Comscore Tracker

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasi

Kalau gak ada mereka, mungkin sampai sekarang kita gak makan

Sama seperti profesi guru yang memiliki ahli dalam mata pelajarannya masing-masing. Profesi sebagai Chef atau koki yang ahli dalam bidang kuliner juga memiliki jabatannya masing-masing. Seperti yang kita ketahui di suatu tempat restoran tentu mempunyai koki yang bertugas memasak berbagai menu masakan untuk sajian hidangan para tamu resto.

Tak hanya koki seorang yang bertugas di dapur, ada banyak koki lagi yang bertugas sesuai jabatan atau ahlinya masing-masing. Jadi, dengan adanya kelengkapan para koki di sebuah restoran agar semuanya terkelola dengan baik terutama pada hidangan masakan.

Lantas, jika kamu ingin menjadi koki ada beberapa pilihan atau jenis koki yang harus kamu ketahui di bawah ini, agar kamu lebih mengerti lagi dalam hal dunia perkulineran.

1. Executive chef

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasiexquisite-taste-magazine.com

Dari yang paling tinggi dahulu, yaitu ada executive chef. Yakni koki eksekutif berperan sebagai bos dapur, yang hanya ada satu orang per-restoran yang memiliki jabatan tersebut. Sebagai koki eksekutif akan mengawasi masalah di dapur seperti menjaga dapur tetap berjalan dengan lancar dan merencanakan menu hidangan baru.

2. Sous chef

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasiwork-force.co.uk

Ini sebagai tangan kanannya koki eksekutif dan lebih dari satu orang yang menjabatnya di sebuah restoran. Koki sous melakukan lebih banyak me-manajemen mikro di dapur seperti melihat detail setiap hidangan dan memastikan semuanya disiapkan dengan benar.

3. Pastry chef (patissier)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasiyourfreecareertest.com

Biasanya jika ingin menjadi koki pastry atau patissier, membutuhkan jenis pelatihan kuliner yang berbeda. Biasanya di sekolah memasak atau mengikuti program memasak. Dengan seiringnya waktu karena sudah lihai dalam pembuatan pastry seperti kue, roti, dan makanan penutup lainnya akan kemungkinan menjadi setara dengan koki eksekutif.

4. Station chef

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasieatnorth.com

Koki stasiun bekerja di bawah sous chef atau executive chef yang memastikan semua makanan disiapkan dan dikeluarkan dari stasiun mereka serta melihat kualitas dan penampilan pada sajian. Dan bertanggung jawab pada hidangan sup, salad, dan panggangan.

Baca Juga: 5 Tips Manjur agar Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Kamu Seimbang

5. Saucier

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasicooksillustrated.com

Jenis koki berikutnya adalah sebagai saucier. Mungkin dari kalian begitu asing mendengar kata saucier, namun (terutama) di negara Perancis tentu membutuhkan seorang saucier yang bertanggung jawab menyiapkan saus pada hidangan karena masakan di Perancis hampir semuanya tentang saus.

6. Fish cook (poissonier)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasiestrepublicain.fr

Sudah terlihat dari namanya saja fish cook atau sebagai poissonier yang tentunya berurusan dengan makanan laut. Selain memasak, dalam persiapan pun dilakukan untuk menjaga kesegaran dalam sajian laut.

7. Vegetable cook (entremetier)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasiwebstaurantstore.com

Seorang entremetier berperan dalam hal hidangan sup, sayuran, kentang, nasi, telur dan bisa mendapat peran apapun tergantung pada jenis masakannya.

8. Meat cook (rotisseur)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasibenny-co.com

Ahli dalam perdagingan terutama dari cara memanggang hingga merebus, ialah disebut sebagai rotisseur. Akan bertanggung jawab semuanya yang berkaitan dengan daging-dagingan.

9. Fry cook

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasidfranks.com

Sebuah restoran tentu memiliki menu hidangan goreng dan itu dipegang oleh si fry cook ini, contohnya menggoreng kentang.

10. Pantry chef (gard manger)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasimentalfloss.com

Koki pantry akan bertanggung jawab yang berkaitan dengan minuman atau makanan dingin, dari salad hingga saus dingin. Akan tetapi, ada aspek terbesarnya yaitu harus membuat makanan tampak rapi.

11. Line cook (commis)

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasicaterermiddleeast.com

Yang berposisi entry-level dimana kamu bekerja di dapur untuk melakukan apa yang perlu dilakukan. Seperti memotong sayuran sehari dan membereskan perabotan dapur di hari lain. Sebagai commis harus melakukan serba cepat dengan adanya banyak ruang.

12. Expediter chef

Ada 12 Jenis Koki yang Harus Kamu Ketahui dan Layak Diapresiasisirvo.com

Posisi sebagai jembatan antara dapur dan pelayan, namun posisi ini sering diambil alih oleh koki eksekutif. Karena expediter bertanggung jawab untuk mengirimkan sajian untuk para tamu baik melalui tangan mereka sendiri atau dari pelayan.

Meskipun sebagai pekerja di dapur dan sebagian orang masih dianggap remeh, tak salah juga seorang koki pun layak sebagai profesi yang sangat menjanjikan karena biasanya gaji seorang chef itu sekitar 30 ribu - 50 ribu dolar AS atau setara Rp 400 juta - Rp600 juta per tahunnya, dikutip dari laman culinaryschools.org. Profesi koki juga berada di lingkungan yang membutuhkan berbagai tingkat keterampilan.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Pasta Layaknya Koki Profesional, Sudah Tahu Belum?

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

want to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya