Comscore Tracker

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmat

Rasa asamnya membangkitkan selera makan

Di antara beragam pilihan menu makan siang, sayuran berkuah segar menjadi yang banyak diminati khususnya oleh masyarakat Indonesia. Kali ini kalian bisa memilih sayur asam sebagai pendamping nasi.

Rasa asam dipadu dengan berbagai bumbu dan sayuran menyegarkan pasti bikin makan menjadi lahap. Ada beragam sajian bercita rasa asam khas Nusantara yang bisa dicoba di rumah, di antaranya seperti berikut.

1. Sayur asem jawa

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmatinstagram.com/mksdailyfood

Bisa dikatakan paling simpel, sayur asem jawa bisa dibuat dalam waktu yang cukup singkat. Hidangan berkuah ini terdiri dari macam-macam sayuran yang tentunya bisa disesuaikan dengan selera.

Kalian bisa memasukkan kacang panjang, kangkung, jagung, labu siam, serta taoge ke dalamnya. Selain asam, makanan ini cenderung terasa manis serta berkuah bening. Itu sebabnya banyak orang yang lebih suka menyantapnya dengan sambal agar rasanya semakin nikmat.

 

2. Sayur asem jakarta

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmatinstagram.com/meryandriani89

Cukup berbeda dari sayur asam jawa, sayur berkuah ala Jakarta ini punya rasa asam, manis, gurih, dan pedas. Itu dikarenakan ada tambahan cabai merah dan rawit dalam pembuatan bumbunya.

Ada lagi, isiannya pun lebih komplit. Sayur seperti nangka muda, daun melinjo, dan kacang tanah menjadi bahan utama dalam menu ini. Kuahnya benar-benar kaya rasa, jadi auto nambah nasi, deh!

 

Baca Juga: 5 Resep Sayur Asem dari Berbagai Daerah, Mana yang Kamu Suka?

3. Asem-asem daging

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmatinstagram.com/my.appetite

Pencinta daging, pasti suka dengan menu satu ini. Asem-asem daging adalah olahan daging sapi dan potongan buncis dengan kuah asam dari tomat hijau belimbing wuluh.

Kendati tak sebanyak kuah sayur asem lainnya, kuah dari masakan ini pasti bikin ketagihan. Campuran kuah kaldu sapi yang gurih dan asam dadi belimbing wuluh tersebut benar sedap. Gak salah dipilih sebagai menu santap siang.

 

4. Garang asem

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmatinstagram.com/ratnamomoii

Sederhana tapi nikmat, mungkin ungkapan tersebut sesuai dengan menu satu ini. Garang asem merupakan olahan ayam yang dibuat dengan cara dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.

Kuahnya yang gurih bercampur asam merasuk ke dalam daging ayam dengan sempurna. Duh, liat gambarnya saja kalian sudah pasti auto ngiler, nih.

 

5. Jangan kesrut banyuwangi

5 Makanan Berkuah Asam Khas Nusantara, Menu Makan Siang Nikmatinstagram.com/adysasmita

Banyuwangi memang terkenal dengan aneka kulinernya yang lezat. Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini punya makanan bercita rasa asam yang sudah cukup kondang, yakni jangan kesrut.

Kuah belimbing yang melimpah dengan isian ayam ini rasanya menggoyang lidah. Bisa dimakan dengan nasi tanpa tambahan lauk. Sudah pernah coba?

Menu-menu tersebut punya rasa yang gurih sekaligus nyegerin. Bisa kalian lengkapi dengan lauk pauk kesukaanmu sebagai makan siang. Mana yang paling menggiurkan menurut kalian?

Baca Juga: 5 Aneka Sup Daging Sapi dari Korea Selatan, Hangat dan Gurihnya Nikmat

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya