Comscore Tracker

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turki

Kamu sudah mencoba yang mana?

Turki adalah salah satu destinasi wisata yang jadi impian masyarakat Indonesia. Jika kamu berkunjung ki sana sempatkan untuk menikmati kuliner tradisionalnya.

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan kebab atau turkish delight-nya, kenapa tak mencoba roti-rotinya? Ada beragam jenis roti di sana, dari roti bercita rasa gurih hingga yang manis. Di antara roti-roti tadi ada beberapa roti yang paling populer. Berikut contohnya.

1. Bazlama

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkithecafesucrefarine.com

Bazlama adalah roti pipih khas Turki yang secara tradisional dimasak dalam oven luar ruangan dan disajikan dalam keadaan hangat. Roti ini terbuat dari tepung, gula, garam, ragi, yogurt Yunani, dan air.

Selama memanggang, bazlama harus di balik secara teratur agar roti masak dengan merata. Roti yang satu ini biasanya disajikan dengan mentega atau minyak zaitun yang digunakan sebagai saus.

2. Gozleme

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkibakefromscratch.com

Meskipun populer sebagai makanan cepat saji, awalnya gozleme adalah makanan yang disiapkan untuk sarapan maupun camilan sore.

Roti ini terbuat dari tepung, air, ragi, minyak zaitun, dan yogurt. Adonan ini kemudian dipipihkan dan diisi dengan bahan-bahan seperti daging, sayuran, telur, berbagai jenis keju atau jamur, kemudian dipanggang di atas wajan datar.

3. Etli ekmek

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkiyemek.com

Roti ini sekilas mungkin terlihat seperti pizza. Secara harfiah etli ekmek berarti roti dengan daging.

Roti pipihnya terbuat dari campuran tepung, gula, garam, ragi, dan minyak. Daging sapi giling dan bawang bombai cincang halus, dicampur dengan tomat dan paprika lalu ditambahkan di atas roti pipih tadi sebelum dipanggang. Terkadang beberapa tempat juga menambahkan keju ke atasnya. 

Baca Juga: 5 Olahan Lezat Berbahan Roti Croissant, Bikin Perut Keroncongan!

4. Simit

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkiturkishfoodie.com

Simit juga dikenal dengan nama bagel Turki. Biasanya dimakan saat sarapan bersama teh atau minuman yogurt asin khas Turki.

Resep tradisionalnya terdiri atas tepung, ragi, garam, tepung, gula, air, minyak sayur molase dan wijen. Biasanya simit dinikmati dengan keju, daging, ataupun selai buah.

5. Ramazan Pidesi 

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkifanatik.com.tr

Roti ini adalah muffin khas Ramadan dari Turki. Jadi tak heran jika kamu menemukannya  roti ini dengan mudah selama bulan Ramadan di sana.

Roti ini dibuat dengan tepung, air, susu, ragi, gula, garam, dan mentega atau minyak zaitun. Pola uniknya dibuat dengan menekan adonan menggunakan jari.

6. Yufka

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkitasteatlas.com

Bagi pencinta kebab, roti yang satu ini tentu tak asing lagi. Roti setipis kertas ini memang dibuat sebagai pembungkus beberapa olahan makanan. Adonan roti ini terdiri dari tepung, air, garam dan minyak zaitun.

Meskipun bentuknya tipis tapi roti ini cukup kuat dan tidak gampang sobek.

7. Pita

Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turkisweetsimplevegan.com

Pita sudah menjadi makanan pokok orang-orang di wilayah Timur selama lebih dari 4.000 tahun. Biasanya dimakan dengan mengisi, mencelup atau menjadikan roti ini sebagai pembungkus berbagai jenis makanan.

Adonan pita dimasak dengan suhu tinggi hingga adonan dengan cepat mengembang. Roti ini bisa dipasangkan dengan hummus atau kebab.

Itu dia 7 roti paling populer di Turki. Bagi kamu yang pernah ke restoran Turki, roti mana saja yang sudah kamu coba?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turki

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya