Comscore Tracker

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya Kerja

Simak visinya di Indonesia Milleniall Summit 2020

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero), siapa yang tidak mengenal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang satu ini? Perusahaan ini bertugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Tugas perusahaan ini tidak mudah. Selain memberi profit untuk negara, Pertamina juga punya peran penting dalam menjaga ketahanan dan kedaulatan energi, khususnya Migas di Tanah Air.

Produk-produk yang dihasilkan Pertamina hampir seluruhnya digunakan masyarakat Indonesia. Sebut saja Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium hingga Pertamax Series. Ada juga produk Bright Gas dan LPG 3 kg yang dikhususkan untuk masyarakat miskin.

Terlepas dari itu, ada sosok Nicke Widyawati di balik peran Pertamina saat ini. Dia menjadi satu dari srikandi lainnya yang memimpin perusahaan BUMN.

Nicke akan menjadi pembicara di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Ia akan tampil di panggung “Visionary Leaders” by IDN Times, pada hari Jumat, 17 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

Siapa sebenarnya Nicke? Seperti apa sosoknya? IDN Times mengajak pembaca setia untuk mengenal lebih dekat dengan perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini.

1. Nicke jadi Dirut perempuan ke-2 di Pertamina dalam 50 tahun terakhir

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya KerjaDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (IDN Times/Helmi Shemi)

Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati mengakui tidak mudah menjadi perempuan yang memegang jabatan tertinggi sekelas Pertamina. Pasalnya, dalam 50 tahun terakhir, kursi tertinggi Pertamina selalu dijabat oleh laki-laki.

Nicke menjadi perempuan nomor dua yang menjadi dirut setelah Karen Agustina menjabat pada periode 2009-2014 lalu.

Sebelum menjadi Dirut definitif, Nicke merupakan Plt Dirut Pertamina mulai 20 April 2018 setelah dirut sebelumnya Elia Massa Manik diberhentikan pada awal 2018. Nicke diangkat melalui Surat Keputusan dengan Nomor SK 232/MBU/08/2018 Tanggal 29 Agustus 2018, oleh Menteri BUMN saat itu, Rini Soemarno.

"Iya itu tantangannya luar biasa," kata Nicke dalam wawancara program Suara Millennial by IDN Times di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, 6 Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Pertamina Dorong Transparansi Data  Lewat Sistem Digitalisasi

2. Nicke lulusan ITB dan UNPAD

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya KerjaDirut Pertamina, Nicke Widyawati (IDN Times/Aldila Muharma)

Dikutip dari situs Pertamina.com, Nicke merupakan lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1991. Ia berhasil menggondol gelar insinyur Teknik Industri pada usia 24 tahun.

Belasan tahun kemudian, Nicke melanjutkan studinya ke jenjang S2 Hukum Bisnis diUniversitas Padjadjaran, tahun 2009.

3. Pertamina bukan satu-satunya perusahaan pelat merah tempat Nicke Bertugas

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya Kerja(Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meninjau lokasi proyek pembangunan Kilang Pertamina GRR Tuban, Sabtu (30/11)) IDN Times/Imron

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, Nicke adalah sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina (2017).

Namun, Nicke bukanlah orang baru di BUMN. Dia pernah berkarier di PT PLN. Salah satu jabatan yang pernah dia duduki adalah Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN.

Bukan hanya itu, Nicke pernah dipercaya sebagai Direktur Utama PT Mega Eltra. Nicke juga pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind).

4. Nicke menyebut bekerja sebagai hobinya

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya KerjaDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (IDN Times/Helmi Shemi)

Dalam wawancara exclusivenya di Suara Millenial by IDN Times, Nicke mengaku hobinya  bekerja. Karena hobinya itu, waktu tidurnya hanya sebentar.

"Hobinya kerja. Hanya 4 jam (waktu tidur)," ucapnya.

Meski begitu, Nicke mengaku bisa tetap bugar dalam menjalani tugasnya karena kerap berolahraga. "Olahraganya paling kalau di rumah treadmill," tutur dia.

5. Nicke bakal jadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020

IMS 2020: Nicke Widyawati, Srikandi Pelat Merah yang Hobinya KerjaDirut Pertamina, Nicke Widyawati (IDN Times/Aldila Muharma)

Nicke akan berbicara di panggung Indonesia Millennial Summit 2020  yang digelar 17-18 Januari 2020.  IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Nicke Widyawati adalah salah satu pembicara kompeten.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 4.000. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di sosial media @idntimes

Baca Juga: Gurihnya Bisnis Petrokimia di RI Bikin Pertamina Kepincut

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya