Comscore Tracker

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!

Barangnya mudah ditemukan dan relatif murah lho

Jakarta, IDN Times - Dek motor yang umumnya berwarna hitam pada skutik biasanya akan memudar warnanya, seiring usia skutik. Lantas, bisa gak sih dek motor hitam kembali seperti semula? Tentu saja bisa.

Pigmen hitam akan menghilang karena oksidasi atau kurang perawatan dari pemiliknya. Nah, dek motor yang kusam bisa kembali kinclong dengan beberapa barang yang mudah ditemukan dan relatif murah. Apa saja ya barang-barang itu?

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

1. Kompon

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!Ilustrasi kompon motor (bukalapak.com)

Berfungsi untuk memperbaiki baret tanpa mengecat ulang pada kendaraan, tentu kompon bisa menjadi solusi menghitamkan dek motormu. Dilansir dari www.suzuki.co.id, kamu bisa memakai jenis kompon apapun, seperti gel maupun pasta selagi memiliki fungsi yang sama.

Cara memakainya, kamu bisa oleskan kompon pada dek motor, lalu gosok perlahan secara memutar. Ingat, gosoknya menggunakan kain kering yang lembut dan ulangi beberapa kali, maka akan terlihat hasilnya.

2. Beeswax

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!Ilustrasi beeswax (beautynesia.id)

Mungkin di antara kamu banyak yang mengetahui produk kecantikan bernama beeswax yang berfungsi melembapkan kulit. Siapa sangka, ternyata beeswax juga berfungsi untuk mengembalikan warna hitam pada dek motor, loh.

Memakainya sangat mudah dan gak beda dari kompon. Cukup mengoleskan beeswax menggunakan kain halus ke dek, bahkan bisa juga ke bodi motor. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa oleskan secara merata dan rutin memakai setiap hari.

3. Semir sepatu cair

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!Ilustrasi semir sepatu cair (indonesian.alibaba.com)

Barang selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah semir sepatu cair. Cara pemakaiannya sama seperti yang lainnya, namun alangkah baiknya kamu mencuci dek motor atau bodi motor terlebih dahulu. Setelah dicuci, maka kamu harus keringkan bagian yang hendak disemir terlebih dahulu, ya.

Kamu juga sebaiknya pakai kain lembut dan semprotkan semir sepatu ke bagian dek motor secara perlahan dan merata menggunakan kain tersebut. Pastikan gak ada kotoran yang menempel agar hasilnya lebih baik. Selain semir sepatu, kamu juga bisa menyemprotkan cairan penghitam bodi motor.

4. Cairan pigmen khusus plastik

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!Ilustrasi trim restorer (tokopedia.com)

Cara lain menghitamkan dek motor yang sudah memudar atau kusam, kamu bisa menggunakan cairan pigmen khusus atau cairan trim restorer. Cairan ini hampir sama seperti cairan semir sepatu, hanya saja warnanya jauh lebih pekat dan hitam.

Cara pemakaiannya pun sama seperti semir sepatu, dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu permukaan dek. Tapi biasanya cairan trim restorer menggunakan spons atau busa ketika diusapkan ke dek motor.

Baca Juga: 5 Fitur Motor Scoopy, Wajib Diketahui Pengguna Motor Scoopy

5. Minyak kayu putih

5 Barang Ini Bisa Bantu Dek Motor Makin Kinclong!Ilustrasi minyak kayu putih (Blibli.com)

Tak hanya itu, minyak kayu putih yang umumnya berguna untuk kesehatan, ternyata bisa menginclongkan dek motor loh. Bahkan, jika gak ada minyak ini, kamu juga bisa mengoleskan baby oil.

Dan lagi-lagi cara memakainya sama, dicuci dulu permukaan yang akan dilapisi lalu dioleskan dan digosok menggunakan kain lembut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak goreng, tapi yang baru ya bukan minyak jelantah!

So... kamu bisa mencoba barang-barang tersebut pada dek motormu, biar motor kamu kinclong lagi!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya