Comscore Tracker

AC Mobil Bikin Boros Bahan Bakar, Ini 3 Trik Mengakalinya

Jangan selalu mengatur temperatur pada suhu paling rendah!

Jakarta, IDN Times – Meski Jakarta sudah mulai memasuki musim hujan, namun udara masih sering terasa panas. Karena itu AC mobil menjadi sangat penting. Gak hanya untuk menyejukkan kabin, tapi juga untuk mendinginkan hati pengendara biar gak emosian di jalan.

Tapi penggunaan AC bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sebab, saat AC dihidupkan, kerja mesin menjadi lebih berat. Alhasil konsumsi bensin pun menjadi lebih banyak. 

Nah, berikut beberapa tips menghemat BBM saat menggunakan AC.

1. Kalau kabin sudah dingin, naikan suhunya

AC Mobil Bikin Boros Bahan Bakar, Ini 3 Trik Mengakalinyagermanformula.com

Bila temperatur dalam kabin penumpang sudah terasa dingin, kamu bisa segera menaikan kembali temperaturnya ke suhu yang lebih tinggi. Ini penting agar kerja kompresor AC bisa sedikit berkurang.

Sedikit berbeda namun masih dalam konteks yang sama, saat melewati daerah dengan suhu udara yang cukup rendah atau dingin, seperti daerah pegunungan, lebih baik mematikan AC dan buka jendela.

Baca Juga: Ini 3 Mobil Bekas 7-Seater Seharga Toyota New Calya

2. Parkir di tempat yang teduh

AC Mobil Bikin Boros Bahan Bakar, Ini 3 Trik MengakalinyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Usahakan untuk selalu parkir di tempat yang teduh, terutama saat cuaca sangat panas. Ini perlu dilakukan agar saat AC akan digunakan untuk pertama kalinya tidak akan bekerja terlalu berat akibat panas yang terlalu menyengat.

3. Buka jendela sebelum menyalakan AC

AC Mobil Bikin Boros Bahan Bakar, Ini 3 Trik Mengakalinyashutterstock.com

Sesaat setelah menyalakan mesin mobil, lebih baik bila membuka jendela terlebih dahulu supaya udara panas dari dalam kabin dapat keluar dengan cepat, baru kemudian menyalakan AC untuk menyejukkan ruangan. Cara ini juga mampu meringankan kinerja AC nantinya dalam mendinginkan karena suhu dalam kabin sudah tidak terlalu panas.

Baca Juga: 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak Aksi Unjuk Rasa

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya