Comscore Tracker

Sejarah Mobil Pertama di Dunia, Siapa Penemunya?

Hingga saat ini, mobil masih terus dikembangkan

Jakarta, IDN Times - Siapakah penemu mobil pertama di dunia? Umumnya, masih sedikit orang yang tahu faktanya. Padahal, kendaraan roda empat ini sudah mengalami perkembangan pesat, lho! Mulai dari desain bodi, kabin, hingga beragam fitur keren pada mobil terus berkembang.

Terbaru, ada mobil yang dilengkapi dua sumber bahan bakar, bensin dan listrik. Namun, sebelum itu, apakah kamu tahu bagaimana sejarah mobil sesungguhnya? Yuk, temukan fakta sebenarnya dalam ulasan berikut!

Sejarah mobil bertenaga uap

Sejarah Mobil Pertama di Dunia, Siapa Penemunya?ilustrasi mobil pertama di dunia (crgsoft.com)

Pada 1769 Nicolas J. Cugnot, seorang ilmuwan Perancis menciptakan kendaraan roda 3 berukuran besar. Ini terinspirasi dari kereta kuda yang dilengkapi ban. Kendaraan itu lalu difungsikan sebagai pengangkut meriam untuk perang. 

Masih menggunakan tenaga uap, James Watt pun menciptakan kendaraan sejenis pada 1784. Richard Trevenick pun turut menciptakan mobil tenaga uap dengan kecepatan 20 kilometer per jam, pada 1830. Sampai abad 19, mobil jenis ini terus diinovasikan.

Namun, perkembangan sejumlah kendaraan tersebut memiliki kelemahan, yakni berpotensi meledak. Sisi baiknya, bunyi yang ditimbulkan begitu halus serta gak memuculkan asap tebal, layaknya kereta api di masa itu.

Perubahan mobil bertenaga uap pun mulai berubah pada pertengahan abad 19 yang dirancang oleh Joseph E. Leonir, seorang insinyur Perancis. Ia berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar ganda, yakni batu bara, gas, dan udara. Tepatnya pada 1860.

Baca Juga: 6 Kelebihan Mobil Hybrid yang Bikin Unggul dari Mobil Konvensional 

Penemu mobil bertenaga mesin

Sejarah Mobil Pertama di Dunia, Siapa Penemunya?ilustrasi mobil pertama di dunia (abc.es)

Era mobil bahan bakar uap berakhir saat Karl Benz mulai mengenalkan mobil bertenaga mesin, pada 1886. Inspirasi ini datang dari dirinya sendiri ketika mengendarai sepeda gayung saat bepergian.

Karl memperhatikan bagaimana proses sepedanya dapat melaju tanpa harus dikayuh. Dari sinilah, ide membuat mobil bertenaga mesin bensin mulai muncul. Namun, kala itu bentuknya masih serupa roda tiga. Mobil oleh Karl ini pun belum dilengkapi gigi, sehingga belum bisa dikontrol.

Pada waktu bersamaan, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart turut mengembangkan proyek serupa. Namun, Karl Benz dapat bekerja lebih cepat, sehingga pada tahun 1879 Karl telah mematenkannya.

Setelah Karl, seorang ilmuwan bernama George B Selden pada 1895 berhasil membuat mobil bermesin dua stroke. Hanya berselang beberapa tahun, sudah ada banyak jenis mobil bertenaga uap, bensin, dan listrik yang turut bersaing dalam menjadi yang terbaik. 

Sayangnya, mobil berbahan bakar bensin lebih disukai masyarakat kala itu. Ditambah, penemuan mobil hybrid bernama Lohner Porsche Mixte Hybrid oleh Ferdinand Porche pada Januari 1907. Ini kemudian diproduksi skala besar pada 1902 dan dipasarkan dengan harga terjangkau oleh Oldsmobile.

Henry Ford pun turut berperan dalam pengembangan mobil di Eropa pada 1910. Namun, jika dilihat dari sejarah awal, Nicolas J. Cugnot lah pencetus mobil pertama, walau saat itu masih difungsikan sebagai pengangkut meriam saja.

Kendati demikian, Karlz Benz, sang perancang mesin dan insinyur otomotif terus mengembangkan proyeknya hingga mematenkannya. Suatu ketika, Bertha Benz, istri Karlz Benz diam-diam mengendai mobil Benz Patent Motorwagen yang telah diperbaiki.

Mobil karya Karlz Benz inilah yang kemudian menjadi titik mulai kesuksesan Benz, sehingga banyak dikenal orang hingga saat ini.

Nah, itulah ulasan seputar sejarah mobil pertama di dunia. Jika dilihat dari sejarah, Nicolas J. Cugnot lah pencetus mobil pertama dengan bentuk layaknya kereta kuda. Namun,  Karlz Benz, terus mengembangkan mobil bertenaga bensinnya, hingga dikenal sampai saat ini. Hal tersebut, lantas membuat mobil bertenaga uap gak dikembangkan lagi.

Selain sejarah mobil, temukan informasi otomotif lainnya di IDN Times. Gak hanya itu, ada pula cara merawat mobil agar gak mudah rusak yang bisa kamu temukan di sini.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Dwi Agustiar
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya