Comscore Tracker

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisi

Minat coba?

Di tengah pandemi seperti ini banyak pengusaha yang kewalahan mengatur keuangannya. Omset turun drastis bahkan tak jarang yang akhirnya bangkrut. Namun, itu tidak terjadi dengan beberapa sektor usaha tertentu. Paling kentara tentu usaha kuliner dan ekspedisi. Namun, ternyata ada beberapa sektor lain yang tidak secara signifikan merasakan imbas pandemi. Kenapa bisa begitu? Simak ulasan berikut ini, yuk. 

1. Aquascape dan ikan hias 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan EkspedisiUnsplash/karl muscat

Kalau kamu amati sebenarnya usaha ini menggeliat tanpa masalah selama pandemi. Bisa dibilang orang justru makin menikmati hobi ini selama berada di rumah lebih lama. Tak sedikit penggemar baru yang bermunculan.  

Mulai dari membeli ikan hias sampai menghias akuarium dengan aquascape, para pengusaha di sektor ini pun sibuk melayani konsumen. Akuarium beserta isinya memang bisa jadi hiburan menarik selama di rumah. Bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa terhipnotis. 

2. Tanaman 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/plantisetjava

Selain bersepeda, berkebun juga jadi hobi yang sedang digandrungi orang. Banyak yang melirik usaha ini sebagai sektor yang menjanjikan selama pandemi. Orang yang awalnya hanya hobi pun kini mulai membudidayakan tanaman-tanaman mereka untuk dijual ke peminat baru. Gak cuma indah, kebun bisa pula menghasilkan pundi rupiah. 

3. Alat seni dan kerajinan

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/artwhale.ph

Buat menghabiskan waktu di rumah, banyak orang mulai melirik hobi-hobi baru yang dapat menambah skill. Misalnya saja melukis atau membuat kerajinan lainnya. Tak heran deh kalau toko alat seni tak pernah sepi dari pembeli. 

Bisa dibilang hal-hal yang berkaitan dengan hobi tidak terkena dampak signifikan. Penjualan mereka cukup stabil dari sebelum hingga selama pandemi. Sama dengan kasus akuarium, hobi kesenian ini sudah punya penggemar setia yang tentu bakal beli bahan atau alat secara berkala. Selain orang yang hobi, banyak juga konsumen dari kalangan pengusaha kecil yang mulai mengisi waktu dengan membangun usaha kerajinan dan membeli bahan seni di toko-toko ini. 

4. Stiker dan peralatan bullet journaling

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/softlystudio

Bisa dibilang ini salah satu pasar yang jarang dilirik orang. Apalagi buat yang kurang menggemari alat tulis dan kegiatan menulis jurnal. Namun, ternyata journaling punya komunitas sendiri yang sudah pasti akan jajan kebutuhan secara berkala. 

Tak disangka usaha menyediakan stiker dan perlengkapan bullet journaling lancar jaya selama pandemi ini. Paling tidak angka penjualannya cukup stabil, tidak turun drastis seperti sektor-sektor lainnya macam wisata dan konveksi misalnya. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Minuman Rumahan Ini Bisa Dicoba Saat di Rumah Aja

5. Masker kain 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/cotopaxi

Sebenarnya ini sektor usaha yang cukup mengikuti tren. Kebanyakan orang sekarang mencari alternatif masker medis yang mahal dan melirik masker kain. Pengusahanya pun tidak kehilangan ide. Dengan motif-motif menarik desain sendiri, masker-masker kain ini pun selalu habis dalam waktu singkat. 

Berkali-kali re-stock dan terus habis menandakan permintaan orang masih banyak. Belum tahu apakah pasca pandemi masker kain masih jadi ide usaha yang menguntungkan, tetapi sejauh ini permintaannya masih tinggi. Asal motifnya original bikinan sendiri atau bahan kainnya premium dan nyaman dipakai, sepertinya pembeli bakal antre. 

6. Game 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/boardvillain

Kalau sektor ini jelas belum terlihat bakal mati atau meredup dalam waktu singkat. Sudah jaya sebelum pandemi, selama pandemi pun game masih akan mendulang keuntungan komersial. Makin banyak orang tertarik mencoba hal baru yang bisa dilakukan di rumah atau dalam ruangan, dan jelas game jadi salah satu pilihan jitu untuk menghabiskan waktu. 

7. Tutor online 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/ejmellow

Seiring dengan diberlakukannya kebijakan sekolah online, makin banyak orang tua yang butuh bantuan tutor untuk membantu anak belajar. Platform belajar online masih akan jaya selama pandemi ini. Bisa dibantu pula dengan jasa tutor online privat untuk siswa yang butuh bantuan intensif. 

8. Servis sepeda 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/bromptonbicycle

Bersepeda dan jogging jadi olahraga yang banyak dilirik orang selama pandemi berlangsung. Alasannya bisa karena olahraga tersebut mudah dan dapat dilakukan di mana saja, termasuk daerah sekitar komplek rumah. Sama dengan hobi yang sudah dibahas sebelumnya, bersepeda sudah punya basis penggemar setia. Jadi, selama pandemi ini mereka tetap aman dan tentram. Apalagi kalau pengusahanya tak hanya berjualan sepeda, tetapi juga aksesoris dan menyediakan jasa servis serta modifikasi. 

9. Content creator 

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan Ekspedisiinstagram.com/theblissbean

Selama pandemi banyak proyek-proyek film yang terpaksa ditunda. Padahal permintaan akan konten hiburan tentu merangkak naik seiring lebih seringnya orang berada di rumah. Nah, di situlah celah content creator.

Membuat video yang menghibur dan inspiratif bisa dilakukan di mana saja dan tentunya bisa menghasilkan pundi rupiah jika terus ditekuni. Bahkan studio vlog dan film rumahan kini diminati. Begitu pula podcast yang hanya berbasis audio. Tergantung bagaimana kita mengemas cerita dengan kreatif dan menarik. 

Itu sejumlah sektor usaha yang menurut pengamatan aman selama pandemi. Kalau diperhatikan dengan seksama, kebanyakan berhubungan dengan hobi yang sudah punya basis penggemar setia. Ada pula yang memang melihat kebutuhan hingga beberapa bulan atau tahun mendatang. Tertarik mencoba peruntungan di ketujuh bidang tadi? 

Artikel ini disponsori oleh

9 Ide Usaha yang Aman Selama Pandemi selain Kuliner dan EkspedisiIndomie

Baca Juga: 6 Channel YouTube yang Membantumu Menemukan Ide Bisnis Kuliner

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya