Comscore Tracker

Membuka Kaca Jendela Mobil Jadi Lebih Mudah, Apa Itu Power Window?

Kamu tidak perlu lagi memutar-mutar tuas

Jakarta, IDN Times – Ketika berkendara, kamu pasti sering menaik dan turunkan kaca jendela mobil, dengan maksud mencari angin atau sekadar untuk berbicara pada petugas SPBU.

Pada masa lalu butuh tenaga lebih untuk memutar tuas agar jendela dapat membuka dan menutup. Namun hampir semua mobil masa kini sudah dilengkapi power window sehingga gak perlu tuas lagi untuk menaikturunkan kaca jendela.

Untuk kamu yang belum tahu apa itu power window, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Apa itu power window?

Membuka Kaca Jendela Mobil Jadi Lebih Mudah, Apa Itu Power Window?power window mobil (Pixabay.com/AutoPhotography)

Power window merupakan teknologi yang memiliki fungsi sama dengan tuas untuk menaik dan turunkan kaca jendela pada mobil. Memiliki bentuk tombol yang menggabungkan antara teknologi mekanik dan elektronik, power window lebih mudah digunakan dibandingkan tuas.

Dengan kombinasi antara mekanik dan elektronik, menghasilkan sebuah sistem yang disematkan pada rangkaian mobil, sehingga bisa menaik dan turunkan kaca jendela mobil hanya dengan menekan tombol.

Baca Juga: 5 Tips Mengusir Embun pada Kaca Mobil

2. Memudahkan pengendara membuka tutup kaca jendela

Membuka Kaca Jendela Mobil Jadi Lebih Mudah, Apa Itu Power Window?jendela pada mobil (Pexels.com/Tim Samuel)

Berbeda dengan tuas yang harus diputar ketika ingin membuka atau menutup jendela mobil, kamu hanya tinggal menekan tombol pada power window saja untuk melakukannya.

Hal tersebut tentu makin memberikan kemudahan dan kenyamanan pengendara ketika butuh untuk menaik dan turunkan kaca jendela.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kaca Power Window Macet

3. Memiliki banyak fitur

Membuka Kaca Jendela Mobil Jadi Lebih Mudah, Apa Itu Power Window?tombol pada power window (Pixabay.com/AutoPhotography)

Power window memiliki berbagai jenis sesuai dengan fitur yang dimilikinya. Berikut fitur yang dimiliki power window:

  • Manual up and down

Fitur ini merupakan fitur pada power window yang dapat menaik turunkan kaca jendela mobil dengan menekan tombol. Tekan tombol down untuk membuka jendela, dan up untuk menutup jendela. Dengan fitur ini juga kamu bisa mengatur seberapa terbuka atau tertutup kaca jendela mobil.

  • Auto down

Fitur ini akan membuat kamu dapat membuka jendela hanya dengan sekali tekan pada tombol power window.

  • Auto up and down

Jika kamu ingin lebih simpel ketika menaik dan turunkan jendela kaca mobil hanya dengan sekali tekan, gunakan fitur auto up and down.

  • All auto up and down

Fitur ini memungkinkan untuk kamu menaik dan turunkan seluruh jendela yang ada di tiap pintu mobil hanya dengan sekali tekan.

  • Window lock

Salah satu fitur keamanan pada power window adalah adanya window lock. Fitur ini jika ditekan akan mengunci seluruh kaca jendela mobil, terkecuali jendela yang berada di sisi pengemudi.

  • Jam protection

Fitur jam protection memungkinkan jendela untuk membuka kembali saat akan ditutup karena dapat mendeteksi benda yang menghalang. Hal ini akan meminimalisasi tangan terjepit kaca jendela saat akan ditutup.

4. Power window juga perlu dirawat

Membuka Kaca Jendela Mobil Jadi Lebih Mudah, Apa Itu Power Window?membersihkan kaca jendela mobil (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap teknologi yang kamu gunakan lambat laun akan mengalami kerusakan, termasuk pada power window. Oleh karena itu kamu harus merawat power window agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Power window yang rusak akan menghambat naik turunnya jendela kaca mobil, bahkan sampai tidak bisa dinaikturunkan.

Berikut cara merawat power window agar lebih awet.

  • Jangan terlalu sering digunakan

Terlalu sering menekan tombol power window akan menyebabkan power window menjadi cepat rusak. Gunakan tombol saat kamu memang butuh, jangan dijadikan sebagai mainan kala kamu bosan.

  • Selalu bersihkan kaca jendela

Untuk meminimalisasi power window cepat rusak, selain menekan tombol seperlunya, kamu juga harus rutin membersihkan kaca jendela.

Hal ini disebabkan kotoran pada kaca jendela dapat masuk ke dalam dinamo power window yang menyebabkannya menjadi macet dan berkarat. So, rutin bersihkan kaca jendela untuk menghindari kerusakan.

  • Perhatikan kondisi karet di kaca mobil

Hampir sama dengan rutin membersihkan kaca jendela, kamu juga harus memperhatikan kondisi karet di kaca mobil. Bagian karet yang rontok dapat masuk ke sela-sela kaca dan membuat karat. Selain itu, karet kaca yang mengeras dapat membuat kaca mobil baret. Oleh karena itu ganti karet kaca mobil jika sudah mengeras.

  • Power window terlalu lama tidak digunakan

Niat ingin awet dengan tidak menggunakan power window dalam jangka waktu yang lama justru menimbulkan masalah. Power window tetap harus digunakan seperlunya agar sistem tetap bekerja dengan baik dan normal.

Itulah penjelasan mengenai apa itu power window, beserta fitur dan cara merawatnya agar tetap awet.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk kunjungi laman seputar otomotif agar tidak ketinggalan berita, info, dan tips lainnya. Ada informasi seputar motor juga yang menarik dan sayang untuk dilewatkan hanya di IDN Times.

Baca Juga: 3 Tanda Kampas Rem Mulai Menipis, Awas Rem Blong!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya