Comscore Tracker

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!

Ada kuah manis hingga kuah pedas yang menggoda

Otak-otak merupakan salah satu makanan terkenal yang seringkali disajikan sebagai jajanan khas Indonesia. Hidangan ini mengandung daging ikan yang terkadang dimasak dengan cara digoreng.

Meski begitu, perpaduan antara otak-otak dengan kuah pun menjadi idola baru saat ini. Berikut ragam jenis otak-otak kuah yang bisa kamu coba buat. Sajian otak-otak jadi gak itu-itu aja, deh.

1. Bakso otak-otak 

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!ilustrasi bakso otak-otak (unsplash.com/Brittani Carter)

Bakso adalah makanan yang terdiri atas perpaduan kuah gurih bersama bola-bola daging. Kini, hidangan legendaris ini bisa kamu temukan di pinggir jalan hingga rumah makan sekalipun.

Namun, popularitas bakso pun jadi semakin meroket ketika diinovasikan bersama aneka macam sajian. Di hidangan ini kamu dapat menambahkan otak-otak goreng untuk membuat isian dari makanan tersebut semakin berwarna.

2. Seblak otak-otak 

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!ilustrasi seblak otak-otak (unsplash.com/Roni Herdyanzah)

Seblak adalah makanan berikutnya yang biasa disajikan dalam kondisi basah dan berkuah. Hidangan yang populer di Jawa Barat dan sekitarnya ini punya bumbu andalan yang membedakan dengan makanan lain, yaitu penggunaan kencur.

Isian dari seblak sendiri nggak harus terdiri dari kerupuk. Namun, dapat pula diganti menggunakan otak-otak goreng yang bakalan lebih kenyal. Sedangkan bumbu lain yang mesti dipersiapkan adalah cabai rawit hingga bawang-bawangan.

Baca Juga: Resep Otak-otak Ikan Tenggiri dan Cara Membuatnya yang Mudah

3. Otak-otak mercon 

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!ilustrasi otak-otak mercon (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Mercon adalah sebutan bagi makanan berkuah yang punya tingkat pedas di atas rata-rata. Maka dari itu, makanan ini sebaiknya dikonsumsi sesekali saja untuk dijadikan camilan atau pengganjal lapar, biar makanan kamu tetap terkontrol dengan baik.

Macam-macam olahan bisa dijadikan mercon, seperti dengan menghadirkan otak-otak goreng. Sementara itu, bahan bumbu yang perlu dipersiapkan adalah bawang-bawangan, cabai rawit, cabai merah, saus sambal, hingga tambahan bubuk perasa.

4. Otak-otak kuah kecap 

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!ilustrasi otak-otak kuah kecap (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Bumbu kecap menjadi salah satu rasa kuah yang hampir tidak dapat dihilangkan dalam tradisi masakan Indonesia. Namun tidak cuma daging-dagingan yang bisa dikombinasikan bersama, karena makanan seperti otak-otak pun sukses bikin lezat.

Penggunaan otak-otak juga dapat dikreasikan bersama isian lain sesuai selera. Kemudian buat bumbu halus dari bawang-bawangan dan cabai. Sediakan kecap manis, air, dan bumbu perasa dalam memaksimalkan masakan kali ini.

5. Otak-otak kuah kari

5 Ragam Pembuatan Otak-otak Kuah yang Semakin Kreatif, Yummy!ilustrasi otak-otak kuah kari (unsplash.com/Marlon Alves)

Terakhir, kamu bisa mendapatkan makanan berkuah dengan isian otak-otak dari bumbu kari. Kenikmatan atas sajian ini benar-benar memanjakan lidah, sehingga cocok untuk teman makan nasi atau sekadar camilan pengganjal lapar.

Bukan cuma otak-otak yang bisa digunakan dalam sajian ini, lho. Kamu juga bisa turut menambahkan aneka bahan pendamping, seperti bihun, bakso, telur rebus, serta bahan lain yang menurutmu sukses bikin kenyang.

Otak-otak kuah menjadi ide dalam memasak bahan makan ini supaya lebih nikmat. Terlebih jenis bumbu yang digunakan pun beragam dan menambah kreatifitas kamu dalam memasak. Yuk, coba buat salah satu hidangan di atas.

Baca Juga: Resep Oseng Mercon Khas Yogyakarta, Pedasnya Bikin Bibir Jontor!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya