Comscore Tracker

Jakarta Mods May Day Kembali Digelar, Setelah Hiatus 2 Tahun 

Direction-Reaction-Creation sebagai tema keseluruhan

Jakarta, IDN Times - Setelah dua tahun hiatus akibat pandemik COVID-19, Jakarta Mods May Day (JMMD) kembali digelar di Epiwalk, Kawasan Rasuna, Epicentrum, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2022).

"Kebetulan gua yang adakan temanya, ya. Tema tahun ini adalah 'Direction-Reaction-Creation'. Sebenarnya, tema ini gua ambil dari kompilasi album dari band The Jam, yaitu band mods revival pada era 70-an", Program Director JMMD 2022, Agung, kepada IDN Times.

Mengingat mods sempat dibombardir oleh flower generation pada akhir 1960-an, lalu munculnya The Jam dengan album lagunya yang sagat membangkitkan semangat mods pada 1970-an untuk mengembalikan semangat mods, maka Agung tanpa ragu mengangkat tema tersebut.

1. Riding scooters

Jakarta Mods May Day Kembali Digelar, Setelah Hiatus 2 Tahun Riding scooters JMMD 2022. IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Sejak awal kemunculan JMMD, event ini identik dengan riding bareng guna menyambut hangat berlangsungnya acara, sekaligus ajang silaturahmi para scooters yang berasal dari berbagai daerah. Tahun ini JMMD menjadikan Lapangan Banteng, Jakarta pusat sebagai titik kumpulnya, lalu scooters riding bersama menuju Epiwalk, Kawasan Rasuna.

Acara riding bersama ini terlambat 30 menit akibat hujan yang mengguyur Jabodetabek. Sehingga, penyelenggara mengulur waktu sambil menunggu partisipan di titik kumpul yang hendak riding bersama. Namun, hal tersebut tidak menggugurkan semangat para mods untuk memeriahkan acara ini. Project Owner JMMD 2022, Utay, mengatakan, walaupun terlambat namun acara masih berjalan sesuai rundown.

"Iya, karena hujan jadi terlambat sekitar 30 menit. Tapi, sebenarnya masih aman soalnya kan dari rundown sendiri, mall-nya tutup sekitar jam 9 sampai 10 menit," jelas Utay.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockers

2. Menghadirkan penyanyi dan band lokal

Jakarta Mods May Day Kembali Digelar, Setelah Hiatus 2 Tahun Attracks x Innocenti mengisi acara JMMD 2022. IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Dalam rangka menghibur para partisipan, JMMD 2022 ini juga menghadirkan beberapa penyanyi serta band lokal. Di antaranya, Skastra, Fever Sound system, Motives, Kumyka, Fleur!, The Marloes, Gimanz, Diskoria, Satria Ramadhan, Nutty Sina, Andre David, dan Attracks x Innocenti.

Salah satu partisipan, Adam Alif, mengaku terhibur dengan pentas musik pada JMMD 2022, apalagi dengan hadirnya para musisi yang sangat mengundang antusias tersebut.

"Asik banget sih, di acara ini yang paling gua nanti-nanti ya Fleur! sama The Marloes. Cuma sangat disayangkan, menurut gua space ruangannya terlalu luas, jadi kita nih para partisipan kurang gabung aja gitu," kata Adam Alif.

3. Bentuk perayaan buruh

Jakarta Mods May Day Kembali Digelar, Setelah Hiatus 2 Tahun Utay dan Agung, Penyelenggara JMMD 2022. IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Menilik balik sejarah Mods, Program director JMMD 2022, Agung, juga mengingatkan bahwa acara ini sebagai bentuk perayaan buruh.

"Mungkin orang-orang berpikir kalau Mayday itu demonstrasi. Tapi gua mereprentasikan bahwa Jakarta Mods May Day ini sebagai bentuk perayaan. Sebagai buruh, gua pengen senang-senang dan melakukan apa saja di hari ini," kata Agung.

Baca Juga: Sambut Hari Buruh, Komunitas SavePPU Gelar PPU Mods Mayday 2022

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya