Comscore Tracker

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan Nasi

Kalian suka makan yang mana nih? #LokalIDN

Gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta yang sudah sangat populer dan menjadi salah satu kuliner yang patut dicoba oleh wisatawan ketika berkunjung ke kota istimewa ini. 

Selain gudeg, masih ada beberapa masakan khas Yogyakarta lainnya yang tak kalah lezat. Kira-kira, apa saja masakan-masakan tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai akhir. 

1. Brongkos

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan NasiBrongkos (instagram.com/sling0002)

Brongkos merupakan salah satu masakan khas Yogyakarta yang terdiri dari daging sapi, tahu, telur pindang, dan kacang tholo. Makanan berkuah yang satu ini dapat dinikmati pada pagi, siang, sore atau malam hari.

Brongkos menggunakan kluwek sebagai salah satu rempah yang membuat rasa hidangan ini semakin khas. 

2. Mangut lele

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan NasiMangut lele (instagram.com/mona_rendra)

Masakan khas Yogyakarta yang lainnya adalah mangut lele. Mangut lele merupakan lele yang dimasak dengan bumbu kuah kuning. Kalau kalian bosan dengan lele goreng, kalian bisa mencoba hidangan yang satu ini.

Lele yang digunakan dalam memasak mangut lele adalah lele goreng atau bisa juga lele asap. Meski digoreng terlebih dahulu, lele goreng yang akan digunakan dalam memasak mangut lele ini tidak digoreng sampai kering agar bumbu dapat meresap. 

Baca Juga: 5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!

3. Sambal goreng krecek

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan NasiSambal goreng krecek (instagram.com/banususanto)

Krecek atau kulit sapi biasanya diolah menjadi kerupuk. Selain itu, krecek bisa juga diolah menjadi sambal goreng yang lezat.

Sambal goreng krecek terdiri dari beberapa komponen selain kulit sapi yaitu tahu, cabai, dan kacang tholo. Masakan ini biasanya menjadi hidangan pelengkap gudeg. Namun, bisa juga dinikmati langsung dengan nasi. 

4. Oseng mercon

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan Nasioseng mercon (instagram.com/makansamakoko)

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Oseng mercon ini sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia sehingga banyak orang tertarik untuk mencobanya. Makanan ini dinamakan oseng mercon karena sensasi rasa pedasnya yang nampol banget.

Buat para pencinta pedas, sudah coba menu yang satu ini belum? 

5. Ayam goreng kremes

5 Masakan Khas Yogyakarta selain Gudeg, Cocok untuk Teman Makan Nasiayam kremes (instagram.com/fajaralam_s)

Ayam goreng yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Beberapa daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam bumbu dan rempah yang digunakan.

Tak terkecuali di daerah Yogyakarta, tepatnya di Kalasan, yang memiliki ayam goreng kremes sebagai salah satu masakan khasnya. Ayam goreng yang satu ini dilapisi oleh kremesan yang terbuat dari campuran telur, maizena, dan air. Makanan ini akan lebih terasa nikmat apabila ditambah sambal dan lalapan.

Beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas itu sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk. Sebenarnya, masih ada masakan-masakan khas Yogyakarta lainnya yang juga memiliki cita rasa yang lezat. Kelima masakan di atas hanyalah sebagian referensi makanan yang ada di Yogyakarta.

Di antara kelima makanan itu, kalian suka makan yang mana nih? 

Baca Juga: 6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner Enak

Fida Nabila Noor Hasanah Photo Verified Writer Fida Nabila Noor Hasanah

Mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya