Comscore Tracker

Yamaha Bikin Adu Irit Fazzio, Pemenangnya Tembus 66,6 km per Liter!

Irit banget, ya!

Jakarta, IDN Times - Yamaha menggelar berbagai tantangan dalam event Fazzio Hybrid Connected di Kota Kediri, Jawa Timur. Para peserta yang mengikuti tantangan berlomba-lomba untuk menjadi yang paling irit, sembari mengeksplor berbagai macam tempat menarik di wilayah Kediri.

Tantangan ini dimulai dari Alenia Cafe, dilanjut ke Taman Brantas, Blessing Castle, Simpang Lima Gumul, sampai ke taman bermain Dunia Candy.

1. Para peserta diberikan tips biar irit bahan bakar

Yamaha Bikin Adu Irit Fazzio, Pemenangnya Tembus 66,6 km per Liter!Ilustrasi Yamaha Fazzio (Dok. PT YIMM)

Yamaha juga membagikan tips berkendara irit kepada para peserta dalam hal cara memutar tuas gas yang benar, sehingga bisa menekan konsumsi bahan bakar secara efisien.

"Melalui event ini kita mengajak peserta untuk keliling menunjungi tempat-tempat berkelas di Kota Kediri selama seharian penuh. Sekaligus konsumen dapat membuktikan efisiensi konsumsi bahan bakar dari Fazzio berkat penggunaan teknologi mesin Bluecore Hybrid," kata Hendro Aryono, Area Promosi, Yamaha DDS Madiun-Kediri, dalam siaran resminya (29/8/2022).

Baca Juga: Skutik Retro Honda Pesaing Yamaha Fazzio, Banderol Rp26,5 Jutaan

2. Pemenang tantangan

Yamaha Bikin Adu Irit Fazzio, Pemenangnya Tembus 66,6 km per Liter!Para pemenang tantangan (dok. Yamaha)

Acara Fazzio Hybrid Challenge ini ditutup dengan pembuktian keiritan konsumsi bahan bakar motor, yang berhasil ditorehkan oleh para peserta selama 7 jam riding dengan hasil sebagai berikut.

  1. Irul: konsumsi BBM 66,6 kilometer per liter
  2. Elly: konsumsi BBM 66,1 kilometer per liter
  3. Sunarto: konsumsi BBM 65,4 kilometer per liter

Angka tersebut didapatkan dengan menggunakan bahan bakar Pertamax (RON 92) dan metode full to full. Hasil dari setiap pengendara di acara ini berbeda-beda, karena jalur berkendara, kondisi stop and go, bobot pengendara, serta gaya berkendara yang berbeda-beda.

Baca Juga: Bikin Yamaha Fazzio Lebih Retro, Pasang 3 Aksesoris Ini

3. Yang bikin Fazzio bisa irit

Yamaha Bikin Adu Irit Fazzio, Pemenangnya Tembus 66,6 km per Liter!Teknologi Bluecore Hybrid Fazzio (Yamaha-motor.co.id)

Yamaha Fazzio dibekali mesin 125 cc 1-silinder SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara dengan teknologi Bluecore Hybrid. Mesin tersebut diklaim mampu memberikan tenaga maksimal 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Walaupun memakai teknologi hybrid, etapi ternyata tidak ada komponen tambahan untuk membantu kerja sistem hybrid di Yamaha Fazzio lho. Karena sistem hybrid-nya hanya memaksimalkan fungsi SMG yang memang sudah ada di mesin-mesin motor BlueCore Yamaha sebelumnya. SMG akan memberikan dorongan tambahan saat motor berakselerasi di tiga detik pertama, hal ini yang bisa membuat bahan bakarnya lebih efisien.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya