TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Kalah Nikmat, Ini Dia 8 Jajanan Tradisional Untuk Berbuka Puasa

Ada jajanan favoritmu gak nih?

dapurmenel.com

Dari waktu ke waktu banyak inovasi kue modern yang bermunculan. Tapi masih banyak juga lho jajanan tradisional yang tetap diminati oleh masyarakat untuk dijadikan menu buka puasa. Meskipun terlihat sederhana, jajanan tradisional ini gak kalah nikmat dari menu takjil lainnya.

Selain rasanya yang nikmat, harganya juga cukup terjangkau, jadi gak akan terlalu menguras dompetmu. Berikut ini jajanan tradisional yang cocok untuk berbuka puasa.

1. Klepon

plappamadura.com

Siapa sih yang gak kenal dengan klepon? Jajanan pasar berbentuk bulat yang satu ini memiliki sensasi rasa yang unik. Saat digigit, kamu akan merasakan gula merah yang pecah di mulut. Kenyalnya klepon yang terbuat dari tepung ketan akan berpadu dengan gurihnya parutan kelapa.

2. Cenil

masteresep.com

Cenil adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Warnanya yang menarik membuat jajanan yang satu ini jadi favorit berbagai kalangan. Tekstur dari cenil ini kenyal karena terbuat dari tepung sagu. Setelah itu cenil akan ditaburi dengan kelapa parut dan gula pasir.

3. Putu Mayang

dapurmenel.com

Putu mayang adalah makanan khas Betawi yang memiliki penampilan menarik. Satu porsi putu mayang biasanya terdiri dari 3 warna berbeda yaitu merah muda, hijau, dan putih. Kue ini biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan gula merah.

4. Putu Bambu

covesia.com

Putu bambu merupakan jajanan tradisional yang memiliki rasa gurih dan isian yang manis dari gula merah, kemudian ditaburi kelapa parut. Penjual putu bambu biasanya berkeliling sambil membunyikan bambu sehingga menghasilkan suara yang khas dan nyaring. Putu bambu makin nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat untuk berbuka.

5. Kue Lapis

Raparapa.com

Kue yang satu ini biasanya sangat mudah lho ditemui di pasar. Kue lapis biasanya memiliki warna yang menarik. Tekstur kue ini terasa kenyal bila digigit dan memiliki rasa manis yang pas.

Kue lapis terbuat dari sagu yang dikombinasikan dengan santan, gula, garam, vanili, dan pewarna makanan. Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini pasti sangat menggugah selera saat berbuka.

6. Kue Pisang

dapurmenel.com

Kue pisang biasanya disebut juga dengan kue nagasari. Sesui namanya, kue ini berisi pisang yang dibalut dengan adonan dari tepung beras. Kue ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus bersama daun pandan.

7. Surabi

Binarnews.blogspot.com

Surabi merupakan jajanan yang terbuat dari tepung Beras dan santan. Surabi berbentuk bulat karena dibuat di atas cetakan tanah liat yang dipanaskan menggunakan tungku. Ada banyak variasi surabi di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan sekarang surabi dibuat dengan berbagai topping yang kekinian.

Walaupun demikian, surabi dengan rasa asli masih tetap dipertahankan, yaitu serabi dengan siraman gula merah diatasnya. Rasanya yang manis dan aroma gosong di bagian bawah menjadi perpaduan yang sempurna ketika masuk ke mulut.

Writer

nurasihaml

seorang manusia yg selalu mengharapkan keajaiban.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya