Comscore Tracker

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka 

Sembuh dari penyakit ginjal berkat semangka #IDNTimesFood

Tahukah kalian jika buah semangka ternyata bisa menyembuhkan penyakit? Selama ini, buah yang umum dijumpai di sekitar kita ternyata bisa membawa manfaat yang besar bagi para penderita penyakit ginjal

Buah semangka mengandung 92% air. Ternyata, bagian putih dari buah semangka juga sangat bermanfaat, lho! Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui fakta ini dan cenderung membuang bagian putih buah semangka tersebut!

Jangan lagi dibuang, simak baik-baik, ya, beberapa manfaat bagian putih semangka berikut ini!

1. Baik untuk ginjal

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka ilustrasi bagian putih buah semangka (twitter.com/ridaanggakusuma)

Daging putih semangka atau yang sering disebut dengan rind memang memiliki rasa yang hambar dan tekstur yang keras. Bagian putih ini sering diabaikan dan dibuang begitu saja. Akan tetapi, bagian putih ini berkhasiat untuk menyehatkan fungsi ginjal, lho.

2. Komponen bagian putih semangka

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka ilustrasi makan buah semangka (pexels.com/cottonbro)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti asal Texas A&M University pada tahun 2008, menemukan fakta baru bahwa bagian putih semangka ini ternyata mengandung komponen citrulline yang tinggi.

Di samping itu, bagian putih ini juga mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita, di antaranya seperti mengandung vitamin C, vitamin B6, dan vitamin A. Tak hanya itu, pada bagian ini juga mengandung likopen, cairan, dan serat.

Baca Juga: 7 Ragam Nutrisi Buah Naga untuk Menyehatkan Buah Hati 

3. Mengandung zat yang bermanfaatkan sembuhkan penyakit

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka ikustrasi bagian putih buah semangka (twitter.com/HertienIndah)

Menurut situs dailyheathcarenews.com, bagian putih semangka mengandung zat antioksidan dan anti radang yang cukup tinggi.Zat tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyumbatan darah, maupun mencegah infeksi mata karena bagian tersebut kaya akan vitamin A.

Bagian putih semangka juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Kandungan kalium yang tinggi bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal, mengeluarkan racun di dalamnya, dan mengendalikan kadar asam dalam urin.

4. Bisa diolah lagi

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka ilustrasi olahan bagian putih buah semangka (pexels.com/Engin Akyurt)

Bagian putih semangka juga bisa kamu olah menjadi berbagai macam hidangan, lho! Salah satunya adalah lodeh semangka.

Tak hanya itu, bagian putih ini juga bisa kamu jus, kok! Kamu cukup memotong bagian putih semangka lalu kamu blender. Kemudian, kamu saring ampasnya dan minum airnya beberapa gelas dalam sehari. Kamu juga bisa merebus lalu meminum airnya saja. Cukup simpel, bukan?

5. Aturan minum untuk kesehatan

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Bagian Putih Buah Semangka ilustrasi minum (pexels.com/George Milton)

Bagi penderita ginjal akut sebaiknya kamu minum jus atau air rebusan bagian putih buah semangka. Namun, bagi kamu yang hanya ingin menjaga kesehatan ginjal, cukup konsumsi bagian putih ini sebulan sekali saja.

Nah, tertarik untuk mencobanya? Silakan buktikan sendiri dan jangan lupa untuk tetap membatasi porsi saat mengonsumsinya agar kamu tidak terkena efek samping yang malah merugikan kesehatanmu, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya