Comscore Tracker

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!

Meski olahan sayur, rasanya enak semua

Siapa nih yang gak doyan sayur? Wah, kamu rugi banget kalau sampai menolak makan sayur! Gak cuma kaya gizi, tapi di beberapa negara, sayur diolah dengan banyak rempah dan punya rasa yang enak banget. Seperti 5 olahan sayur dari berbagai negara dan terpopuler berikut. Ada olahan tempe juga, lho!

Apa saja ya kira-kira?

1. Japchae

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!japchae (instagram.com/shokudo_)

Japchae adalah hidangan dari Korea Selatan yang dibuat dari mi bihun dan tambahan aneka sayuran. Hidangan ini biasanya disajikan bareng daging sapi tapi secara terpisah.

Awalnya, japchae ditemukan oleh pelayan Raja Gwangaegun sebagai salah satu hidangan perayaan. Nah, japchae banyak dibilang sebagai makanan paket lengkap karena terdiri dari 5 warna yaitu hijau dari bayam, merah dari wortel, hitam dari jamur, putih dan kuning dari telur mata sapi. 

2. Ratatouille

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!ratatouille (instagram.com/anny.cooking)

Pernah nonton kartun soal tikus yang pintar masak? Kamu pasti ingat ada satu masakan yang bikin ngiler, apalagi kalau bukan ratatouille!

Ya, ratatouille termasuk olahan sayur yang terkenal di dunia dan berasal dari Prancis. Bahannya sih 100% sayuran yaitu cukini, terong, paprika hijau dan merah, tomat, bawang putih, bawang merah, dan peterseli. Biar makin enak, diberi bumbu seperti garam, merica, dan minyak zaitun.

Biasanya sih orang Prancis asli akan menikmatinya bersama roti bawang putih, lengkap dengan daging panggang. Yummy!

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Bok Choy, Sayuran Segar yang Lezat

3. Parmigiana

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!parmigiana (instagram.com/peperoni_e_patate)

Pernah dengar parmigiana? Itu lho, makanan yang banyak ditemukan di Italia Selatan. Parmigiana adalah sejenis casserole dari sayuran parut dan irisan terong goreng. Makin enak karena ada saus tomat dan basil. 

Menariknya, parmigiana ini gak cuma pakai satu jenis keju, mulai dari mozzarella, pecorino, siciliano, dan lain-lain. Bahkan kini ada beberapa resep parmigiana yang menambahkan ayam. Penasaran coba? Gak susah kok menemukan menu ini di restoran khas Italia yang buka di Indonesia, rasanya gak jauh beda!

4. Tempe

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!tempe (instagram.com/hungry_jess)

Nah, ini dia olahan sayur asal Indonesia yang terkenal. Tempe! Bisa diolah jadi beragam makanan enak, tempe yang merupakan vermentasi kedelai itu awalnya diperkenalkan oleh imigran China ke Jawa pada abad ke-17.

Nah, meskipun hanya dari fermentasi kedelai, penelitian menyebutkan bahwa proteinnya hampir sama besar dengan daging. Bahkan kini banyak kreasi tempe, termasuk dibuat kue. Cocok banget deh untuk kamu yang ingin mulai jadi vegan, tapi tetap makan enak.

5. Chana Masala

5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!chana masala (instagram.com/leukerecepten_nl)

Mana nih yang ngaku pecinta Bollywood? Pasti sudah gak asing lagi dengan chana masala.

Chana masala adalah hidangan yang terbuat dari buncis yang direbus debgan aneka rempah dan bisa disajikan dengan nasi atau roti naan khas India. Saking terkenalnya chana masala ini, ada juga yang dibuat versi Pakistan yang disebut aloo chole yang merupakan campuran buncis dan kentang.

Dan di India, chana masala ini banyak disajikan saat upacara keagamaan sampai perayaan pernikahan. 

Itu dia 5 olahan sayur yang terpopuler di dunia. Bisa kamu jadikan referensi nih jika sedang bosan makan sayur yang itu-itu saja.

Baca Juga: 5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya