Comscore Tracker

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disuka

Nikmatnya kudapan ini bisa dijadikan camilan sehari-hari

Terrine adalah sebutan untuk suatu makanan yang diletakkan dalam kontainer berbentuk persegi panjang. Makanan dari Prancis ini biasanya diolah menggunakan daging-dagingan sebagai bahan utama.

Namun dalam beragam kreativitasnya, terrine pun bisa diolah menjadi makanan manis berbahan baku krim. Ada juga yang dibuat dengan menghadirkan cokelat ke dalam adonan utama.

Bagi kamu yang ingin menikmati dessert manis berbentuk unik tersebut, berikut 5 olahan terrine cokelat yang dapat menambah panjang referensi kudapan penutup yang tak kalah nikmat.

1. Dark chocolate terrine

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disukailustrasi dark chocolate terrine (foodnetwork.com/Ina Garten)

Terrine berikut ini menjadi salah satu kudapan yang tidak banyak memiliki rasa tambahan. Sebab bahan baku yang digunakan terdiri dari cokelat batang dan cokelat bubuk yang memiliki rasa semi manis

Selain itu, bahan baku yang perlu ditambahkan untuk membuat hidangan ini lebih padat adalah heavy cream, telur, dan sedikit mentega. Bila semua komponen telah dimasak, tambahkan ke dalam kontainer lalu simpan dalam lemari es.

2. Peanut butter and choco terrine

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disukailustrasi peanut butter and choco terrine (tasteofhome.com/Taste of Home)

Dalam olahan terrine selanjutnya, rasa yang mendominasi hidangan tidak cuma manis, tapi juga gurih. Rasa gurih itu berasal penggunaan selai kacang, mascarpone, dan bubuk biskuit kacang.

Bahan-bahan tersebut dapat disusun sesuai selera dan ditambah menggunakan lelehan cokelat semi manis. Bila ingin lebih cantik dan tambah manis, kamu pun bisa menyisakan tempat untuk lapisan whipped cream.

Baca Juga: Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negara

3. Chocolate and caramel terrine

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disukailustrasi chocolate and caramel terrine (taste.com.au/Ian Wallace)

Karamel jadi salah satu bahan penting yang bisa ditambahkan ke dalam salah satu variasi terrine berikut ini. Bersama mascarpone, krim, gula, dan chocolate semi manis, adonan dapat dimasak sebentar hingga menyatu.

Bila sudah tercampur rata, pindahkan adonan ke dalam kontainer dan simpan di dalam lemari es beberapa saat. Ketika penyajian, jangan lupa untuk menambahkan ekstra karamel supaya hidangan semakin manis.

4. White chocolate terrine

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disukailustrasi white chocolate terrine (tasteofhome.com/Taste of Home)

Khusus dalam hidangan terrine berikut ini, warna yang dikeluarkan adalah putih. Sebab menggunakan white chocolate. Meski demikian, rupa dari kudapan tetap tak kalah cantik dan lezat.

Selain white chocolate, bahan lain yang perlu dipersiapkan untuk membuat makanan ini adalah krim, telur, dan gula. Jangan lupa memasak adonan di atas api kecil sebelum dipindahkan ke dalam cetakan, ya.

5. Strawberry chocolate terrine

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disukailustrasi strawberry chocolate terrine (youtube.com/Home Cooking Adventure)

Dalam membuat makanan dari cokelat, belum pas rasanya bila tidak menghadirkan buah-buahan sebagai penyumbang rasa utama. Nah, khusus kreasi berikut, stroberi dapat dijadikan teman baik untuk olahan chocolate terrine, lho.

Bahan baku seperti cokelat semi manis, krim, telur, dan gula bisa dimasak selama beberapa saat. Kemudian tambahkan stroberi utuh untuk mempertajam rasa buah yang manis dan segar tersebut.

Nikmatnya terrine cokelat di atas bisa dijadikan inspirasi bila tengah bingung hendak membuat camilan. Kelembutan kudapan cocok sekali ditemani dengan segelas teh atau kopi di sore hari.

Baca Juga: Resep Brigadeiro, Dessert Cokelat Khas Brazil yang Siap Goyang Lidahmu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya