Comscore Tracker

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!

Ada tambahan sambal terasi juga lho!

Kuliner pedas memang lekat di lidah warga Banyuwangi. Hampir semua olahan rawit selalu membangkitkan selera makan. Tak heran, ayam betutu yang notabene kuliner autentik dari Bali juga sangat digemari di sini.

Kalau di Banyuwangi, ayam berbumbu genap ini punya komposisi cabe yang lebih banyak. Sambalnya ada dua pilihan. Selain sambal matah, pakai sambal terasi juga. Jadi pedasnya terasa lebih mantap.

Buruan kunjungi 5 tempat makan ayam betutu berikut saat ke Banyuwangi.

1. Ayam Betutu Super Spesial Mbak Timah

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!instagram.com/makanan_yahut

Dari pertigaan Jalan Argupuro kalian belok kiri. Lengkapnya di Perum Griya Giri Mulya, Kalipuro, Banyuwangi. Buka mulai pukul 9.00-19.00 WIB.

Racikan ayam betutu kedai ini begitu istimewa dengan topping cabe utuhan yang berlimpah. Pokoknya nyaris menutupi seluruh daging ayamnya. Pasti pedasnya begitu maksimal saat tercampur kuah.

Bagi yang kurang tahan pedas bisa pilih ayam betutu goreng. Rasanya gurih banget dan empuk. Per porsi datang dengan kacang goreng, sambal matah, sambal ijo dan lalapan.

Cukup sedia budget mulai dari Rp28.000 sampai Rp130.000 untuk bersantap di sini. Ayamnya bisa pilih potongan atau utuhan satu ekor.

2. Ayam Betutu Hobby Makan Banyuwangi

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!instagram.com/betutuhobbymangan

Dari belakang Hotel Ilira kalian akan menemukan lingkungan Villa Sukowidi. Dari sinilah rumah makan sederhana semi terbuka ini sudah bisa dijangkau. Tepat di Jalan Basuki Rahmat No 91, Banyuwangi. Buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Selain ayam betutu coba sekalian bebek betutu. Rasa dagingnya lebih gurih dan tetap pedas nampol. Kalian bisa menikmatinya porsian atau utuhan. Kisaran harga dibanderol mulai dari Rp25.000 sampai Rp110.000.

Baca Juga: 10 Kedai Nasi Bebek Paling Nikmat di Banyuwangi, Rasanya Juara!

3. Ayam Betutu Mira

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!instagram.com/ayambetutu_mbakmira

Kedai ini posisinya bersebrangan dengan Polres Banyuwangi. Tepat di Jalan Brawijaya No 49, Kebalenan, Banyuwangi. Bukanya mulai pukul 8.00-18.00 WIB.

Nasi campur betutu jadi menu spesial yang patut kalian coba. Isi lauknya banyak banget. Ada ayam betutu, sate lilit, lawar dan sambal matah. Tak lupa sambal terasi yang mantap dicocol terong rebus.

Makan di sini masih relatif terjangkau mulai Rp25.000 per porsi. Usai bersantap segarkan dengan segelas es cincau.

4. Ayam Betutu Lombok Lithik "GM Resto"

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Saat isi bahan bakar kendaraan di POM Bensin Gajahmada jangan lewatkan mampir. Lokasinya di Jalan Gajahmada, Banyuwangi. Buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Ayam betutu kuah di sini memang sangat istimewa. Bumbunya banyak jadi enak banget kalau diguyur di atas nasi hangat. Tinggal dilahap bersama sayur sawi rebus dan kacang goreng. Ayam betutu dibanderol Rp26.000 seporsi.

5. Ayam Betutu "Kopine Cafe"

5 Kedai di Banyuwangi dengan Menu Ayam Betutu Khas Bali, Mantap!instagram.com/almirawarung

Ngopi sambil makan siang memang asyik. Salah satu yang enak adalah nasi ayam betutu. Seporsi hadir dengan sambal terasi yang disajikan langsung bersama cobek.

Kalau dirasa kurang nampol masih ada sambal matah. Paling pas dikunyah bersama selada air rebus yang renyah. Sedia budget mulai Rp25.000 untuk bersantap di sini.

Yang datang dari luar kota bisa turun di stasiun Banyuwangi Baru. Lanjutkan naik angkot no 6 ke Jalan Wijaya Kusuma 6, Licin, Banyuwangi. Kira kira butuh 50 menit untuk sampai ke lokasi. Kedai buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Nah, itulah deretan lokasi yang wajib didatangi pecinta ayam betutu di Banyuwangi. Gak lagi jauh ke Bali untuk makan olahan ayam favorit semua orang ini. Rasanya sama tapi ada sedikit variasi yakni tambahan sambal terasi.

Baca Juga: 6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Semangat Arek Laros!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya