Comscore Tracker

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil

Gunakan alat-alat di bawah ini saat membersihkan mesin

Jakarta, IDN Times - Salah satu cara merawat mesin mobil adalah dengan menjaga kebersihannya. Namun masih banyak pemilik kendaraan yang abai terhadap kebersihan mesin mobil.

Padahal oli yang ada pada mesin dapat menyebabkan kerak. Jika dibiarkan terlalu lama, maka dapat mengggangu kinerja mesin itu sendiri. Untuk itu, kamu perlu tahu cara membersihkan kerak oli dengan benar.  

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin MobilLap Microfiber untuk mempercepat penyerapan air dan mengangkat kotoran yang masih menempel pada permukaan sepatu (dekoruma.com)

Pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Peralatan ini dapat membantu proses pembersihan itu sendiri. Siapkan spons, sikat gigi bekas, dan kain microfiber. 

Ketiga alat ini memiliki peran untuk membersihkan kerak oli pada bagian yang sulit dijangkau. Pastikan ketiga alat tersebut berada dalam kondisi bersih, ya.

Baca Juga: Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Meluncur Oktober 2021?

2. Gunakan pembersih khusus alias engine conditioner

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin MobilEngine conditioner (tokopedia)

Tidak hanya spons, sikat gigi bekas, dan lap microfiber, kamu juga membutuhkan pembersih khusus. Pembersih ini dinamakan engine conditioner. Kegunaannya adalah menghasilkan busa ketika sudah disemprotkan ke ruang bakar. 

Dengan menggunakan engine conditioner, maka proses pembersihan akan semakin mudah.

3. Engine flush juga bisa menjadi pilihan

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin MobilEngine flush (tokopedia)

Tidak hanya conditioner saja, sebaiknya siapkan juga engine flush untuk mengoptimalkan proses pembersihan. Pembersih ini bentuknya sama seperti detergen pakaian. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kerak di jalur oli.

Engine flush memang dirancang untuk membersihkan jalur oli. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkannya ke dalam bagian mesin sebelum mengganti oli. Hidupkan mesin kurang lebih 15 menit sambil menginjak gas dengan posisi stationer di angka 2.000 rpm. Terakhir, buang oli selagi mesin masih panas.

4. Jangan lupa pakai engine degreaser

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin MobilEngine degreaser (tokopedia)

Jika sudah menggunakan engine flush, maka ada satu tahap lagi untuk membuat mesin mobil menjadi bersih. Cairan pembersih itu bernama engine degreaser. Gunanya untuk membersihkan ruang mesin secara maksimal. Caranya mudah, cukup semprotkan ke bagian mesin, kemudian sikat dengan air sabun hingga bersih.

Setelah bersih, bilas menggunakan air mengalir, kemudian keringkan menggunakan lap microfiber.

Baca Juga: Suzuki Recall Jimny karena Oli Rembes

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya