Comscore Tracker

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukses

#MasakItuGampang Kamu sudah tahu?

Dalam pola diet yang dilakukan kebanyakan orang, hal yang paling dijaga yaitu asupan makanan yang dimasukkan ke tubuh. Oleh sebab itu, jika kamu sedang melakukan pola diet, kamu harus tahu setiap kandungan gizi yang ada dalam makananmu.

Karbohidrat merupakan salah satu bagian penting dari program dietmu, sebab selain memberi energi untuk tubu. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang juga berperan penting untuk otak.

Karbohidrat yang baik ialah yang mengandung serat dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh namun ada beberapa karbohidrat yang pada dasarnya hanya mengandung gula dan karbon. Dan biasanya kamu tidak menyadari lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung "karbohidrat jahat" tersebut.

Tentu saja hal ini akan berakibat fatal untuk program dietmu. Agar dietmu berhasil, kali ini IDN Times akan membahas 12 jenis makanan sumber karbohidrat yang harus kamu kenali.

1. Kue Beras

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksestourdulichhanquoc.org

Jika kamu terpikir untuk makan kue beras sebagai “makanan diet” mulai sekarang lupankanlah. Sebab kue beras hanyalah mengandung kalori kosong yang tidak bermanfaat untuk tubuhmu.

Kue beras sendiri mengandung sekitar 17 karbohidrat per kue, bayangkan berapa potong yang biasa kamu makan? Hal itu cukup untuk menggagalkan program dietmu.

2. Nasi Putih

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksesyo-africa.com

Sudah banyak yang tahu bahwa nasi putih tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, terlebih buat kamu yang sedang melakukan program diet. Dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena nasi putih berasal dari biji beras yang mengalami pengolahan sehingga bagian inti dan kulitnya hilang. Dimana pada bagian tersebutlah yang mengandung serat dan zat gizi penting lainnya.

Dalam seperempat cangkir porsi nasi putih ada sekitar 36 gram karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

3. Sereal

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksescheatsheet.com

Bahkan dalam sereal sehat dan granola yang biasa kamu makan di pagi hari, mengandung kadar gula yang tinggi, lho. Oleh karena itu, kamu harus teliti dalam memilih sereal yang akan kamu konsumsi setiap harinya. Dalam porsi tiga perempat cangkir sereal yang kamu makan, mengandung sekitar 22 gram karbohidrat.

4. Roti Putih

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukseseatthis.com

Jika kamu mengira bahwa lebih aman makan roti putih ketimbang nasi, kamu selama ini salah. Kedua makanan ini mengandung karbohidrat yang sama tingginya. Dalam roti putih terdapat sekitar 31 gram karbohidrat per iris nya dan biasanya kamu tidak memakan satu iris roti saja sehingga bisa dibayangkan berapa total karbohidrat yang masuk dalam tubuhmu saat makan roti putih ini. 

5. Keripik Kentang

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksesistockphoto.com/

Makanan cemilan yang satu emang paling banyak disukai, terlebih saat suasana dan kondisi yang mendukung disore hari, sedang duduk-duduk sambil nonton di depan televisi adalah saat yang tepat mengunyah beberapa keripik kentang ini. Namun, tahukah kamu bahwa dalam keripik kentang tersebut mengandung kalori yang tinggi? Sebab, dalam 15 buah keripik kentang mengandung 15 gram karbohidrat. Hayo, mulai sekarang ganti cemilanmu, ya! 

6. Muffins

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksesgeniuskitchen.com

Meskipun kue yang satu ini terlihat sehat (karena biasanya ada gandum dan buah berry diatasnya), tapi sayangnya tidak begitu. Kenyataannya, beberapa muffin kebanyakan seperti cupcakes tanpa frosting (lapisan atas kue). Dan perlu kamu ketahui bahwa dalam satu muffin kecil yang biasa kamu beli mengandung 46 gram karbohidrat.

Jadi, jika kamu memang ingin makan muffins, akan lebih baik jika kamu mencoba membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat sesuai seleramu.   

7. Pasta Putih

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukseslilluna.com

Mengapa pasta putih juga salah satu makanan yang harus kamu hindari? Sudah pasti jawabannya adalah karena di dalam pasta putih lebih banyak mengandung karbohidrat hampir sekitar 43 gram per cangkir bila dimasak. Jika kamu beralih ke pasta gandum utuh itu hanya lebih rendah dari pasta putih yaitu sekitar 37 gram karbohidrat (sama-sama tinggi karbohidrat).

Jika kamu memang ingin makan pasta, kamu bisa mencoba pasta biji-bijian yang tidak putih atau spaghetti labu. 

8. Tortilla Wraps

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Suksesvibrantplate.com

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam satu bungkus tortilla ini mengandung 35 gram karbohidrat. Hal ini disebabkan karena bahan yang membungkusnya terbuat dari tepung dan terhidrogenasi oleh minyak saat dimasak. Akan lebih baik jika kamu mengganti bahan untuk "pembungkus"nya dengan campuran bahan-bahan yang lebih sehat seperti sayuran hijau yang bebas kalori dan "mengisinya" dengan makanan yang bernutrisi.

9. Roti Bagel

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet SuksesiStock.com

Mungkin roti ini terlihat seperti donat, kan? Namun, ini jelas bukan donat. Disebut roti bagel (dibaca: beigel). Roti ini merupakan salah satu jenis roti yang berbentuk seperti cincin seukuran telapak tangan, dibuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum akhirnya dipanggang. Bagian dalamnya memiliki tekstur yang padat dan kenyal dengan bagian luar yang berwarna coklat muda, keras dan garing. 

Meskipun dalam pengolahannya roti bagel tampak sehat karena dipanggang dan bukan di goreng seperti donat, bukan berarti bagel lebih sehat. Dalam satu roti bagel mengandung 66 gram karbohidrat (hampir setara dengan tiga donut). Oleh karena itu, tidak dianjurkan kamu mengkonsumsi roti ini terlalu sering.

10. Juice

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukseseatingwell.com

Pasti kamu bertanya, mengapa jus mengandung karbohidrat yang lebih tinggi? Karena hampir disemua jus yang kamu konsumsi terdapat pemanis buatan. Meskipun kamu mengolah jus sendiri tanpa tambahan gula, jus tetap memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini dikarenakan, olahan jus yang kamu minum langsung masuk ke dalam sistem pencernaan dan diserap langsung oleh tubuh lebih cepat. Sehingga membuat gula darah sangat cepat naik dan berubah.

Berbeda jika kamu mengkonsumsi buahnya, kamu harus mengunyah terlebih dulu potongan buahnya, dengan mengunyah buah tersebut, maka zat-zat gizi, termasuk gula yang terkandung di dalam buah akan dicerna dan diproses dahulu secara bertahap sebelum penyerapan di usus kecil. Sehingga membuat gula lebih lama diserap dan tidak mudah berubah menjadi gula darah.

11. Yogurt Rasa

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukseshttps://ostelin.com.au

Yogurt memang baik untuk tubuhmu jika dan hanya jika yogurt tersebut bebas dari pemanis buatan. Yogurt tawar sendiri mengandung gula dan karbohidrat alami yang baik untuk tubuh. Berbeda halnya jika yogurt tersebut mengandung varian rasa dapat dipastikan kandungan yogurt tersebut pun telah berubah. Yogurt dengan varian rasa tertentu bisa mengandung 45 gram karbohidrat dengan sedikit zat gizi lainnya.

12. Bar Berenergi

12 Sumber Karbohidrat yang Wajib Dihindari Agar Diet Sukseslemonsandbasil.com

Terlihat sehat dengan beberapa taburan kacang yang berserat, ternyata makanan berenergi yang satu ini termasuk makanan yang mengandung banyak gula. Bayangkan saja, dalam satu bar berenergi ini bisa terdapat sekitar 45 gram karbohidrat! Tentu saja ini bukan menjadi pilihan yang baik untuk cemilanmu.

Jika memang ingin makan bar berenergi, bacalah terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam kemasannya. Pastikan kamu memilih bar berenergi yang mengandung bnyak serta dan bukan sebaliknya. 

Nah, itu dia beberapa makanan yang perlu kamu kenali karena mengandung sumber karbohidrat yang tinggi. Jangan sampe kamu kecolongan lagi ya, alih-alih menguruskan badan namun yang terjadi malah sebaliknya!

Febrina J Hariandja Photo Community Writer Febrina J Hariandja

Membaca dan menulis adalah kegiatan yang saling beriringan dan bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You