Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmu

Wajib masuk daftar diet kamu nih, asal sesuai aturannya ya

Pizza adalah salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Pizza memiliki perpaduan adonan, saus tomat, keju dan berbagai topping yang bisa kamu pilih sesuka hati membuat kelezatan terasa berbeda-beda. 

Dengan tampilan dan rasanya yang sangat kuat, kadang pizza di anggap sebagai makanan yang tidak menyehatkan dan tidak boleh di konsumsi terlalu sering. Tapi jika kita dalami ternyata pizza sebenarnya sangat bagus loh untuk tubuh kita, memang apa yang membuat pizza menyehatkan? yuk langsung kamu cek saja!

1. Pizza adalah salah satu makanan yang seimbang, bahkan jika disajikan untuk sarapan

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Pertama jangan pernah bilang bahwa pizza adalah makanan yang paling bernutrisi. Namun ketika melihat salah satu makanan yang paling seimbang maka pizza bisa jadi pilihannya. Pizza adalah kombinasi dari karbohidrat, protein dan lemak. Pizza memiliki karbohidrat dari kulit pizza, di tambah protein dan lemak dari topping keju pizza, bahkan tambahan topping lain dalam pizza akan memperkaya nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Jadi pizza bisa jadi opsi sarapan kalian nih, asal sesuai dengan porsinya ya. 

2. Dengan memilih topping yang tepat akan membuat pizza semakin menyehatkan

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Kebanyakan orang memandang pizza sebagai junk food, padahal pandangan itu tidak sepenuhnya benar. Pizza bisa jadi makanan yang berbahaya atau pun menyehatkan tergantung dengan bahan yang kita gunakan untuk membuatnya, terutama topping yang kita pilih.

Pizza dengan sayuran dan protein tanpa lemak bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita. Kita juga bisa menambahkan topping yang berlemak di dalam pizza kita, namun kita harus mengurangi besar potongan ketika menyajikannya agar tidak berlebihan mengkonsumsi lemak dan kalori yang ada. Potongan pizza tidak selalu sama, semakin sehat maka semakin besar potongan yang bisa kita konsumsi. 

3. Pizza bisa membuat kamu makan lebih banyak sayuran

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Kebanyakan orang tidak suka memakan sayuran ketika terpisah dari makanan utama, padahal mereka mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dibutuhkan tubuh kita. Untuk mengakali mereka yang tidak suka sayuran, kita bisa membuat pizza dengan memberikan topping sayuran di atasnya. Dengan memberikannya pada topping pizza rasa sayuran akan semakin berkurang berkat gabungan dari kulit, saus dan keju di dalam pizza. 

Baca Juga: Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Coba

4. Pizza bisa mengandung banyak protein

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Kita memerlukan protein untuk membantu kerja tubuh sehari-hari, dan pizza memiliki protein yang bisa menjadi nutrisi dalam tubuh kita. Rata-rata irisan pizza memiliki sekitar 12 gram protein, sebagian besar berasal dari keju. Menurut National Academy of Medicine, orang dewasa harus mengonsumsi 7 gram protein untuk setiap 10 kg berat tubuhnya, jadi bisa jadi salah satu opsi memenuhi kebutuhanmu. Kita tidak perlu memakan semua pizza kita dalam sekali makan, nantinya kebutuhan protein bisa di bagi dengan 3 kali makan dan bisa menggunakan menu yang berbeda beda. 

5. Ketika memesan pizza, hindari kulit pizza yang tebal

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Agar semakin menyeimbangkan pola makan kita, maka kita harus bisa mengurangi porsi karbohidrat menjadi takaran yang wajar. Kulit pizza yang tebal pastinya memberikan banyak sekali karbohidrat dalam tubuh kita, hal ini bisa memicu obesitas dan kadar gula naik. Sehingga pilih saja kulit pizza yang tipis, kulit yang tipis juga semakin membuat rasa pizza semakin kuat

6. Pizza bisa membantu tubuhmu menyerap likopen

6 Alasan Kenapa Pizza Ternyata Baik untuk Kesehatanmuunsplash.com

Likopen adalah antioksidan yang bisa di temukan dalam buah-buahan berwarna cerah seperti stroberi, rasberi, dan tomat. Orang-orang mengkonsumsi likopen untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat kolesterol tinggi. Sedangkan tomat adalah salah satu bahan utama dari saus pizza, sehingga kandungan likopen pasti banyak di temukan dalam pizza. 

menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, likopen lebih mudah diserap dari tomat yang dimasak dibandingkan dengan yang segar. Satu sendok makan saus pizza, jumlah perkiraan dalam satu irisan rata-rata, mengandung hampir 2.000 mcg likopen. itu setara dengan makan setengah cangkir tomat ceri. Jadi pilih pizza yang mengandung saus tomatnya. 

Ternyata pizza juga baik untuk kesehatan jika pemilihan bahan dan konsumsinya sesuai dengan yang seharusnya. Bagaimana menurut kalian? apakah pizza jadi salah satu makanan favoritmu?

Baca Juga: 5 Resep Pizza Ini Cuma Pakai Teflon, Gak Ribet dan Pasti Enak

Indra Dwi Photo Community Writer Indra Dwi

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:30:04

Progress: 768.193 dari 813.350 TPS (94.44802%)

Just For You