Comscore Tracker

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu 

Pecinta cokelat, yuk merapat!

Kue cokelat adalah menu hidangan yang menjadi favorit banyak orang. Kue ini sering dijadikan sebagai kue ulang tahun atau menu yang sering ada di berbagai acara.

Penduduk di negara-negara Eropa Tengah ternyata juga menyukai kue cokelat. Hal tersebut dikarenakan kue cokelat muncul dalam beragam versi yang siap memanjakan lidah dan mata. Berikut lima kue cokelat asal Eropa Tengah yang wajib masuk daftar kulineranmu.

1. Sachertorte

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu sachertorte (Instagram.com/antonio_del_moral_martinez)

Sachertorte merupakan kue cokelat yang berasal dari Austria. Kue ini adalah kue bolu cokelat klasik berlapis yang dilapisi tipis dengan selai aprikot berkualitas tinggi. Kemudian di atasnya diberi dengan lapisan gula cokelat.

Kue ini dikatakan paling lezat bila ditemani dengan sedikit krim kocok tanpa pemanis di sampingnya.

2. Rigó Jancsi

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu rigó jancsi (Instagram.com/borkonyha)

Rigó jancsi merupakan hidangan penutup Hungaria klasik. Kue cokelat ini terdiri dari dua lapis spons cokelat yang disatukan oleh isian krim kakao. Krim yang digunakan adalah mousse yang lezat yang terkadang dibumbui dengan percikan rum hitam. Sementara kue ini sendiri biasanya dilapisi dengan ganache cokelat hitam yang kaya.

Kue ini bertekstur lembut dan sering ada saat perayaan. Selain itu, kue populer ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue atau kafe.

Baca Juga: 5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Mulut

3. Mađarica

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu mađarica (Instagram.com/jekajekago)

Mađarica adalah kue cokelat yang berasal dari Kroasia. Kue berlapis ini biasanya dikaitkan dengan acara-acara perayaan. Lapisan pada kue dilapisi dengan krim beludru, cokelat-infused, dan seluruh kue selesai dengan glasir cokelat hitam.

Walaupun tidak banyak yang diketahui tentang asal usul dari kue ini, namun mađarica diyakini sebagai makanan penutup asli Kroasia yang meniru kue berlapis tradisional Hongaria.

4. Kaštelanska Torta

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu kaštelanska torta (Instagram.com/sky_split)

Kaštelanska torta merupakan kue cokelat khas Kroasia. Kue ini berasal dari wilayah Kaštela di Dalmatia. Dalam pembuatannya, kue memerlukan bahan seperti gula, telur, almond, coklat, remah roti, dan sedikit prošek.

Kemudian cara pembuatannya yaitu, kuning telur dikocok dengan gula, lalu dicampur dengan almond, cokelat, tepung roti yang direndam prošek, dan putih telur yang dikocok.

Selanjutnya adonan dipanggang dalam oven. Setelah proses pemanggangan selesai, kue diberi kombinasi gula, air, cokelat, dan mentega di atasnya. Setelah dingin, kue sering dihiasi dengan almond yang dibelah dua. 

5. Prinzregententorte

5 Kue Cokelat Asal Eropa Tengah yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu prinzregententorte (Instagram.com/sabineskaffeekraenzel)

Prinzregententorte merupakan kue cokelat yang berasal dari Jerman. Kue lezat ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup yang manis. Kue lapis berlapis cokelat yang lembut ini mempunyai isian krim mentega cokelat.

Kue ini terdiri dari lapisan kue tipis yang diolesi dengan krim mentega cokelat dan kemudian diakhiri dengan lapisan cokelat seperti satin. Terkadang kue juga ditambah dengan aprikot atau raspberry yang diawetkan. Kue biasanya dihiasi dengan krim kocok atau krim cokelat dan serutan cokelat di atasnya. 

Kue cokelat asal negara Eropa Tengah ini tak hanya memanjakan lidah, namun juga memanjakan mata karena visual-nya yang menggoda.

Baca Juga: 5 Kue Cokelat Terpopuler Khas Amerika Serikat, Bikin Ngiler Semua!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya