Comscore Tracker

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik Lebaran

Biar badan gak jadi lebar-an

Bagi anak yang tinggal di perantauan, Lebaran bukan hanya menjadi momen yang tepat untuk pulang dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Lebaran juga bisa menjadi pengobat rindu pada berbagai sajian kuliner yang mungkin hanya bisa dinikmati setahun sekali. Selain ketupat, rendang dan opor ayam, kue-kue kering seperti nastar dan kastengel pastinya juga tak luput dari incaran.

Tak heran jika setelah Lebaran, berat badan dan kolesterol pun biasanya meningkat. Agar badan kamu tetap sehat setelah Lebaran, beberapa makanan dan minuman detoks ini bisa kamu coba. Sstt, selain mudah dibuat, harga dari berbagai menu detoks ini juga ramah di kantong!

1. Mulai detoks sejak bangun tidur dengan lemon dan madu

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik LebaranPexels.com/rawpixel.com

Manfaat air lemon dan madu memang sudah terkenal sejak dulu. Selain membantu mempertahankan stamina tubuh, campuran dua bahan ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai minuman detoks setelah Lebaran. Air lemon dan madu kaya akan antioksidan sehingga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kamu bisa mencampurkan lemon dan madu ke dalam segelas air hangat lalu konsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur. Manfaat dari campuran lemon dan madu ini bahkan bisa langsung kamu rasakan sejak hari pertama, lho!

2. Buat sarapan sehat dengan oatmeal

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik LebaranUnsplash.com/Melissa Belanger

Banyaknya makanan berlemak dan bersantan yang dikonsumsi saat Lebaran biasanya berimbas pada sistem pencernaan. Selain mengalami susah BAB, biasanya perut juga akan terasa begah. Makanan yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah oatmeal. Kamu bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap pagi dengan campuran buah-buahan segar atau mengganti nasi dengan oatmeal pada makan siang dan makan malam.

Serat yang terkandung dalam oatmeal mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus. Dengan konsumsi secara teratur, oatmeal juga bisa mencegah penyakit diabetes dan jantung koroner.

3. Bukan cuma segar, nanas juga bisa buang racun dalam usus

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik LebaranPexels.com/Miesha Moriniere

Buah apa yang tepat dikonsumsi setelah menyantap berbagai makanan bersantan saat Lebaran? Nanas adalah salah satu buah yang bisa jadi pilihan tepat untukmu. Nanas punya kandungan bromelain yang bisa menetralisir berbagai racun dalam usus kamu. Selain itu, nanas juga diketahui bisa membantu memecah gas di dalam perut sehingga baik untuk mengatasi kembung, maag, dan diare yang biasanya menyerang sistem pencernaan setelah kalap makan saat Lebaran.

4. Ganti menu makan malam dengan satu buah apel

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik LebaranUnsplash.com/Benjamin Wong

Pernah dengar ungkapan "an apple a day keeps the doctor away"? Ungkapan ini ternyata bukan cuma sekadar mitos. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari ternyata memang terbukti bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat. Apel mengandung berbagai nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, folat, kalium dan fosfor. Apel juga memiliki kandungan serat pektin yang bisa membersihkan racun dan zat logam yang ada dalam usus kita.

Coba deh ganti menu makan malammu dengan satu buah apel setiap harinya. Dijamin badan akan terasa lebih segar karena semua racun terbuang dari tubuh. Ssstt, bonusnya badan kamu juga bisa jadi lebih langsing ideal, lho!

5. Akhiri hari dengan segelas teh hijau hangat

Makanan Detoks Ini Perlu Dikonsumsi Anak Rantau Setelah Mudik LebaranPexels.com/freestocks.org

Sebagai orang Indonesia tentunya kamu sudah sangat akrab dengan teh hijau, kan? Minuman yang hampir selalu ada di setiap rumah ini ternyata bukan hanya nikmat, tapi juga punya segudang manfaat untuk tubuh. Mengonsumsi teh hijau secara teratur pada malam hari sebelum tidur nyatanya bisa membantu membersihkan usus sekaligus menurunkan kadar kolesterol darah lho. Teh hijau juga mengandung antioksidan, polifenon dan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Nah, itu tadi beberapa menu detoks yang bisa kamu konsumsi setelah Lebaran. Dengan menu detoks yang murah dan mudah dicari ini, kondisi perut dan tubuh kamu akan kembali bugar dan siap menjalani rutinitas kembali setelah libur panjang Lebaran.

Arum Narwastu Photo Community Writer Arum Narwastu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You