TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Transaksi Perdana di Bursa CPO Tembus 100 Ton

Bursa CPO resmi ada sejak pekan lalu

Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX) resmi menyelenggarakan perdagangan bursa berjangka crude palm oil (CPO) perdana pada Jumat (20/10/2023). Pada perdaganan perdana itu, tercatat ada transaksi sebanyak 4 lot atau setara 100 ton CPO.

"Tadi di sesi satu, kontrak pertama transaksinya hanya empat lot atau kira-kira 100 ton," ucap Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko di Kantor ICDX, Jakarta.

Baca Juga: Sah! Indonesia Resmi Punya Bursa CPO

1. Hasil perdagangan CPO cukup memuaskan

ilustrasi kelapa sawit (IDN Times/Arief Rahmat)

Didid cukup puas atas perdagangan perdana bursa CPO tersebut. Menurut Didid, untuk ukuran transaksi perdana, hal tersebut cukup bagus dan berharap dapat berkembang.

"Ini baru hari pertama, sesi pertama, dan kontrak pertama. Jangan minta lari duluan. Saya harapkan ini bisa berjalan terus makin lama makin baik dan jenis kontraknya makin banyak," kata dia.

2. Indonesia resmi punya bursa CPO sejak pekan lalu

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam peluncuran Bursa CPO di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Indonesia resmi meluncurkan bursa minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

Bursa CPO dikelola oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Bursa CPO akan menjadi acuan harga ekspor CPO. Namun, harga acuan itu hanya berlaku untuk ekspor CPO, tidak untuk produk turunannya.

"Kementerian Perdagangan inisiatif melakukan perbaikan perdagangan CPO di bursa berjangka," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), dalam peluncuran Bursa CPO di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga: Bursa CPO Meluncur, Zulhas Mau RI Jadi Harga Acuan Sawit Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya