Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!

Rasanya dijamin nagih mengenyangkan #LokalIDN

Kuliner khas Sumatera Selatan memang menjadi salah satu hal daya tarik untuk dicicipi. Karena akulturasi budaya di daerah ini sangat kuat, sehingga melahirkan banyak ragam kuliner yang lezat pula untuk dinikmati.

Gak cuma pempek, beberapa kuliner khas Sumatera Selatan di bawah ini juga gak kalah mantap, lho!

1. Laksan

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!instagram.com/guniezzt

Laksan sekilas mirip gulai karena disajikan dengan kuah santan yang melimpah. Sebenarnya sajian laksan dibuat dengan bahan dasar seperti pembuatan pempek, yakni menggunakan daging ikan giling dengan campuran tepung sagu dan disajikan dengan menggunakan kuah santan yang sudah diracik bumbu rempah.

Cita rasa laksan yang gurih, cocok untuk disajikan sebagai sajian yang nikmat dan spesial.

2. Tekwan

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!instagram.com/yellyindy

Tekwan adalah sajian sup berasal dari Palembang yang mirip bakso ikan. Tekwan dibuat dari ikan giling dengan campuran tepung sagu yang kemudian dibentuk bulatan seperti bakso.

Sajian kuah tekwan terbuat dari kuah udang yang dimasak bersama bumbu sehingga memiliki rasa yang gurih. Selain itu tekwan juga biasa disajikan bersama pelengkap seperti sohun, jamur kuping, serta irisan bengkoang. Gak heran kalau tekwan banyak diminati karena punya sensasi rasa yang menghangatkan.

Baca Juga: Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek Ini

3. Pempek

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!instagram.com/ancilladhian

Mendengar kata “pempek” memang identik dengan kuliner khas Palembang. Pempek terbuat dari daging ikan yang giling dengan campuran tepung kanji, telur, bawang putih halus, penyedap rasa, dan garam.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, pedas serta potongan mentimun. Bahkan kini pempek banyak dikreasikan jadi kreasi yang gak kalah enak.

4. Burgo

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!instagram.com/nadiavaniahermi

Burgo adalah makanan khas Sumatera Selatan terbuat dari campuran tepung beras dan tapioka disajikan dengan kuah gurih santan yang kental. Pelengkap sajian burgo adalah suwiran daging ikan dengan sambal dan sedikit perasan air jeruk nipis. Biasanya burgo disantap untuk menu sarapan oleh masyarakat Sumatera Selatan. 

5. Mie celor

5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!instagram.com/jktfoodead

Mie celor adalah sajian berkuah dengan bahan dasar mie dan udang, sehingga sajian ini punya cita rasa seafood yang gurih berkat perpaduan kuah udang dan santan yang kental. Sajian mie celor terbilang cukup unik, karena sesaat sebelum disajikan mie disiram dengan kuah berbumbu yang telah dimasak sebelumnya dengan bahan lain.

Untuk menambah cita rasa, mie celor disajikan bersama pelengkap seperti tauge, telur rebus, daun seledri, jeruk nipis, dan taburan bawang goreng. Jadi penasaran ingin mencicipi, kan?

Nah, dari kelima kuliner khas Sumatera Selatan di atas. Kamu ingin mencicipi yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Trivia Sate Lokan, Kuliner Khas Pesisir Selatan di Sumatera Barat 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya