Comscore Tracker

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak Terkuras

#RamadanMasaKini Karena masih ada kehidupan setelah Lebaran

Walaupun menjelang Lebaran rata-rata gaji tiap orang naik hingga 2 kali lipat karena selain gaji, orang-orang juga akan mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Tapi pada kenyataannya, hal ini gak lantas membuat dompet menjadi tebal saat hari raya. Sebaliknya, banyaknya kebutuhan serta sikap yang lebih konsumtif di hari raya justru membuat saldo tabungan terkuras habis dan gak jarang justru berakhir dengan minus.

Nah, gak mau kan tiap hari raya kondisi keuanganmu gini-gini terus? Maka dari itu, kamu perlu bersikap lebih bijak dalam mengalokasikan anggaran belanja untuk Lebaran. Biar gak bingung, langsung aja simak tips di bawah.

1. Buat daftar hal-hal yang benar-benar kamu butuhkan

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak TerkurasUnsplash.com/Irina Tysiak

Menjelang lebaran nanti pasti bakal ada banyak promo menarik dan menggoda. Mulai dari flash sale, midnight sale, beli 1 gratis 1, semuanya menjadi ujian yang berat menjelang Lebaran. Tapi tahan, walaupun nampaknya itu semua adalah barang-barang sale yang murah meriah, nyatanya banyak orang yang budget lebarannya habis karena membeli barang-barang sale yang sebenarnya gak terlalu dibutuhkan.

Jadi, buatlah list berisi barang-barang apa saja yang kamu butuhkan dan berbelanja lah sesuai dengan apa yang ada di list kamu.

2. Anggarkan biaya zakat sejak jauh-jauh hari

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak TerkurasNbcnews.com

Berhubung zakat adalah amalan yang wajib dilaksanakan setiap muslim sebelum Lebaran. Pastikan kamu sudah mempersiapkan dana untuk membayar zakat sebelum mengalokasikan uangmu untuk membeli hal yang lain. Hitung dengan baik berapa total zakat yang harus kamu bayarkan kemudian segera sisihkan uang yang kamu perlukan untuk membayar zakat.

3. Simulasikan biaya mudik dengan baik

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak Terkuraszmescience.com

Karena sudah menjadi tradisi, rasanya mudik di kala Lebaran jadi sebuah keharusan. Tapi faktanya, kegiatan mudik ini bikin pengeluaran berlipat ganda. Biar pengeluaran gak membengkak, optimalkan biaya yang harus kamu keluarkan untuk kegiatan yang satu ini. Mulai dari transportasi, oleh-oleh, pengeluaran saat di kampung halaman, dan sebagainya. Simulasikan juga berapa biaya yang harus kamu keluarkan jika mudik menggunakan bus, kereta api, pesawat, atau kapal.

Kamu juga perlu rajin-rajin mencari tiket promo untuk mendapatkan tiket dengan harga terbaik. Selain itu, pertimbangkan pula ikut dalam acara mudik gratis untuk menekan pengeluaranmu.

Baca Juga: Pengeluaran Membengkak saat Bulan Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini

4. Optimalkan biaya untuk santapan Lebaran

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak TerkurasRumahmesin.com

Untuk keperluan hidangan saat Lebaran baik itu makanan ringan maupun makan berat biasanya memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sekarang coba berkaca pada tahun sebelumnya. Apakah biasanya ada makanan yang tersisa dan akhirnya terbuang ataukah makanan yang kadaluarsa sebelum sempat kamu habiskan.

Kalau sudah begitu, tandanya kamu wajib mengurangi jumlah hidangan untuk Lebaran tahun ini. Akan lebih baik lagi jika kamu mau memasak sendiri semua atau sebagian hidangan Lebaran, karena dengan memasak sendiri pastinya kamu bisa menekan pengeluaranmu.

5. Persiapkan dana darurat

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak TerkurasUnsplash/Sharon McCutcheon

Dalam situasi apapun, pastikan kamu memiliki dana darurat dalam bentuk uang tunai. Dana darurat sangatlah penting jika suatu saat kamu dihadapkan pada situasi sulit seperti ban bocor ketika dalam perjalanan mudik, berada di kawasan yang tidak terdapat mesin ATM di sana, serta berjaga-jaga apabila ada anggota keluarga yang sakit. Maka dari itu, jangan habiskan seluruh uangmu. Selalu sisakan sebagian untuk dana darurat berupa uang tunai.

6. Pisahkan dana yang akan kamu pakai untuk masing-masing kebutuhan

6 Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran, Biar Isi Dompet Gak TerkurasUnsplash.com/Katie Harp Pinterest Marketing

Supaya kamu gak menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya gak terlalu penting dan akhirnya membuat kamu menyesal. Cobalah membuat daftar skala prioritas serta anggaran yang diperlukan untuk masing-masing poin. Misalkan untuk membayar zakat, mudik, baju Lebaran, hidangan, hingga THR untuk keponakan. Lalu pisahkan dana untuk masing-masing kebutuhan.

Euforia dan kebahagiaan yang dirasakan selama Lebaran memang kadang bikin kamu gak sadar telah menghamburkan banyak uang untuk hal-hal yang gak penting. Maka dari itu, kamu perlu lebih bijak dalam menggunakan uang supaya tabunganmu gak habis terkuras setelah Lebaran.

Baca Juga: Penting, Ini 6 Prioritas Keuangan bagi Pasangan Muda yang Baru Menikah

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You