Comscore Tracker

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung Ruginya

Leasing lebih mudah, bank lebih murah

Jakarta, IDN Times - Saat ini kredit motor sudah sangat lumrah. Bahkan kini lebih banyak orang membeli motor secara kredit dibandingkan cash.

Sebab syarat kredit motor sudah begitu mudah. Bahkan di banyak dealer, sales biasanya akan mengarahkan konsumen membeli secara kredit. Maklum, komisi yang didapat para sales dari pembelian secara kredit lebih besar dari tunai.

Konsumen pun senang karena bisa membawa pulang motor hanya dengan membayar uang muka saja. Kredit pun jadi win-win solution. Semua senang.

Tapi tahu gak sih kalau ada dua jenis kredit motor yang bisa kamu pilih. Pertama kredit melalui leasing. Kedua, melalui bank.

Apa saja untung rugi kredit melalui leasing dan bank? Yuk, simak artikel berikut.

1. Kredit motor melalui leasing

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung RuginyaIlustrasi kredit (IDN Times/Istimewa)

Leasing atau perusahaan pemberi kredit jadi pilihan banyak orang saat mengambil kredit motor. Sebab proses kredit di leasing cukup mudah dan syarat-syaratnya juga gampang dipenuhi.

Syarat-syarat  tersebut antara lain KTP, Kartu keluarga, NPWP, dan slip gaji. Syarat ini berbeda antara leasing yang satu dengan yang lain. Bahkan kamu bisa memperoleh kredit hanya dengan bermodal KTP dan kartu keluarga saja. 

Selain itu kamu juga diharuskan membayar uang muka sebesar 5-25 persen dari harga motor sesuai anjuran Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biaya lain saat mengambil kredit motor adalah biaya fidusia sebesar sekitar Rp50 ribuan, biaya asuransi, dan biaya provisi.

Sementara besaran cicilan sangat bergantung pada harga motor, masa tenor, dan besaran uang muka.

Sebagai contoh, mari kita ambil Honda Beat CW keluaran tahun 2019 yang dibanderol Rp15.550.000. Berikut perkiraan simulasi kredit leasing yang kami kutip dari Lifepal:

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung Ruginyalifepal

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Jeff Bezos Naik Honda Accord, Dalem Banget!

2. Cicilan melalui bank

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung RuginyaGedung Bank Mandiri (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain leasing, kamu juga bisa mengambil kredit motor di bank. Keuntungan mengambil kredit motor di bank adalah bunganya lebih rendah dari leasing. Bahkan potongan bunganya bisa mencapai setengahnya dari leasing.

Tapi proses pengurusannya tidak semudah leasing. Karena pihak bank akan benar-benar memastikan kemampuan bayar calon debitur sebelum mengucurkan kredit. Selain itu bank juga akan mengecek daftar black list di Bank Indonesia.

Jika namamu masuk dalam daftar tersebut, dipastikan kamu gak akan bisa mendapatkan kredit motor. Daftar blacklist adalah daftar orang-orang yang bermasalah saat mengambil kredit.

Lalu bagaimana simulasi kredit motor di bank? 

Berikut simulasi kredit motor Honda Beat CW keluaran 2019 yang harganya Rp15.550.000 melalui bank:

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung RuginyaLifepal

3. Kredit leasing lebih mudah, bank lebih murah

Bingung Mau Kredit Motor Lewat Leasing atau Bank? Ini Untung RuginyaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dari keterangan di atas, kita bisa simpulan bahwa kredit motor melalui leasing memang lebih mudah, proses pengurusannya lebih cepat, tapi lebih mahal karena bunganya tinggi.

Sementara kredit motor melalui bank lebih murah tapi pengurusannya agak rumit dan sering kali ditolak karena pendapatannya dinilai tidak cukup atau karena terdaftar di blacklist Bank Indonesia.

So, sudah tahu mau kredit motor melalui leasing atau bank? 

Baca Juga: Gaji Rp1,7 Jutaan Bisa Kredit Honda Beat? Bisa! Begini Simulasinya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya