Comscore Tracker

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!

Jangan nyetok banyak-banyak!

Ketika sedang menjalani program diet, mau tidak mau kamu harus bisa mengontrol pola makanmu. Terutama yang berhubungan dengan snack atau makanan ringan. Nyatanya beberapa snack malah mengandung lebih banyak kalori dari makanan berat seperti nasi atau semacamnya.

Makanan ringan juga berpotensi dapat membuat berat badanmu bertambah. Oleh karena itu, berikut ini ada 6 macam snack yang harusnya kamu hindari saat diet. 

1. Keripik kentang

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!pixabay.com/didgeman

Ada banyak alasan mengapa keripik kentang harus kamu hindari saat sedang diet. Salah satunya yaitu karena snack satu ini sangat adiktif. Tidak cukup untuk memakan hanya satu bungkus saja. Terlebih lagi studi dari Harvard menyatakan bahwa mereka yang sering mengonsumsi keripik kentang, berat badannya selalu bertambah setiap tahunnya.

Maka dari itu, kamu harus segera menjauhi snack lezat yang satu ini saat menjalani program diet.

2. Cokelat

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!pixabay.com/alexanderstein

Segala macam makanan berbahan dasar cokelat memang terasa lezat. Rasa manis dari cokelat juga selalu bikin ketagihan. Namun di balik manisnya cokelat, snack satu ini ternyata menjadi salah satu penyebab terbesar orang mengalami kenaikan berat badan, bahkan sampai obesitas. 

Mengonsumsi cokelat memang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, namun itu jika tidak berlebihan. Salah satu jenis cokelat yang harus kamu hindari adalah cokelat yang mengandung susu karena snack ini tinggi kalori dan gula.

3. Sereal

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!pixabay.com/ponce_photography

Nyatanya sarapan dengan sereal tidak lebih baik dari nasi. Hal ini karena banyak sereal yang mengandung gula. Tentu gula berperan besar dalam kenaikan berat badanmu.

Saat diet, lebih baik untuk sarapan dengan oatmeal yang bebas gula daripada sereal. Apalagi jika mengonsumsi sereal dengan susu kental manis, sudah dipastikan gula dari keduanya sangat tinggi. Terlebih lagi sereal membuatmu lebih cepat lapar ketika jam makan siang.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!

4. Pretzel

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!pixabay.com/couleur

Pretzel merupakan makanan ringan yang berasal dari Eropa. Sama seperti keripik kentang, snack ini memiliki kandungan garam yang bikin kamu cepat merasa haus. Makanan asin sendiri memang terbukti bikin berat badan naik. Menurut Journal of Nutrition, garam sendiri dapat membuat membuatmu merasa lapar padahal sebenarnya kamu sudah kenyang. Sehingga pada akhirnya kamu akan makan terus-terusan dan membuat berat badan bertambah.

5. Buah kalengan

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!bbc.uk

Mengunsumsi buah kalengan memang terasa praktis. Terlebih jika kamu tipe orang yang malas mengupas buah. Namun, siapa sangka ternyata buah kalengan mengandung gula yang sangat tinggi? Kamu tentu sudah tahu bahwa gula bukan teman yang ideal di kala diet. Lebih baik untuk mengonsumsi buah asli yang lebih sehat dan tentunya menyegarkan daripada buah kalengan.

6. Granola bar

6 Snack Ini Ternyata Bikin Berat Badan Naik, Hindari Saat Diet!pixabay.com/wikimediaimages

Banyak orang memilih untuk mengonsumsi granola bar saat diet. Padahal snack ini juga berpotensi untuk membuat berat badanmu naik. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dan cokelat yang terdapat dalam snack ini.

Meski beberapa memiliki embel-embel mengandung protein dan serat, ketahuilah bahwa granola bar kemasan bisa membahayakan kesehatan tubuhmu.

Nah, itulah 6 jenis snack yang harus kamu hindari ketika sedang diet. Jangan sampai nyetok banyak-banyak ya.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya