Comscore Tracker

Kembali Mengaspal di Indonesia, Ini Fakta-Fakta Skuter Lambretta

Ternyata Lambretta terinpirasi karena Perang Dunia II, lho!

Jakarta, IDN Times - Lambretta secara resmi merilis skuter V125 dan V200 Special di bawah pemegang lisensi distribusi resmi, PT. Skuter Motor Indonesia (SMI) pada Selasa (23/4).

Dalam kesempatan ini, PT. SMI juga mengumumkan bahwa Lambretta V-Special ini siap mengaspal pada Agustus 2019. Lambretthusiast dapat mulai melakukan pre-oder pada ajang Indonesia International Motor Show 2019 yang akan dimulai pada 25 April - 5 Mei mendatang.

Banyak para Lambretthusiast yang menyukai motor ini dikarenakan skuter tersebut syarat akan sejarah. Oleh sebab, itu IDN Times merangkum fakta-fakta penting tentang sejarah Lambretta.

1. Inovasi pembuatan pertama Lambretta karena Perang Dunia II

Kembali Mengaspal di Indonesia, Ini Fakta-Fakta Skuter Lambrettaliveauctioneers.com

Kehadiran skuter Lambretta berawal dari pabrik pipa baja milik Ferdinando Innocenti yang dibangun di Roma tahun 1922. Kemudian, sembilan tahun berselang, ia mengembangkan bisnisnya ke Milan dengan membangun sebuah pabrik tabung baja yang lebih besar dengan jumlah pekerja ribuan. Sayang, pabrik tabung baja milik Ferdinando Innocenti hancur di bom pada Perang Dunia II.

Melihat reruntuhan pabriknya, ia memutuskan untuk memproduksi skuter yang bersaing dari segi biaya operasional.  Ia membuat skuter yang mampu bersaing dalam hal biaya dan ketahanan cuaca.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Lambretta V-Special Siap Dipesan!

2. Inilah arti dan filosofi desain Lambretta

Kembali Mengaspal di Indonesia, Ini Fakta-Fakta Skuter Lambrettadesignindex.it

Nama Lambretta sendiri berasal dari Sungai Lambro yang mengaliri distrik Lambarte yang menjadi lokasi pabrik skuter Lambretta. Lambro sendiri berasal dari kata Lambrus, yang berarti ringan, cepat dan lincah, seperti karakter skuter Lambretta.

Innocenti mendapuk General Corradino D'Ascanio, seorang aeronautical engineer yang benci naik motor, untuk membuat desain awal Lambretta.

Innocenti yang cukup visioner menginginkan desain skuter yang sederhana, kuat, dan terjangkau, harus mudah dikendarai untuk pria dan perempuan, bisa mengangkut penumpang serta tidak menyebabkan pakaian pengemudi kotor.

3. D’Ascanio digantikan desainer bernama, Nuccio Bertone dan lahirlah Lambretta 125 M (A Model)

Kembali Mengaspal di Indonesia, Ini Fakta-Fakta Skuter Lambrettaclassicdriver.com

Namun, Innocenti dan D’Ascanio memiliki visi yang berbeda sehingga D’Ascanio memutuskan berhenti. Innocenti kemudian meminta Nuccio Bertone, yang pernah menjadi desainer Alfa Romeo, Lamborghini, dan Fiat, untuk meneruskan desain Lambretta.

Akhirnya pada Oktober 1947, Lambretta 125 M (A Model) terlahir. Dengan mesin berkapasitas 125cc, Lambretta 125 M menggunakan transmisi tiga percepatan dan gearshifter yang dioperasikan dengan kaki. Lambretta perdana ini memiliki konstruksi yang cukup unik bernuansa rangka pipa.

4. Lambretta, salah satu ikon ‘Modernist Culture’, sempat gagal bersaing

Kembali Mengaspal di Indonesia, Ini Fakta-Fakta Skuter Lambrettaclassicdriver.com

Pesona Lambretta memang tidak lekang oleh waktu. Dari aktor James Dean, Cameron Diaz, band rock asal Inggris, Blur, Paul Weller, hingga keluarga Kerajaan Monaco pernah menjadi pengendara setia Lambretta. Lambretta LI Series 3 bahkan pernah muncul di salah satu video klip Black Eyed Peas.

Harga mobil yang makin terjangkau mengakibatkan demand skuter menurun. Perjuangan Innocenti untuk mempertahankan Lambretta pun berakhir. Ia harus menutup pintu pabrik Lambretta pada tahun 1970-an. Namun, semangat, tradisi dan filosofi Lambretta tetap menyala hingga akhirnya pada 2017 lalu kembali merilis motor anyar.

Baca Juga: [FOTO] Penampakan Lambretta V125 & V200 Special 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You