Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamy

Kerap muncul sebagai tantangan sulit di MasterChef

Risotto adalah main course atau hidangan utama asal Italia yang terbuat dari campuran beras, kaldu, dan rempah lainnya. Cara mengolah hidangan yang memiliki tekstur creamy ini biasa disajikan dengan olahan protein hewani dan salad bisa dibilang gampang-gampang susah.

Jika salah dalam mengolahnya, teksturnya akan berubah menjadi keras dan gosong. Tidak heran jika mengolah risotto kerap muncul dalam ajang kompetisi memasak seperti MasterChef dan menjadi salah satu tantangan sulit bagi pesertanya.

Untuk mendapatkan tekstur risotto yang creamy dan tidak keras, yuk ikuti lima langkah mudah berikut ini.

1. Gunakan beras yang tepat 

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamyilustrasi beras (pexels.com/Eva Bronzini)

Sebagai bahan utama dalam pembuatan risotto, kamu harus menggunakan beras yang tepat. Jenis beras yang sering digunakan memiliki bulir yang lebih bulat dan padat dibanding dengan beras yang biasa kita temui di pasaran.

Kamu bisa menggunakan beras asal Italia seperti beras Arborio, Vialone Nano, atau Carnaroli. Ketiga beras tersebut mampu menyerap banyak cairan dan tidak berubah menjadi lembek seperti beras pada umumnya. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan beras berbulir pendek dan memiliki kandungan pati yang tinggi seperti beras cokelat.

2. Masak dalam panci yang tepat menggunakan api sedang

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamyilustrasi kompor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sesuaikan ukuran panci dengan porsi yang akan kamu buat. Jika kamu memasak untuk dua porsi, gunakan panci berukuran sedang agar risotto dapat matang secara merata.

Selain itu, kamu bisa memasak risotto menggunakan api sedang. Jangan menggunakan api kecil atau api besar karena dapat membuat tekstur risotto menjadi keras dan tidak matang sempurna.

Baca Juga: Perhatikan, 5 Kesalahan Saat Membuat Risotto Ini Bisa Merusak Rasa!

3. Tumis bawang putih dan bawang bombay secukupnya

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamyilustrasi bawang putih dan bawang bombay (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bawang putih dan bawang bombay dalam hidangan risotto menambah citarasa manis dan aroma yang menggugah selera. Meskipun begitu, kamu tidak boleh menggunakan terlalu banyak kedua bahan tersebut.

Menumis bawang dalam jumlah yang terlalu banyak dapat merusak rasa dari risotto. Tidak hanya itu, terlalu banyak bawang dapat membuat nasi mengunci pati yang terdapat di dalam bawang dan membuat tekstur nasi menjadi keras.

4. Tuangkan kaldu dan aduk secara teratur 

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamyilustrasi mengolah Risotto (unsplash.com/Maurice DT)

Waktu yang paling tepat untuk menuangkan kaldu adalah setelah beras dimasukkan ke dalam panci dan dimasak selama kurang lebih dua menit. Pastikan kaldu masih dalam keadaan panas ketika digunakan. Kamu bisa menaruh kaldu tersebut di atas api kecil untuk menjaga suhunya tetap stabil.

Teknik penuangan kaldu pun perlu diperhatikan. Tuangkan satu sendok sayur kaldu ke dalam panci lalu aduk. Setelah kaldunya meresap dan mulai surut, tuangkan lagi satu sendok sayur kaldu dan kembali aduk agar tidak hangus. Ulangi hingga kaldu habis dan tekstur risotto terlihat creamy.

5. Masak risotto hingga al dente 

5 Langkah Mudah Mengolah Risotto Agar Bertekstur Lembut dan Creamyilustrasi risotto (unsplash.com/Rob Wicks)

Layaknya pasta, risotto harus dimasak hingga al dente—lembut di bagian luar dan sedikit gigih di dalam. Untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan, biasanya proses memasak risotto memakan waktu 20-30 menit.

Jika tekstur nasi masih keras, kamu bisa menuangkan kaldu sebanyak 3-5 kali. Jika masih belum ada perubahan pada tekstur, kamu bisa menambahkan air panas. Hal ini dapat membantu menyesuaikan suhu di dalam panci dan membantu mematangkan nasi dengan tingkat kematangan yang kamu inginkan.

Gimana, mudah bukan? Sekarang kamu bisa memasak risotto super creamy ala restoran sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Risotto yang Unik, Gak Cuma Enak

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya