5 Makanan Khas Kota Kendal, Ada Momoh dan Sate Bumbon yang Ikonik

Recommended banget deh!

kendalindonesia.weebly.com

Kota Kendal adalah sebuah kabupaten yang terletak di daerah Jawa Tengah dan menjadi salah satu daerah yang dilewati jalur Pantura. Kendal juga kerap dijuluki sebagai kota santri karena memang banyak terdapat pondok pesantren.

Untuk urusan kuliner, Kendal juga memiliki banyak sekali aneka ragam makanan hingga cemilan khas yang menjadi kuliner ikon bagi kota ini. Nah berikut adalah beberapa ulasan singkat serta rekomendasi kuliner khas Kendal yang patut dicoba.

1. Rica-rica Mentok

instagram.com/entokslengetturi

Rica-rica mentok menjadi salah satu makanan yang banyak ditemukan di Kendal. Mentok sendiri yaitu bahasa jawa dari Itik. Perpaduan rasa pedas, manis, asin, dan gurih dengan citarasa rempah khas masakan jawa menjadi salah satu ciri khas dari bumbu rica-rica mentok ini. Kabarnya mentok khas kendal ini juga memiliki tekstur empuk serta tidak berbau, layaknya mentok petelur biasanya.

2. Pecel Kembang Turi

instagram.com/bhekti_art

Jika mendengar makanan pecel pasti akan langsung terpikir aneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Pecel kembang turi ini juga sama seperti pecel biasanya yang menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kol, hingga bayam atau kangkung rebus dan juga sambal kacang.

Seperti namanya, pecel kembang turi akan ditambah kembang turi sebagai salah satu komponen di dalamnya dan memberi rasa sedikit pahit, namun lembut dan lezat.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Jakarta, Enak dan Gampang Dibikin

3. Sate Bumbon

Ayo berkenalan :)

Yuk, gabung di IDN Times untuk pengalaman membaca yang lebih menyenangkan.

Gabung Sekarang!
instagram.com/kakilimakendal

Jika biasanya sate dibuat dari daging ayam atau kambing, sate bumbon khas Kendal ini dibuat dengan bahan utama daging sapi. Meski dari daging sapi, rasanya nggak alot dan malah memiliki tekstur empuk dan berhasil menghasilkan citarasa baru dari kebanyakan sate biasanya.

Ditambah lagi taburan bumbu kacang khas sate yang juga ditambahkan dengan irisan bawang merah mentah serta cabai membuat rasa manis pedas yang nampol banget.

4. Brongkos

instagram.com/dapursatu

Masih dengan bahan daging sapi, kuliner selanjutnya yang juga menjadi makanan khas Kendal yaitu ada brongkos. Brongkos adalah sayur berkuah santan yang isi komponennya ada kacang tolo serta irisan daging sapi. Makanan yang cocok sekali jika ditemani sepiring nasi putih panas ini juga membawa citarasa rempah yang mencirikan masakan nusantara.

5. Momoh

kendalindonesia.weebly.com

Nama kuliner yang satu ini pastinya masih terdengar asing bagi yang belum pernah mencobanya. Jika tadi brongkos dan juga sate bumbon berbahan dasar daging sapi, maka momoh ini adalah makanan berkuah khas Kendal yang memanfaatkan jeroan sapi sebagai bahan dasarnya.

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam proses pengolahan jeroan sapi menjadi hidangan momoh inipun tak jauh dari rempah-rempah seperti lengkuas, bawang merah putih, dan masih banyak lagi. Selain tersedia dalam bentuk kuah, momoh juga ternyata bisa disajikan dalam bentuk goreng yang cocok untuk lauk makan nasi.

Kendal ternyata juga tetap mempertahankan citarasa nusantara yang dikenal dengan pemakaian berbagai bahan rempah-rempahnya. Di antara kelima kuliner di atas, mana nih yang paling bikin penasaran dan pengen banget untuk dicoba?

Baca Juga: Gak Sehat, 6 Makanan Ini Termasuk Jenis Junk Food Lho

Community Writer

Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Just For You