Comscore Tracker

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesia

Terkenal irit dan bandel

Sebelum getol merilis skuter matik dan sport bike, Honda awalnya dikenal sebagai produsen sepeda motor bebek tangguh. Nah, salah satu keluarga moped keluaran pabrikan sayap mengepak yang cukup legendaris di Indonesia adalah Honda Astrea.

Kuda besi ini diluncurkan pertama kali pada awal dekade 1980-an dan berakhir di pertengahan 2000-an. Dalam kurun waktu dua dekade tersebut, Honda Astrea telah hadir dalam beragam tipe. Ini varian Honda Astrea yang sempat mengaspal di jalanan Indonesia.

1. Honda Astrea 700

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiainstazu.com

Dirilis pertama kali pada tahun 1981 oleh PT Federal Motor (sekarang PT Astra Honda Motor atau AHM), Astrea 700 bisa dibilang pelopor seri Astrea di Indonesia.
Sepeda motor ini sendiri, seperti namanya, mengusung mesin berkapasitas 70cc, dengan transmisi manual 3 percepatan. Meski mesin terbilang kecil, konon motor ini mampu menempuh top speed 80 km per jam.

2. Honda Astrea 800

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiatheinstapic.com

Merupakan versi pembaruan dari Astrea 700, sepeda motor ini mengalami sejumlah peningkatan, mulai mesin dan desain. Untuk generasi ini, pabrikan menanamkan mesin berkapasitas 86cc, dengan CDI untuk pengapian.

Selain mesin, hal lain yang berubah dari model Astrea 700 adalah bentuk stoplamp. Model Astrea 800 mengusung stoplamp yang tidak terpisah dengan lampu sein.

3. Honda Astrea Star

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiagymlive.net

Ada revisi besar-besar dalam hal desain, yang kali ini mengusung tampilan agak modern. Produk ini sendiri mulai dirilis di pasaran dalam negeri sekitar tahun 1985.

Di sektor jantung pacu, Astrea Star masih membawa mesin berkapasitas 85,8 cc, silinder tunggal, pendingin udara, dengan pengapian CDI. Meski demikian, motor ini sudah dibekali transmisi manual 4 percepatan.

Baca Juga: Motor-Motor 2 Tak yang Bikin Ngiler Anak Muda Zaman Now

4. Honda Astrea Prima

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiagymlive.net

Tiga tahun kemudian, perusahaan meluncurkan Astrea Prima, yang membawa mesin lebih besar, yaitu 95cc. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini digadang-gadang sanggup melaju hingga kecepatan 120 km per jam.

Di pasaran domestik, Astrea Prima hadir dalam dua model, yaitu yang menggunakan sistem starter electric dan yang tidak. Kemudian, ada juga varian limited edition yang tampil dengan desain warna hitam di sekujur bodi.

5. Honda Astrea Grand

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiagymlive.net

Sesuai namanya, Astrea Grand mengusung desain bodi yang besar dibandingkan varian Astrea Star dan Astrea Prima. Di samping itu, kuda besi ini juga sudah meninggalkan fitur jepitan buku di atas sepatbor (untuk model revisi).

Pertama kali dirilis sekitar tahun 1991, Honda sempat melakukan revisi pada Grand tiga tahun berselang. Pabrikan menyematkan sejenis topi pada lampu belakang, atau sering disebut spoiler duck tail.

6. Honda Astrea Supra

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiaimgrumweb.com

Salah satu motor bebek paling terkenal di Tanah Air. Diluncurkan pada tahun 1997, sepeda motor ini dikenal awet, punya mesin yang halus, serta irit bahan bakar.

Dari sisi desain, tampilan Astrea Supra lebih aerodinamis dibandingkan varian Grand. Selain itu, Supra punya bodi lebih runcing dan eye-catching daripada generasi sebelumnya.

7. Honda Astrea Impressa

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiaimgrumweb.com

Honda merilis Astrea Impressa hampir berbarengan dengan varian Astrea Supra. Tetapi, jika Supra mengusung bentuk yang sama sekali lain, maka varian Impressa mengadopsi bodi Astrea Grand yang sedikit agak jadul, namun lebih ramping.

8. Honda Astrea Supra X

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiaimgrumweb.com

Apa bedanya Astrea Supra X dengan varian Astrea Supra? Rem depan sudah mengadopsi model cakram. Selain itu, untuk model Supra V dan Supra XX, perusahaan telah menanamkan kopling manual.

Diluncurkan pada tahun 1998, sepeda motor ini bertahan cukup lama sebelum berhenti produksi di tahun 2005. Kuda besi ini menjadi saksi bisu berakhirnya era motor Honda Astrea di segmen low dan mid-end, yang dilanjutkan generasi Supra Fit Series.

9. Honda Astrea Legenda

Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesiagymlive.net

Ada dua edisi Astrea Legenda yang dirilis Honda, yaitu Astrea Legenda 1 dan Astrea Legenda 2. Varian pertama diluncurkan sekitar Juli 2001, disusul model kedua yang mengaspal tidak lama kemudian.

Kala itu, Astrea Legenda mampu memimpin pasar sepeda motor bebek murah di tengah gempuran produk asal China. Di akhir tahun 2001, sepeda motor ini diklaim mampu terjual lebih dari 118 ribu unit.

Astrea Legenda sendiri bukan suksesor Supra, melainkan hadir di segmen sendiri sebagai penerus Grand. Kuda besi ini membawa mesin 4-stroke, OHC, silinder tunggal, berkapasitas 97,1cc, dengan daya puncak 7,3 HP pada putaran 8.000 rpm.

Itulah sejumlah varian Astrea yang melegenda di Tanah Air. Kamu pernah mengendarai salah satunya?

Baca Juga: 5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya