Comscore Tracker

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembut

Cocok untuk camilan di rumah atau untuk hidangan acara

Kue chiffon secara umum mungkin mirip dengan kue sponge, sehingga masing-masing sering disebut sebagai kue bolu. Namun, olahan kue chiffon tak kalah lezat dan unik dalam menawarkan varian cita rasa yang berbeda. Salah satunya adalah melalui menu kue chiffon choco chips dengan perpaduan rasa cokelat yang digunakan.

1. Bahan-bahan yang digunakan

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembutbosch-home.in.th

Bahan-bahan :

  • 2 1/4 cangkir tepung terigu
  • 1 1/2 cangkir gula
  • 1 sendok makan baking powder
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 cangkir minyak sayur
  • 6 butir telur yang telah dipisahkan antara kuning dan putihnya
  • 3/4 cangkir air dingin
  • 2 sendok makan vanila
  • 2 sendok makan perasan lemon
  • 1/2 sendok makan tartar krim
  • 2/3 cangkir cokelat yang telah diparut
  • 1 cangkir choco chips

1. Membuat adonan chiffon

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembutcookingwithdog.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat kue chiffon adalah dengan mencampurkan aneka bahan untuk membuat adonannya. Campurkan tepung terigu, gula baking powder, dan garam ke dalamnya.

Pada wadah kedua, kamu bisa memasukan dan mengocok kuning telur, minyak sayur, air dingin, vanila, dan perasan lemon dengan menggunakan whisk. Lalu, campurkan kedua mangkuk bersama-sama dan aduk hingga tercampur merata. Sambil menunggu proses pembuatan adonan, kamu bisa memanaskan oven terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Kue Puding Panggang yang Enak untuk Camilan Natal

3. Mencampurkan adonan

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembutcookingwithdog.com

Langkah kedua adalah dengan mempersiapkan mangkuk untuk diisi dengan putih telur dan tartar krim. Kamu bisa mengocoknya dengan kecepatan sedang hingga cepat untuk memperoleh konsistensi yang berbusa atau foamy. Lalu, kombinasikan dengan parutan cokelat. Selanjutnya, campurkan adonan ini dengan adonan tepung dan aduk hingga merata.

4. Memanggang kue chiffon

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembutourbestbites.com

Proses pemanggangan bisa kamu lakukan setelah memindahkan adonan ke dalam loyang yang telah dibaluri mentega atau tepung agar tak lengket. Selanjutnya, masukan loyang ke dalam oven dengan tingkat panas mencapai 162 derajat selsius. Proses pemanggangan memakan waktu sekitar 55-60 menit. Setelah berubah warna, maka kamu bisa menyisihkannya hingga kue benar-benar dingin.

5. Taburkan dengan choco chips dan sajikan

Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur LembutYoutube/Cook Shook

Apabila semua langkah telah dilakukan, maka kamu bisa langsung menaburkan choco chips ke atas kue chiffon yang telah matang. Pastikan menaburkan choco chips setelah kue dingin agar choco chips tak melele. Kamu juga bisa menambahkan parutan cokelat sesuai selera.

Nah, tentunya kue chiffon yang lezat juga bisa kamu kreasikan sendiri di rumah dengan cita rasa yang tak kalah dari di bakery-bakery. Penasaran ingin mencoba?

Baca Juga: Resep Kue Kering Thumbprint Stroberi yang Cocok untuk Sajian Natal 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya