Comscore Tracker

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!

Dijamin, kue yang kamu bikin hasilnya lebih maksimal

Kue merupakan salah satu kudapan lezat yang disukai oleh banyak orang. Tak jarang, kita sering tertantang untuk mencobanya sendiri di rumah. Untuk kamu yang sedang belajar memasak, ada sedikit tips dalam memanggang kue supaya mendapat hasil yang maksimal, nih.

Biar kamu makin jago, jangan lupa untuk intip sederet tips memanggang kue untuk kamu yang baru belajar masak. Gak usah berlama-lama lagi, simak bersama di sini.

1. Pilih loyang yang sesuai

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!thriftyfun.com

Loyang yang terlalu besar berpotensi untuk membuat kue yang kita panggang akan menjadi gosong. Tak hanya itu saja, kue juga bisa jadi gagal mengembang karena loyang yang terlalu besar.

Sedangkan jika loyang yang kita pakai terlalu kecil, maka saat adonan mengembang akan berpotensi untuk meluap dan hasilnya pun kurang maksimal. Maka dari itu, pilihlah loyang yang tepat dengan menyesuaikan jumlah takaran yang digunakan.

2. Beri olesan pada loyang

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!Shutterstock.com/Imfoto

Agar kue mudah di lepas dan tidak lengket pada bagian pinggir dan bawah loyang, usahakan untuk memberikan olesan, ya. Olesan ini berupa margarin yang diratakan ke seluruh permukaan loyang. Setelah seluruh permukaan tertutup loyang, lalu taburkan tepung terigu ke dalamnya.

Cukup sedikit saja lalu ratakan dengan cara menggoyangkannya hingga seluruh permukaan yang diolesi margarin terselimuti oleh tepung terigu. Bila kamu ingin praktis, bisa juga menggunakan kertas roti sebagai alas. Cukup letakkan hingga menyelimuti bagian dalam loyang kemudian baru tuang adonan ke dalamnya.

3. Ratakan adonan

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!Shutterstock.com/Karen Culp

Jika kamu berpikir sebelum memanggang roti cukup memasukkan adonan ke dalam loyang saja, kamu salah besar. Agar seluruh permukaan rata, jangan lupa untuk meratakan adonan kue terlebih dahulu. Setelah adonan masuk ke loyang, goyang-goyangkan sedikit atau hentakkan sedikit loyang agar seluruh adonan merata.

Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mencegah kue gara tidak menjadi bantat. Selain itu, teknik ini juga berfungsi untuk mencegah permukaan adonan berpori karena adanya gelembung dalam adonan yang membuat hasil kue kurang maksimal.

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Tart Berbahan Buah Ini Memadukan Rasa Manis dan Gurih

4. Sesuaikan durasi pemanggangan dengan jenis kue

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!bigdaddykreativ.ca

Beda jenis kue beda pula durasi memanggangnya, lho. Memanggang chiffon cake tentu tidak bisa disamakan saat kita memanggang aneka kue kering. Pastikan untuk membaca resep dengan benar.

Resiko terburuk kue yang kamu bikin malah gosong karena terlalu lama dipanggang. Pasti kamu gak mau kan, memanggang kue sampai gosong? Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menyesuaikan durasi pemanggangan dengan jenis kue apa yang tengah kamu buat.

5. Hindari terlalu sering membuka oven

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!Istockphoto.com/LeoPatrizi

Untuk kamu yang masih menggunakan oven tangkring atau oven yang digunakan dengan cara meletakkan di atas kompor, hindari untuk terlalu sering membuka oven, ya. Hal ini hanya akan menyebabkan kue yang kamu buat akan menjadi gagal mengembang.

Perbedaan suhu yang drastis akan mempengaruhi proses pemangganggan kue. Sebaiknya, cukup dilihat dari balik kaca oven saja. Problem lain sering datang apabila kaca oven menjadi gelap karena terlalu sering digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan senter kecil ataupun senter yang ada di ponsel dengan begitu kamu akan tahu sejauh mana perkembangan kue yang sedang kamu panggang tanpa membuka tutup oven. Ini juga berlaku untuk oven jenis lain, ya.

6. Gunakan tusuk gigi untuk mengecek kematangan

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!kitchenstories.com

Jika dirasa sudah matang keluarkan kue dari panggangan. Untuk memastikan kue yang kamu buat sudah matang atau belum caranya gampang banget, lho. Cukup gunakan tusuk gigi saja.

Caranya, ambil tusuk gigi lalu tancapkan pada salah satu titik kuemu. Apabila saat tusuk gigi diangkat tidak ada adonan yang menempel, bisa dipastikan jika kue yang kamu buat sudah benar-benar matang dengan sempurna.

7. Jangan langsung dilepas dari loyang

7 Tips Memanggang Kue untuk Pemula, Biar makin Jago Masak!seriouseats.com

Karena ingin segera mencicipi kue maka kamu langsung melepas kue yang baru saja keluar dari oven. Eits, cara ini tidak boleh dilakukan, lho. Tunggu dulu sebentar hingga suhunya mulai menurun. Diamkan terlebih dahulu di suhu ruang barulah lepaskan dari loyang.

Cara melepasnya cukup dengan meletakkan piring di atas oven dengan posisi tengkurap lalu balik posisinya. Voila, kue yang kamu panggang akan tersaji dengan sempurna di atas piring dan kamu bisa lanjut untuk menghiasnya atau memotongnya terlebih dulu.

Sama halnya dengan kue kering jangan langsung dipindahkan di wadah sesaat setelah keluar dari oven. Karena jika langsung kamu pindahkan hanya akan membuatnya mudah rapuh. Tunggu dalam suhu ruang hingga kue benar-benar set.

 

Nah, itu tadi sederet tips memanggang kue untuk kamu yang baru belajar masak biar makin jago. Semoga setelah ini kamu bisa mempraktikkannya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ya. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembut

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya