Comscore Tracker

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!

#IDNTimesBusiness Ikuti tipsnya, supaya kamu gak jadi beban!

Malu gak, sih kalau umur udah gak lagi muda, tapi mau ngapa-ngapain masih saja minta pada orangtua? Bukannya bisa membantu dan meringankan beban keluarga, malah kamunya jadi beban itu sendiri.

Nah, supaya kamu gak jadi beban keluarga, baik saat ini maupun hingga beranjak tua nanti, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Simak!

1. Membuat anggaran supaya gaji gak habis hanya untuk jajan

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!ilustrasi uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kalau kata orangtua, uang itu kayak air. Cepat banget habisnya. Maka dari itu, perlu pengelolaan yang baik, supaya uang gajianmu gak cuma habis untuk jajan, atau malah habisnya gak ketahuan. Saat tengah bulan, terkejut sendiri, kok saldo rekening cuma tinggal remah-remahnya doang.

Dengan membuat anggaran, kamu gak akan jadi beban. Karena antara pengeluaran dan pemasukan sudah diatur dengan tepat. Misalnya saja 50 persen untuk kebutuhan hidup termasuk sedekah dan zakat, kemudian 30 persen untuk dana darurat, tabungan, dan investasi. Sisanya, 20 persen bisa buat kamu having fun, misalnya buat jalan-jalan atau kongkow cantik bareng teman di kafe kekinian.

Dengan pengaturan keuangan yang terencana, kamu bisa hidup nyaman, tapi tetap memperhatikan persiapan masa depan.

2. Hindari jadikan paylater sebagai kebiasaan

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!ilustrasi online shop (pexels.com/cottonbro)

Saat ini sudah banyak platform belanja online maupun uang digital, yang menawarkan opsi paylater. Beli dulu, bayar kemudian. Ini memang membantu buat kamu yang lagi butuh beli sesuatu, tapi belum gajian, misalnya.

Namun, jangan jadikan ini kebiasaan. Karena bisa menghalangi tercapainya tujuan keuangan kamu. Usahakan selalu disiplin menerapkan anggaran yang sebelumnya kamu sudah buat. Kalau ingin beli barang yang mahal tapi uangnya belum cukup, berarti kamu harus menabung lebih lama lagi. Itu akan lebih baik, daripada rencana keuangan kamu jadi kacau.

Khawatirnya, ketika nanti kamu butuh dana darurat, yang harusnya ada, jika kamu patuh dengan anggaran bulanan yang sudah kamu buat, tapi nyatanya gak terkumpul-kumpul. Akhirnya harus merepotkan sana-sini. Beban, kan ujungnya?

Baca Juga: Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran 

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!ilustrasi tas wanita (pexels.com/Godisable Jacob)

Yang sering membuat orang terjebak besar pasak daripada tiang, adalah karena mendahulukan keinginan, bukan kebutuhan. Misalnya, kamu sedang butuh tas baru karena yang lama sudah rusak. Kalau berorientasi pada kebutuhan, kamu bakal memilih tas yang berkualitas bagus, tapi harganya gak mahal-mahal banget. Dan banyak, kok, perusahaan lokal yang menyediakan tas bagus, tapi dengan harga bersahabat.

Tapi kalau menuruti keinginan, penginnya tas yang branded. Kan lumayan, bisa menaikkan gengsi. Godaan opsi terakhir inilah yang kemudian menjebak banyak orang, tercekik cicilan besar, akibat lebih memilih barang mahal tapi kredit, dibanding barang yang lebih murah, tapi dibayar tunai.

4. Tingkatkan penghasilan

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!ilustrasi uang (unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Hidup hemat memang perlu. Tapi hemat saja, gak akan membuat kondisi keuanganmu aman. Karena bertambahnya tahun, nilai uang akan turun seiring peningkatan inflasi. Meskipun gajimu sudah naik, tapi tak mengimbangi dengan kenaikan biaya kebutuhan.

Jalan yang perlu kamu ambil supaya bisa mencapai kemandirian finansial, sehingga gak jadi beban keluarga, adalah dengan meningkatkan penghasilan. Termasuk mempersiapkan dari sekarang pendapatan pasif. Jadi, kalau terjadi hal buruk yang membuatmu gak bisa lagi kerja, uang tetap mengalir.

5. Memelihara kesehatan

5 Kiat agar Kamu Gak Jadi Beban Keluarga, Sekarang dan Selamanya!ilustrasi kursi roda (pexels.com/Marcus Aurelius)

Hal yang sering jadi beban keluarga, gak cuma urusan keuangan saja. Tapi juga kesehatan. Bila kesehatan tak dijaga sejak sekarang, maka peluang menua dalam kondisi sakit-sakitan menjadi besar. Meski punya uang banyak, tetap saja membebani keluarga. Karena harus bolak-balik menemani ke rumah sakit.

Tentunya, kamu pengin, dong punya masa tua yang sehat dan tetap fit? Bisa terus lincah bermain dengan anak cucumu nanti? Karena itu, yuk persiapkan dari sekarang dengan berusaha menjaga pola hidup sehat.

Dengan melakukan kiat di atas sejak sekarang. Hidupmu bisa mandiri dan tak jadi beban orang lain, terutama keluarga. Mau?

Baca Juga: 5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya