Comscore Tracker

Perhatian! Bakal Ada Tes Antigen Acak di KRL Mulai Hari Ini

Tes antigen acak bakal digelar sepekan ke depan.

Jakarta, IDN Times - PT KAI Commuter akan menggelar tes antigen di KRL acak mulai Senin (21/6/2021) besok. Tes tersebut akan dilakukan selama 1 minggu di 6 stasiun dengan volume penumpang yang tertinggi.

Adapun tujuan tes acak ini adalah untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Menggila, Menhub Minta Ada Tes Acak di KRL Jabodetabek

1. Daftar stasiun yang bakal digelar tes antigen acak

Perhatian! Bakal Ada Tes Antigen Acak di KRL Mulai Hari IniSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Dikutip dari keterangan resmi KAI Commuter, Minggu (20/6/2021), tes acak akan digelar di Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang.

Memasuki pekan ketiga Juni, hingga 18 Juni 2021 KAI Commuter mencatat ada 7.943.859 orang atau 441.326 orang per hari yang memanfaatkan layanan KRL. Angka ini bertambah 18,5 persen dibanding jumlah pengguna hingga minggu ketiga Mei lalu yang mencapai 6.467.395 orang atau 359.300 orang per hari.

2. Lokasi tes antigen acak di 6 stasiun

Perhatian! Bakal Ada Tes Antigen Acak di KRL Mulai Hari IniAntrean warga di Stasiun KRL (Dok. Humas PT KCI)

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun.

Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL. Sedangkan, para pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke Satgas COVID-19 setempat.

Baca Juga: BPTJ Tes Acak Penumpang di Terminal, 22 Terindikasi Positif COVID-19

3. Jam operasional KRL

Perhatian! Bakal Ada Tes Antigen Acak di KRL Mulai Hari IniANTARA FOTO/Reno Esnir

KAI Commuter tetap mengoperasikan KRL Jabodetabek yang melayani 994 perjalanan KRL per hari mulai pukul 04.00-22.00 WIB. Anne mengimbau masyarakat untuk mengatur waktu perjalanannya dengan baik agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta, serta tidak memaksakan diri untuk naik ke kereta apabila sudah memenuhi kuota.

Baca Juga: Menhub Minta Tes COVID-19 pada Penumpang dari Sumatra Lebih Gencar

Topic:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya