Comscore Tracker

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! 

Definisi sakit tak berdarah yang sesungguhnya

Kena ghosting gebetan rasanya hampir sama nih kayak kena tipu. Sakit tapi gak berdarah. Makanya, IDN Times gak mau liat kamu tersakiti apalagi tertipu sama iklan website palsu yang berkedok BCA atau Halo BCA di laman pencarian.

Modus ini baru-baru saja terjadi. Pelaku berani pasang iklan di laman pencarian. Wah, parah banget! Sebagai nasabah yang cerdas kamu jangan sampai kena lengah ya. Coba simak ulasan dan solusinya yuk!

1. Iklan website palsu BCA muncul di laman pencarian

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! (Shutterstock/ae ssp)

Ketelitian wajib dimiliki semua orang di era digital seperti sekarang ini. Pasalnya, kalau gak teliti sedikit saja, bisa runyam urusannya. Termasuk teliti dalam mengecek website BCA yang resmi dan palsu.

Sekarang ini, jika kamu cek di laman pencarian pasti pernah menemukan website palsu menyerupai website resmi BCA. Kamu sebagai pengguna harus teliti terutama dalam mengecek keasliannya. Nah, untuk itu kamu harus menyimak artikel ini sampai habis biar kamu dapat mengenali ciri-cirinya dan menghindari tipu-tipu model gini. 

2. Kenali penipuan website BCA dan Halo BCA gadungan

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! (IDN Times/BCA)

Modus website gadungan ini sungguh memanfaatkan kelengahanmu. Modus yang terjadi biasanya saat kamu mencari kontak resmi BCA atau sekedar mengetik Halo BCA di laman pencarian, terkadang akan muncul iklan website palsu. 

Jika diperhatikan, sepintas memang iklan palsu tersebut serupa tapi tak sama. Biasanya pada website palsu, image yang digunakan oleh si pelaku menggunakan copy paste dari iklan resmi BCA atau mengambil dari website resmi BCA. Yang berbeda hanyalah link atau tautan yang ditampilkan. Website resmi BCA dan Halo BCA hanya satu yaitu https://www.bca.co.id. Selain itu, jangan percaya ya!

Website palsu tersebut ketika dibuka seakan-akan seperti website BCA tapi bentuknya janggal, tidak mencerminkan website perusahaan. Di website palsu tersebut, kamu akan diarahkan untuk menyebutkan atau mengisi nomor kartu ATM/debit, PIN, OTP dan data pribadi lainnya. Ini pasti penipu karena bank tidak pernah meminta data pribadi kamu.

3. Gak hanya website, ada juga iklan dengan nomor palsu Halo BCA!

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! IDN Times/BCA

Percaya atau tidak, modus iklan penipuan ini gak cuma dengan website palsu namun juga nomor palsu! Jika kamu mencari keyword ‘Halo BCA’ atau sejenisnya, kadang-kadang muncul iklan yang menunjukan nomor palsu mengatasnamakan Halo BCA. 

Kamu wajib tahu kalau nomor service Halo BCA hanya satu yaitu 1500888. Ingat ya, selain nomor tersebut, bisa dijamin itu nomor palsu dan tipu-tipu belaka. Nomor palsu Halo BCA biasanya menggunakan awalan 021 atau +62 (0211500888, +621500888 dll), atau bahkan nomor telepon provider biasa! 

4. Modus lain juga sering muncul nih, hati-hati!

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! IDN Times/BCA

Gak hanya website palsu, ada modus-modus lain juga yang harus kamu waspadai. Yang nggak kalah marak adalah penipuan lewat media sosial. 

Biasanya akun Twitter palsu Halo BCA tersebut mem-follow kamu terlebih dahulu. Lalu mengirim pesan lewat DM (direct message) dan menawarkan jasa layanan BCA. Ujung-ujungnya, mereka biasanya akan mengarahkan kamu untuk memberikan data-data pribadi kamu. 

Akun Twitter Halo BCA di @HaloBCA (ada centang biru). Akun palsu Twitter halo BCA biasanya tanpa centang biru atau penulisan “Halo BCA” yang salah seperti Hallo BCA, HelloBCA, dll.

Selain itu, ada lagi modus serupa WhatsApp palsu Halo BCA. Hati-hati kalau tiba-tiba kamu di WA oleh nomor yang mengatasnamakan Halo BCA. Nomor resmi WhatsApp Halo BCA adalah 08111500998, namanya Bank BCA dan ada centang hijau (verified). Waspada ya, WA palsu Halo BCA itu biasanya tanpa centang hijau atau nomornya berbeda. 

5. Anti kena tipu-tipu. Datamu rahasiamu!

Awas Kena Ghosting! Waspada Website Palsu BCA! (Shutterstock/Dean Drobot)

Di atas sudah dijelaskan ciri-ciri website/ akun / telpon penipuan berkedok BCA/Halo BCA, dan bagaimana mengenali channel Halo BCA yang asli. 

Nah, yang terpenting adalah bagaimana kamu dapat menjaga data pribadimu agar tidak diberikan kepada siapapun termasuk ke petugas bank, karena pihak bank tidak pernah meminta data pribadi seperti nomor kartu ATM, PIN, kode OTP, dll. 

Pokoknya jangan pernah kemakan bujuk rayu penipu baik itu iming-iming hadiah maupun ancaman blokir rekening kalau tidak memberikan data pribadi kamu. Ingat slogan #DatamuRahasiamu!

Kalau kamu masih ragu apakah itu resmi dari BCA atau penipuan, kamu bisa konfirmasi dengan menelepon nomor resmi Halo BCA yaitu 1500888. Kamu akan dibantu oleh pihak BCA, dan gak usah takut kena ghosting. Buat tahu info selengkapnya langsung klik di sini ya!

Semoga ulasan ini membantu kamu pelanggan setia BCA agar menjadi generasi anti modus dan terhindar dari ghosting penipu ya! (WEB)

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya