Comscore Tracker

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan Lidah

Gak hanya menu utama, tapi ada juga camilan #LokalIDN

Minahasa merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Utara yang terkenal menawarkan  berbagai macam destinasi wisata sekaligus sajian kuliner dengan cita rasa otentik.

Sensasi kelezatannya tidak hanya cocok di lidah warga lokal saja, melainkan juga para wisatawan yang berkesempatan buat berkunjung ke sana. Berikut, daftar kuliner khas Minahasa yang amat sayang untuk dilewatkan.

1. Cakalang fufu

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahCakalang fufu (instagram/brian_etho)

Kata fufu sendiri berarti asap dalam bahasa setempat. Yup, kuliner ini adalah terdiri dari ikan cakalang yang diasapkan. Nah, sebelum dilakukan pengasapan, terlebih dahulu ikan cakalang dibersihkan dari sisik dan jeroan. Selanjutnya ikan dijepit menggunakan bambu dan dilakukan proses pengasapan sampai teksturnya mengeras.

Setelah melalui proses pengasapan, biasanya ikan diolah kembali dengan bumbu khas. Selain dimasak, ikan cakalang juga bisa dinikmati langsung atau bahkan oleh-oleh selepas pulang dari Minahasa.

2. Nasi jaha

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahNasi jaha (instagram.com/ternatekuliner)

Nasi jaha merupakan kuliner tradisional yang identik disuguhkan pada upacara tradisional hingga perayaan hari besar keagamaan. 

Nasi jaha terbuat dari beras ketan yang diberi santan dan bumbu rempah, kemudian dimasak menggunakan bambu yang telah dilapisi daun pisang hingga matang.

Rasanya yang gurih rempah, membuat asi jaha biasanya dimakan bersama aneka lauk abon, gulai, hingga kari. Jangan sampai melewatkan ketika singgah ke Minahasa, ya!

3. Sambal roa

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahSambal roa (instagram.com/lambekuliner)

Bisa dibilang masyarakat Minahasa merupakan pencinta makanan pedas karena banyak olahan masakan bercita rasa pedas, salah satu di antaranya ada sambal roa.

Sambal roa terdiri dari ikan roa yang telah diasapkan sampai kering lalu disuwir-suwir, setelah itu diolah dengan berbagai macam bumbu hingga matang meresap. Menawarkan cita rasa pedas gurih, sambal roa biasanya disandingkan dengan tinutan ataupun nasi hangat.

Nah, buat kamu yang tertarik pengin mencicipi, tenang saja karena kini sambal sambal roa banyak dikemas dalam kemasan tahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berada di Minahasa.

4. Tinutuan

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahTinutuan (instagram.com/makanbiarsenang)

Tinutuan berasal dari kata tuutu yang berarti nasi atau bubur. Ya, berbeda dengan sajian bubur pada umumnya, tinutuan sendiri terbuat dari beras, ubi, labu kuning, daun kemangi, bayam, jagung manis, dan kangkung.

Perpaduan antara cita rasa otentik serta porsinya yang tidak berlebihan, membuat tinutuan sangat pas untuk dijadikan sebagai menu sarapan kaya gizi.

5. Tinoransak

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahTinoransak (instagram.com/warisanpapiboy)

Tinoransak menjadi salah satu sajian yang identik disuguhkan pada upacara adat masyarakat Minahasa. Makasan ini berbahan dasar daging yang diolah bersama campuran bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa pedas.

Biasanya tinoransak menggunakan daging babi. Namun kini banyak dikreasikan juga dengan daging ayam, sapi, hingga ikan agar semua lapisan masyarakat bisa menikmatinya bareng pendamping nasi jaha.

Baca Juga: 5 Fakta Saguer, Arak khas Minahasa Bercita Rasa Manis dan Asam

6. Woku belanga

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahWoku belanga (instagram.com/homemadebygrace)

Masakan bercita rasa pedas lainnya khas Minahasa adalah woku belanga; berbahan utama ikan woku yang dimasak menggunakan belanga dengan ragam bumbu rempah.

Kuliner satu ini memiliki cita rasa pedas otentik yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat Minahasa. Untuk kamu yang penasaran juga, woku belanga mudah dijumpai di berbagai warung makan tradisional atau restoran di daerah setempat.

7. Dabu-dabu

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahDabu-dabu (instagram.com/kuponpergikuliner)

Masih seputar kuliner bercita rasa pedas, dabu-dabu juga menjadi salah satu kuliner yang amat sayang jika kamu melewatkannya saat berwisata kulineran di Minahasa.

Dabu-dabu sendiri merupakan sambal mentah yang terdiri dari irisan cabai, tomat, bawang merah, gula, dan garam yang diberi siraman minyak panas serta kucuran air jeruk nipis.

Memadukan cita rasa pedas asam menyegarkan, dabu-dabu identik dihidangkan bersama ikan bakar.

8. Ayam tuturuga

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahAyam tuturuga (instagram.com/prisilliagalery)

Sekilas, ayam tuturuga mirip seperti opor ayam dengan ciri khas kuah berwarna kekuningan. Dari segi tampilan memang mirip, tapi kalau ngomongin soal cita rasa tentu ayam tuturuga memiliki sensasi rempah kuat khas Minahasa dengan dipadu kuah kental.

Rasanya yang sedap berempah, membuat ayam tuturuga nikmat pula disandingkan bareng nasi hangat.

9. Gohu pepaya

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahGohu pepaya (instagram.com/camu2lekker)

Tidak melulu pedas, ada juga kok sajian khas Minahasa bercita rasa manis yaitu gohu pepaya.

Sekilas mirip asinan, kuliner ini terdiri dari irisan buah pepaya yang telah didinginkan bersama irisan bawang merah. Lalu disajikan bersama kuah dari perpaduan jahe, cuka, cabai, dan gula aren.

Punya rasa pedas manis menyegarkan, gohu pepaya cocok dinikmati saat panas terik melanda.

10. Pisang goreng goroho

10 Kuliner Khas Minahasa yang Wajib Kamu Coba, Nikmat Memanjakan LidahPisang goreng groho (instagram.com/zataligouw)

Kalau makanan satu ini merupakan kuliner berupa camilan yang diberi nama pisang goreng goroho. Dibuat menggunakan pisang mentah yang membuatnya berbeda dengan pisang goreng pada umumnya.

Cara menikmati penganan ini pun tebilang unik, yakni dikudap bersama cocolan sambal roa. Duh, gak kebayang kan kira-kira seperti apa rasanya?

Ada beragam banget kuliner khas Minahasa ini, baik berupa kudapan hingga menu utama semuanya lebih didominasi bercita rasa pedas. Wajib cobain ya!

Baca Juga: 10 Makanan Berkuah Khas Pulau Sulawesi Paling Lezat, Awas Kalap!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya