas MAJ tidak hanya berpetualang saja, tapi juga banyak terlibat dalam kegiatan sosial. Setuap tahun MAJ misalnya selalu dilibatkan dalam perayaan HUT ABRI dan peringatan Hari Bhayangkara di Makassar. Termasuk juga terlibat dalam penggalangan bantuan ketika ada daerah yang dilanda Bencana. 

“Kemarin Sulawesi baru kena bencana di daerah Luwu sana. Saya yang turun langsung mewakili MAJ salurkan bantuan. Jadi kalau ada bencana, anak-anak MAJ biasanya patungan untuk galang bantuan lalu kita salurkan ke sana," jelasnya. 

Baca Juga: Klub Yamaha Aerox Club Indonesia, Rutin Berkunjung ke Panti Asuhan

Topic:

  • Meiska Irena Pramudhita
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya