Comscore Tracker

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enak

Perhatikan jenis wadah bekal yang kamu gunakan!

Spageti adalah makanan asal Italia yang begitu disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Memasak olahan ini terbilang praktis sehingga banyak orang yang terinspirasi untuk membawa spageti sebagai bekal beraktivitas.

Supaya hidangan ini tetap enak saat dinikmati beberapa jam setelah kamu membuatnya, terdapat lima tips yang bisa disontek supaya hidangan tersebut masih dalam kondisi yang baik untuk dinikmati. Yuk cari tahu!

1. Masak spageti semalam sebelumnya

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enakilustrasi memasak spageti (pexels.com/Klaus Nielsen)

Menyiapkan bekal dengan memasak pasta jenis spageti tergolong populer karena bisa diolah semalam sebelumnya. Ini cocok diperuntukan bagi orang-orang yang tidak punya cukup waktu untuk bersiap memasak dari awal di pagi hari.

Selain menghemat waktu, memasak pasta semalam sebelumnya akan membuat hidangan ini jadi lebih gampang dikreasikan keesokan harinya. Jangan lupa untuk menaruh pasta yang sudah diolah ke dalam kulkas supaya kualitasnya terjaga.

2. Perhatikan tekstur spageti

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enakilustrasi spageti polos (pexels.com/Klaus Nielsen)

Spageti yang dimakan langsung atau dibuat menjadi bekal sebetulnya sama-sama penting untuk dimasak dengan tekstur al dente. Dalam bahasa Italia, al dente merujuk pada tekstur sempurna dalam pengolahan pasta.

Ciri utama dari proses memasak dengan tekstur al dente terletak pada teksturnya yang unik. Spageti tersebut harus dalam kondisi kenyal, namun masih sedikit keras. Tekstur seperti ini akan membuat bekal pasta kamu jadi lebih enak dan maksimal walaupun dibuat dari beberapa waktu sebelumnya.

Baca Juga: Resep Seblak Spageti Tulang, Perpaduan Unik Italia dan Sunda

3. Gunakan wadah bekal berbentuk termos

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enakilustrasi termos (pexels.com/Thirdman)

Menggunakan wadah bekal berbentuk termos akan menjaga kehangatan makanan supaya lebih enak saat dimakan beberapa waktu kemudian. Teknologi seperti ini sudah sering ditemui dan akan mempermudah kamu ketika membuat bekal yang membutuhkan suhu khusus agar bentuknya tetap cantik.

Biasanya jenis wadah makan seperti ini harus diisi menggunakan air panas selama kurang lebih 20 menit. Setelah airnya dibuang, suhu dalam termos akan meningkat dan kamu bisa menyimpan spageti di dalamnya. Dengan begini, hidangan jadi terjaga sampai waktu makan siang tiba.

4. Pakai wadah bekal yang aman untuk microwave

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enakilustrasi spageti dengan saus (pexels.com/Dana Tentis)

Kalau tidak memiliki wadah bekal berbentuk termos, tips lain yang akan membantu kamu dalam menjaga kualitas spageti saat dijadikan bekal adalah memilih jenis wadah yang aman untuk dimasukkan ke dalam mesin pemanas seperti microwave. Nantinya, saat makan siang sudah tiba kamu bisa mengembalikan tekstur spageti yang pas dengan cara memasukkan wadah ke dalam mesin beberapa saat.

Ini menjadi salah satu teknik klasik yang mampu membuat makanan tersebut kembali enak tanpa ribet. Belum lagi saat ini wadah aman microwave sangat mudah ditemukan dengan harga yang bersahabat. Jadi, bekal kamu akan tetap enak walaupun dimakan siang nanti.

5. Gunakan toping atau saus yang tepat

5 Cara Menyiapkan Spageti untuk Bekal Makan Siang biar Tetap Enakilustrasi spageti (pexels.com/Klaus Nielsen)

Menikmati spageti belum lengkap jika tidak dibekali dengan toping saus yang tepat. Namun, jika makanan ini hendak dijadikan bekal, perlakuannya agak sedikit berbeda. Itu terjadi karena kualitas spageti yang disimpan lama tidak akan sebaik ketika baru dimasak, jadi kamu mesti pintar memilih-milih toping atau saus yang digunakan.

Beberapa jenis saus akan membuat spageti yang disimpan lama jadi kurang enak karena membuat teksturnya menggumpal. Kalau ingin aman, kamu bisa memakai pendamping yang simpel seperti pesto atau dilengkapi memakai sayuran. Apabila kamu masih ingin menikmati spageti dengan aneka saus creamy, baiknya pisah dalam wadah berbeda lalu campurkan saat hidangan hendak dinikmati.

 

Sejatinya spageti yang lezat adalah masakan fresh yang dinikmati selagi baru matang. Namun, jika kamu ingin membawanya sebagai bekal makan siang, salah satu dari lima teknik di atas dapat dipraktikkan supaya hidangan tersebut tetap bagus ketika dinikmati.

Baca Juga: Resep Spageti Salmon yang Lembut, Andalan Kala Lapar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya