Comscore Tracker

Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunci

Hati-hati dalam berkendara

Jakarta, IDN Times - Musim hujan membuat pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati. Sebab, selain jalanan menjadi licin, hujan juga membuat jarak pandang menjadi terbatas.

Untungnya saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Breaking System (ABS). Fitur ini akan mencegah ban terkunci saat tuas rem ditarik. Sehingga pengemudi tidak akan kehilangan kendali.

1. Keunggulan rem Anti-lock Breaking System (ABS) saat musim hujan

Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Menguncidrivespark.com

Baca Juga: Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir Kecelakaan

Sistem pengereman ABS bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Rem ini befungsi agar ban tidak selip saat melakukan pengereman di jalan yang licin akibat hujan.

Dalam kondisi jalan yang licin ban akan selip karena saat tuas rem ditarik, otomatis ban akan terkunci. ABS berfungsi agar ban tidak terkunci dengan mengandalkan sensor pada sistem ini.

2. Cara kerja sistem ABS pada motor

Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunciunsplash.com/@giovalife

Sensor pada ABS agar akan mendeteksi kondisi ban mengunci atau tidak saat pengereman. Secara otomatis, ECU memerintahkan rem untuk mengendurkan tekanan ban agar kembali mendapat cengkeraman ke aspal.

3. Motor yang sudah mengadopsi sistem pengereman ABS

Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunciyamaha-motor.co.id

Banyak motor di Indonesia saat ini sudah menggunakan sistem pengereman ABS, seperti Yamaha Aerox 155 VVA ABS, N-MAX 155 ABS, Honda PCX 150 ABS, Piaggio Liberty ABS, Piaggio Medley ABS.

Kekuarangan motor-motor yang telah dilengkapi sistem pengereman ABS hanya satu, yakni hanya lebih mahal dibandingkan motor tanpa ABS. Namun, dengan merogoh kocek lebih dalam, keamanan saat berkendara juga lebih terjamin.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Perlukah Mengurangi Tekanan Ban Sepeda Motor?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya