Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara Berlebihan

Bisa bahaya lho, apalagi gak sesuai dan cuma gaya-gayaan!

Apakah kamu suka dengan modifikasi sepeda motor? Saat ini banyak orang yang tertarik dengan hal ini, terutama anak muda yang memang ingin selalu tampil keren.

Namun tahukah kamu bahwa modifikasi motor secara berlebihan itu dilarang? Larangan tersebut bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan bersama, tentu saja agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh modifikasi motor secara berlebihan, tidak mau kan ditegur sama bapak polisi?

1. Bisa mengganggu kenyamanan masyarakat

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara BerlebihanPexels.com/Artem Beliaikin

Modifikasi sepeda motor secara berlebihan seperti suara knalpot yang terlalu berisik bisa mengganggu kenyamanan warga sekitar, bahkan sangat mengganggu ketika malam sudah tiba.

Makanya kamu harus mempertimbangkan modifikasi semacam ini, akan lebih baik jika kamu membeli sepeda motor yang mamang sudah memiliki suara nyaring dari pabrikannya.

2. Rawan kecelakaan

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara BerlebihanPexels.com/Skitterphoto

Sepeda motor yang sudah dimodifikasi tentu sudah berbeda dari standar keamanan, ini akan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan tunggal. Jika terlalu berlebihan, tentu keselamatan kamu bisa terancam, apalagi jika tidak menggunakan pelindung standar berkendara seperti jaket tebal dan helm untuk pelindung kepala.

3. Membahayakan pengendara lain

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara BerlebihanPexels.com/Sourav Mishra

Modifikasi yang terlalu over bisa sangat berbahaya, baik untuk diri sendiri maupun pengendara lainnya. Tentu ini menjadi masalah serius, kamu bisa saja merugikan banyak orang lain hanya karena modifikasi sepeda motor kamu yang terlalu berlebihan.

Baca Juga: Tips Beli Motor Bekas, 5 Bagian Ini Harus Kamu Cek Kondisinya

4. Over heat atau kendaraan terbakar

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara BerlebihanPexels.com/Thnh Phng

Modifikasi sepeda motor terutama meningkatkan kecepatan memiliki risiko yang cukup tinggi, itu bisa menimbulkan kecelakaan hingga mesin over heat yang dapat mengakibatkan sepeda motor terbakar.

Tentu ini masalah yang tidak sepele, kamu akan kehilangan sepeda motor kamu dan bisa saja nyawa kamu benar-benar terancam ketika memodifikasi terlalu berlebihan.

5. Badan mudah lelah dan pegal

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Modifikasi Motor Secara BerlebihanPexels.com/Roberto Nickson

Modifikasi berlebih terutama pada stang motor yang dibuat aneh-aneh akan membuat penggunanya cepat lelah dan pegal-pegal. Ini terjadi karena perubahan pada sepeda motor kamu yang tidak standar lagi, stang motor yang sudah dibuat nyaman oleh pabrikannya diubah sedemikian rupa sehingga kenyamanannya benar-benar hilang.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh modifikasi motor secara berlebihan, bisa sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri maupun orang lain, lho!

Baca Juga: 5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya