Comscore Tracker

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu makanan favorit untuk diet

Kacang Almond merupakan biji buah yang dipanen dari pohon almond, yang berasal dari Timur Tengah, India, dan Afrika Utara. Rasa almond bervariasi lho, mulai dari yang pahit sampai yang manis. Dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, tekstur kacang almond cenderung lebih padat, serta memiliki lebih banyak nutrisi, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kacang almond merupakan kacang yang sangat bergizi dan merupakan sumber vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi dan juga fosfor.

Kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kacang almond, mendapatkan banyak pujian lho di seluruh dunia, dan termasuk sebagai salah satu kacang pohon terfavorit di dunia. Wah, pastinya kamu penasaran dong apa saja manfaat kacang almond untuk kesehatan ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Mencegah penyakit jantung

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhtimesnownews.com

Pertama, manfaat kacang almond untuk kesehatan adalah dapat mencegah penyakit jantung. Dua nutrisi utama pada kacang almond, yaitu antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal, mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain dua nutrisi utama tersebut, nutrisi lain yang ada kacang almond, seperti tembaga, kalsium, mangan, dan magnesium, juga dapat mendukung kesehatan jantung lho. Dengan rutin mengonsumsi kacang almond, kesehatan jantungmu akan lebih terjaga, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

2. Melawan sel kanker

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhmedicalnewstoday.com

Selain dapat mencegah penyakit jantung, ternyata manfaat kacang almond lainnya adalah melawan sel kanker. Kandungan vitamin E yang ada pada kacang almond, memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, sehingga mampu melawan radikal bebas, yang nantinya dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa, rutin mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang almond, dapat menurunkan resiko kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

3. Membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhleafy.com

Kandungan lemak tak jenuh yang tinggi pada kacang almond, dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga akan menurunkan keinginan untuk makan kembali dalam waktu yang singkat, yang nantinya akan memberikan dampak penurunan berat badan secara perlahan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet dengan rendah kalori dan kaya akan kacang almond, sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet, karena dapat membantu menurunkan berat badan mereka dengan lebih cepat.

Baca Juga: Kamu Pecinta Susu Almond? Ini 7 Manfaat yang Kamu Dapatkan

4. Menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL)

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhaarp.org

Tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja, mengonsumsi kacang almond juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) lho. Dengan mengonsumsi kacang almond secara teratur, akan dapat meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (kolestrol baik, disebut dengan HDL), dan menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah (kolestrol jahat, disebut dengan LDL).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University, kacang almond dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), kolestrol non-HDL, dan adipositas central, yang ketiganya merupakan faktor resiko penting untuk disfungsi kardiometabolik.

5. Meningkatkan kesehatan otak

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhdrfuhrman.com

Kandungan L-karnitin dan riboflavin yang ada pada kacang almond, merupakan dua nutrisi otak penting, yang telah terbukti dapat menurunkan resiko penyakit kognitif seperti Alzheimer, serta juga dapat meningkatkan aktivitas otak.

6. Menjaga kesehatan tulang

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhlifelinescreening.com

Kandungan mineral yang ada pada kacang almond, yaitu fosfor, memiliki dampak yang cukup signifikan pada kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan fosfor tersebut juga mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Mencegah konstipasi

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuhmedicalnewstoday.com

Kacang almond juga kaya akan serat, yang bagus untuk pencernaan. Serat yang ada makanan, mampu melancarkan proses pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, kulit kacang almond juga mengandung senyawa prebiotik, yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Itulah 7 manfaat luar biasa kacang almond untuk kesehatan. Ternyata, dibalik rasanya yang sangat lezat, kacang almond juga kaya akan manfaat. Tertarik untuk mengonsumsinya guys?

Baca Juga: 6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya