Fakta-fakta Cuti Bersama Tak Potong Jatah Cuti Tahunan

Cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh.
Pekerja yang telah bekerja selama 12 bulan terus-menerus berhak memperoleh cuti tahunan minimal 12 hari kerja.
Pekerja tetap berhak menerima upah penuh saat menggunakan cuti tahunan sesuai ketentuan.
Jakarta, IDN Times - Pekerja atau buruh tidak perlu khawatir kehilangan jatah cuti tahunan ketika perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Sebab, hak cuti bersama tersebut kini ditegaskan tidak mengurangi jatah cuti tahunan pekerja.
Ketentuan itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan. Aturan tersebut memberikan kepastian mengenai hak istirahat dan cuti pekerja, termasuk kewajiban perusahaan dalam memenuhi hak tersebut.
Lantas, bagaimana aturan cuti bersama yang tidak memotong jatah cuti tahunan? Berikut penjelasannya.
1. Cuti bersama tidak mengurangi jatah cuti tahunan

ilustrasi cuti bersama Imlek 2025 (pexels.com/Matheus Bertelli) Ketentuan mengenai cuti bersama tertuang dalam Pasal 118 ayat (6) UU Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan. Pasal tersebut secara tegas menyatakan apabila perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh.
"Dalam hal perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja/buruh," demikian, dikutip IDN Times.
Dengan demikian, pekerja tetap memiliki hak cuti tahunan meskipun perusahaan menerapkan kebijakan cuti bersama sesuai ketetapan pemerintah.
2. Pekerja berhak mendapatkan cuti tahunan minimal 12 hari

ilustrasi cuti (pexels.com/ RDNE Stock Project) Selain mengatur cuti bersama, Pasal 118 ayat (5) UU Nomor 27 Tahun 2026 juga mengatur hak dasar pekerja atas cuti tahunan.
Dalam ketentuan tersebut, pemberi kerja wajib memberikan cuti tahunan paling sedikit 12 hari kerja kepada pekerja atau buruh setelah yang bersangkutan bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus. Artinya, pekerja yang telah memenuhi masa kerja tersebut berhak memperoleh jatah cuti tahunan minimal 12 hari kerja dalam satu tahun.
"Pelaksanaan cuti tahunan sebagaimana dimaksud pada ayat (5) diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama," bunyi Pasal 118 ayat (7).
3. Pekerja tetap mendapatkan upah penuh saat mengambil cuti

ilustrasi waktu cuti (unsplash.com/@towfiqu999999) Hak pekerja ketika mengambil cuti juga diperjelas melalui Pasal 123 ayat (1) UU Nomor 27 Tahun 2026. Pasal tersebut menyatakan setiap pekerja atau buruh yang menggunakan hak waktu istirahat mingguan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 118 ayat (2) huruf b dan cuti tahunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 118 ayat (5) berhak mendapatkan upah penuh.
Artinya, pekerja yang menggunakan hak cuti tahunannya tetap berhak menerima upah secara penuh. Perusahaan tidak boleh memotong upah pekerja hanya karena yang bersangkutan sedang menggunakan hak cutinya.























