Comscore Tracker

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus Diganti

Jangan tunggu botak ya

Jakarta, IDN Times - Merawat motor tidak hanya pada bagian mesin saja, tetapi juga komponen lain, salah satunya ban. Sebab tidak sedikit pengendara motor yang menghiraukan perawatan ban hingga akhirnya mereka mengganti ban ketika benar-benar rusak.

Padahal, ban yang dibiarkan terus untuk berkendara, makin lama makin menipis. Hal tersebut tentu membuat berkendara menjadi tidak nyaman, bahkan bisa memicu kecelakaan karena ban menjadi licin.

Ban motor punya umur dan jarak ideal yang apabila sudah memasuki umur atau jarak tersebut harus segera diganti. Selain umur, ada tanda-tanda ban motor harus segera kamu ganti. Lalu, berapa umur ban motor ideal dan kapan ban tersebut harus segera diganti? Berikut penjelasannya!

1. Umur ideal ban depan dan belakang berbeda

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus DigantiIlustrasi ban. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ban depan dan belakang motor ternyata memiliki umur ideal yang berbeda. Untuk umur ban motor depan, idealnya diganti setelah 12 hingga 15 bulan penggunaan. Sementara itu, ban motor bagian belakang memiliki waktu yang lebih cepat dibanding ban depan, yaitu setelah 10 hingga 12 bulan.

Di samping umur ideal, jarak juga menentukan ban motormu harus segera diganti. Jarak normal untuk penggantian ban motor bagian depan adalah setelah 12.000 km, sedangkan ban bagian belakang 10.000 km.

Ban motor yang tidak segera diganti akan memberikan sensasi yang tidak nyaman ketika berkendara. Hal ini disebabkan karet ban sudah mengeras dan tidak lagi lentur. Kemudian, ban yang tidak segera diganti juga berpotensi sering bocor, permukaan ban retak-retak, gundul, bahkan hinggal benjol. 

Baca Juga: Ini Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Dalam

2. Terasa oleng saat belok ban harus segera diganti

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus Digantiilustrasi ban motor (unsplash.com/Harley-Davidson)

Tanda pertama yang menandakan ban motor harus segera kamu ganti adalah ketika berkendara, motormu terasa goyang dan oleng saat berbelok. Mungkin kamu akan berpikir bahwa masalah berasal dari steering, tetapi sebaiknya kamu perlu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. 

Ban yang gundul dan terdapat benjolan akan menyebabkan motormu terasa oleng ketika digunakan. Oleh sebab itu, segera ganti dengan ban baru agar kamu bisa nyaman berkendara.

2. Ban motor gundul juga harus segera diganti

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus Digantiotomania.gridoto.com

Ban yang sudah gundul ditandai dengan permukaan ban yang rata. Kamu bisa memeriksa keausan ban melalui penanda yang bernama TWI (tread wear indicators). Penanda ini menunjukkan sudah seberapa aus ban motor dilihat dari benjola yang ada pada ban. Makin dekat permukaan ban dengan batas TWI, artinya makin tipis ban tersebut.

Oleh karena itu segera ganti ban, dan jangan gunakan ban gundul pada saat hujan atau di jalanan licin.

Baca Juga: Tips Memilih Ban Motor, Biar Gak Selip di Musim Hujan

3. Jangan anggap sepele benjolan pada ban

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus DigantiIlustrasi ban motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Munculnya benjol akibat dari benturan ban yang keras saat melakukan perjalanan, jika dibiarkan akan berbahaya. Kamu perlu memeriksa benjolan tersebut, karena ada bagian benjol yang menampak ada juga yang tidak. Jangan disepelekan, karena benjolan tersebut membahayakanmu terutama ketika berkendara dengan laju yang kencang atau saat berbelok.

Baca Juga: Kenapa Ukuran Ban Depan Motor Lebih Kecil dari Ban Belakang?

4. Retakan pada dinding ban perlu diwaspadai

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus DigantiPanggilan tambal ban Victory Ban (Dok. Victory Ban)

Ban yang sudah terlihat retak-retak pada bagian dinding atau tapakan ban juga harus kamu waspadai. Keretakan ini terjadi akibat dari berkurangnya tingkat elastisitas dari ban. Ban yang lebih sering terparkir di bawah sinar matahari yang panas akan lebih mudah mengeras. Selain itu, kurangnya tekanan angin pada ban juga dapat memicu keretakan ban karena dinding ban ikut menahan beban.

Baca Juga: Ini Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Dalam

5. Ban yang sering ditambal harus segera diganti

Ciri-Ciri Ban Motor Sudah Harus Digantiilustrasi ganti ban motor bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jika kamu sering mengalami kebocoran ban dan banmu sudah sering ditambal, alangkah baiknya segera ganti ban tersebut. Karena ban yang sering ditambal akan merusak konstruksi benang nilon pada ban yang membuat daya tahannya menjadi makin berkurang. 

Itulah penjelasan mengenai umur ban motor ideal dan kapan ban motor harus segera diganti. Apabila ban motormu sudah mengalami ciri dan tanda yang sudah dijelaskan, segeralah ganti ban dengan yang baru. Hal ini demi keamanan dan kenyamananmu dalam berkendara. Selain itu, kamu juga bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

Temukan informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi dan tips seputar mobil yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 6 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Sudah Tahu?

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya