Comscore Tracker

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!

Kalau sudah tahu jangan diulangi lagi

Jok motor sendiri sebenarnya miliki beragam kegunaan untuk menyimpan barang-barang si pengguna. Mulai dari Jaket, Jas hujan, Alat makeup bahkan sampai Ponsel pun bisa disimpan di sana. Biasanya penggunaan jok motor karena dinilai lebih praktis daripada harus menenteng tas yang bisa mengundang kejahatan. Padahal sebenarnya menyimpan barang dalam bagasi bukanlah hal yang aman.

Banyak sekali faktor, satu diantaranya karena bisa menyebabkan motor tiba-tiba meledak atau semacamnya. Risiko seperti itu dikarenakan ada beberapa barang di jok motor yang memicu percikan api dari bensin. Berikut ini beberapa barang yang tidak boleh disimpan lama dalam jok motor.

1. Smartphone dan benda elektronik lainnya

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!Pixabay.com/markusspiske

Smartphone dan barang elektronik lainnya bisa meledak secara tiba-tiba karena letak jok motor yang berdekatan dengan mesin motor. Secara tidak langsung bagian jok motor ini akan panas dan diikuti oleh ponsel. Jadi, bisa saja smartphone akan meledak sewaktu-waktu jika panasnya sudah melebihi batas.

2. Parfum

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!Pixabay.com/domeckopol

Barang pengharum badan yang satu ini teryata sangatlah berbahaya jika dimasukkan ke jok motor. Alasannya karena parfum sangat mudah menguap dan bisa memicu bensin yang ada di motor untuk memercikkan api. Kalau parfum sudah menguap, bisa-bisa motor kalian akan terbakar secara tiba-tiba.

3. Peralatan Makeup

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!Pixabay.com/free-photos

Benda yang familiar dibawa oleh para wanita ini juga sangat dikhawatirkan karena bisa meleleh akibat panas dari mesin kendaraan bermotor. Kalau sudah meleleh, bisa jadi peralatan makeup tersebut dapat meluber ke dalam mesin sehingga bisa menyebabkan kerak. Bukan hanya itu, benda tersebut yang pasti mengandung bahan kimia akan merusak bagian motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

Baca Juga: 5 Masalah yang Akan Muncul Ketika Jok Motormu Berlubang

4. Sayur-mayur yang masih segar

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!Pixabay.com/dbreen

Tahukah kalian bahwa pada saat motor dalam kondisi menyala, ternyata suhunya bisa sampai 36 derajat Celcius. Panas motor itu bisa mengurai makanan yang gampang meleleh seperti coklat, es krim dan yogurt serta sayur mayur yang masih segar karena akan menimbulkan penguapan dan berdampak buruk untuk sayuran. Jadi jangan meninggalkan benda tersebut di bawah bagasi motor.

5. Jas hujan yang masih basah

5 Barang Ini Jangan Pernah Disimpan dalam Jok Motor, Bisa Fatal Lho!Pixabay.com/kirkandmimi

Jas hujan yang masih basah sebaiknya jangan terlalu lama dilipat dan ditaruh di jok motor, terutama untuk bahan seperti polyester dan gore tech. Karena tidak tahan lama dan akan mengalami kerusakan terhadap kualitas jas hujan tersebut.

Itulah beberapa barang yang tidak boleh diletakkan pada bagasi motor. Walaupun kita hanya menggunakan motor sebentar saja, tidak menutup kemungkinan barang-barang tersebut bisa membuatmu celaka kapan saja. Jangan pernah sepelekan hal ini ya karena hal tersebut juga demi keselamatan kalian di jalan.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Bonceng Anak di Depan Jok Motor, Bahaya Lho

K A K I K U Photo Verified Writer K A K I K U

Pemula yang berusaha menjadikan Profesi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya